KETERLIBATAN MAHASISWA BKI DALAM ORGANISASI KEPEMUDAN/KARANG TARUNA

Mahasiswa prodi BKI IAIN Tulungagung yang dibina oleh Lilik Rofiqoh, S.Hum, M.A terlibat dalam organisasi kepemudaan/Karang Taruna di daerah masing-masing.

Kegiatan mahasiswa ini ingin agar warga desanya memperoleh kesejahteraan sosial yang mereka perlukan. Sasaran kepedulian mereka diarahkan pada siapa saja, namun lebih ke arah generasi muda. Dengan niat membantu sesama dengan berbagai kegiatan pengisian waktu luang seperti karang taruna, mereka berharap generasi bangsa saat ini tidak memiliki kualitas rendah. Jadi organisasi ini, memang tidak bisa dijauhkan dari sosialisasi antar anggota warga desa. Dilatarbelakangi oleh kesadaran mereka yang ingin membuat organisasi yang nantinya bisa mensejahterakan kehidupan sosial, Organisasi ini sangat penting untuk keberadaannya di tiap kelurahan masing-masing.

Saat ini banyak masyarakat yang tidak tahu tentang arti dan peran dari organisasi besar Karang Taruna. Walaupun ada yang tahu, itu hanya sebagian kecil saja, seperti Kepala Desa dan pejabat desa lainnya. Mirisnya lagi, banyak masyarakat salah memahami Karang Taruna. Karang Taruna dipandang sebagai wadah untuk pemuda yang belum menikah saja, kegiatannya hanya berhubungan dengan olahraga dan kumpul bareng saja.

Mulai saat ini masyarakat perlu memahami urgensi tugas pokok Karang Taruna. Pemahaman tersebut bisa dilakukan dengan cara melakukan sosialisai oleh pemerintah desa atau yang berperan di bidang itu. Oleh sebab itu, mahasiswa perlu terjun langsung kedalamnya.