BIMBINGAN KONSELING ISLAM??

 

Dalam artikel kali ini kami akan membahas tentang pengertian bimbingangan konseling Islam (BKI). Apa itu BKI ?

Bimbingan dan konseling merupakan alih bahasa dari istilah bahasa Inggris yaitu guidance dan counseling. Dalam kamus bahasa Inggris “guidance” dikaitkan dengan kata asal guide, yang diartikan sebagai menunjukkan jalan (Showing the way), memimpin (leading), menuntun (conducting), memberikan petunjuk (giving instruction), mengatur (regulating), mengarahkan (governing) dan  memberikan nasehat (giving advice).

Dalam kamus bahasa Inggris, counseling dikaitkan dengan kata counsel, yang atinya nasehat (to abtain counsel), anjuran (to give counsel), pembicaraan (to take counsel). dengan demikian, counseling akan diartikan sebagai pemberian nasehat, pemberian anjuran, dan pembicaraan dengan bertukar pikiran.

Bimbingan  adalah bantuan yang diberikan kepada individu agar dengan potensi yang dimiliki mampu mengembangkan diri secara optimal dengan jalan memahami diri, memahami lingkungan, mengatasi hambatan guna menentukan rencana masa depan yang lebih baik.

Konseling adalah proses pemberian bantuan yang dilakukan oleh seorang ahli (disebut konselor/pembimbing) kepada individu yang mengalami sesuatu masalah (disebut konseli) untuk mengatasi masalah yang dihadapi klien.

Sedangkan Islam itu sendiri dalam BKI yaitu sesuai dengan ketentuan dan petunjuk Allah SWT

Jadi kesimpulannya Bimbingan Konseling Islam adalah proses pemberian bantuan oleh  konselor terhadap individu agar mampu hidup selaras dengan ketentuan dan petunjuk Allah, sehinngga dapat mencapai kebahagiaan hidup didunia dan akhirat.

Terimakasih Semoga Bermanfaat….

 

Logo BKI IAIN Tulungagung

Logo BKI IAIN Tulungagung