GERAKAN BERBAGI NASI KEPADA ANAK JALANAN

IMG-20170609-WA0125

Mahasiswa prodi BKI IAIN Tulungagung terlibat aktif dalam kegiatan sosial berbagi nasi pada anak jalanan dan gepeng pada bulan Ramadhan 1436H / 2015 yang dibina oleh Rizqa Ahmadi, Lc. MA. Dengan diadakannya kegiatan tersebut yaitu pembagian nasi bungkus pada anak jalanan merupakan salah satu cara membantu orang-orang kurang mampu. Melalui program tersebut diharapkan mereka dapat ikut senang dan menikmati makan siang. Reaksi mereka macam-macam. Ada yang menerima, ada pula yang menolak dengan alasan bisa beli nasi sendiri.  Dengan berbagi itulah, akunya, dia dan kawan-kawan justru banyak belajar.

Kegiatan Mahasiswa BKI peduli tak hanya dilakukan dalam bentuk pemberian nasi bungkus. Kepedulian lainnya adalah berupa bimbingan belajar bagi anak-anak pemulung dan anak-anak jalanan yang berlokasi di kawasan kampus. Para mahasiswa itu membagikan makanan di sekitar kampus dengan cara langsung dan berkeliling.

Esensi dari kegiatan ini adalah membuka mata kita untuk peduli dan mau berbagi dari hal kecil karena setiap orang bisa melakukannya. Dengan bergabung dengan kegiatan tersebut, para mahasiswa mengaku tidak mengharap apapun. Mereka bergabung karena ingin berbagi dan membantu orang-orang yang mengalami keterbelakangan mental di sekitarnya. Para anak jalanan tak henti-hentinya mengucap syukur atas makanan yang didapat. Beberapa dari mereka menebar senyuman manis seperti sebuah balasan yang mengungkapkan arti terima kasih.

Gerakan ini dikemudian hari akan bubar. Dengan maksud bahwa Indonesia telah sejahtera. Sehingga tidak ada lagi yang perlu dibantu dan dengan bubarnya tersebut akan digantikan dengan mengajarkan masyarakat akan kemandirian secara individu dalam tingkat ekonominya.