PENYULUHAN ANTI NARKOBA TERHADAP ANAK REMAJA

S

Mahasiswa prodi BKI terlibat aktif dalam Penyuluhan anti narkoba yang dilaksanakan pada 28 November 2016 di Tulungagung yang dibina oleh David Ari Setyawan, M.Pd.

Penyuluhan narkoba adalah sebuah upaya secara sadar dan berencana yang dilakukan untuk memperbaiki prilaku manusia, sesuai dengan prinsip-prinsip pendidikan, yakni pada tingkat sebelum seseorang menggunakan narkoba, agar mampu menghindar dari penyalahgunaannya. Upaya ini diharapkan efektif karena ditujukan pada mereka yang belum pernah menggunakan atau sudah menggunakan pada tingkat coba-coba. Sebaliknya perlu kewaspadaan dalam memberikan informasi dan penyuluhan tentang narkoba kepada anakm dan remja karena dapat membangkitkan keingintahuan. Sasaran dari upaya ini juga termasuk orang-orang dengan resiko tinggi yang memiliki masalah yang tidak mampu dipecahkan sendiri, sehingga dalam kehidupannya sering mencari pemecahan keliru, seperti prilaku untuk mencari kepuasan sementara melalui penggunaan narkoba.

Diadakannya acara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang bahaya penyalahgunaan narkoba dan efeknya akan membawa perubahan sikap dan menurunnya prilaku penyalahgunaan narkoba. Umumnya informasi yang diberikan kepada remaja cenderung menakuti-nakuti, tetapi untuk sasaran yang berpendidikan rendah mungkin pesan tersebut bisa diterima tetapi sebaliknya bagi beberapa kelompok yang menilainya terlalu berlebihan.

Ditujukan pada pengembangan interpersonal dan sosial dengan meningkatkan :  Pengertian tentang diri sendiri dan menerimanya melalui kegiatan konseling, kemampuan keterampilan hidup dan interpersonal (life interpersonal skill). Pendekatan edukatif saja tidak akan berhasil, oleh karena itu upaya ini harus dikombinasikan dengan upaya yang menekankan pada kemampuan keterampilan sosial mengatasi tekanan dari teman sebaya.

Oleh sebab itu, sangat perlu diadakan penyuluhan narkoba, apalgi dikawasan masyarakat yang mana lebih mudah terpengaruh oleh teman atau sebuah kelompok.