KEGIATAN BAKTI SOSIAL DI PANTAI PASIR BAYEM

Webp.net-compress-image(8)

Mahasiswa prodi BKI IAIN Tulungagung terlibat aktif bakti sosial pantai pasir Bayem pada 06 Mei 2018 yang dibina oleh Wikan Galuh Widyarto, M. Pd.

Indonesia pembuat pencemaran sampah plastik terbesar kesekian di dunia. yang semakin menumpuk mengalir ke laut maupun pesisir pantai. Bukan hanya mengotori perairan, sampah-sampah tersebut  juga mengancam kehidupan ikan-ikan yang selama ini menjadi tumpuan hidup nelayan di Indonesia. Bahkan bisa mempengaruhi kesehatan manusia, dan menjadi penyebab penyakit.

Dengan tercemarnya daerah perairan. Dan akibatnya hal tersebut akan berdampak pada kesejahteraan nelayan karena ikan yang melimpah. Di sisi lain, kebaradaan sampah plastik justru mengancam manusia jika terurai menjadi mikroplastik dan dikonsumsi ikan. Bahkan kini dikabarkan mikroplastik telah menjelajahi perut manusia.

Memberikan sebuah pengetahuan edukasi kepada masyarakat agar tidak lagi membuang sampah di laut, serta mengajak mahasiwa dan masyarakat yang berdomisili disekitar patai bayem untuk berperan aktif menjaga dan membersihkan lingkungan laut dan pesisir pantai. Melalui kegiatan ini, Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam juga mengajak konsumen khususnya generasi millenial untuk melestarikan dan menjaga kebersihan wilayah perairan di Indonesia sehingga masyarakat yang bermata pencaharian di laut dapat mempertahankan ekosistem sesuai dengan kebutuhan kehidupan sehari-harinya.

Kegiatan ini dibimbing langsung oleh Wikan Galuh Widyarto, M. Pd, tepatnya di pantai bayem. Jadi sebelum mahasiswa BKI terjun ke lapangan untuk membersihkan pantai, diberikan penyuluhan terlebih dahulu dan arahan terkait terselenggaranya acara tersebut. Sebagai bukti kerja nyata di masyarakat.