MAHASISWA BKI DALAM KEGIATAN BAKTI SOSIAL DAN PENANAMAN POHON DI ARGO PATOK TULUNGAGUNG

budeg

Mahasiswa prodi BKI IAIN Tulungagung terlibat aktif penanaman bibit pohon di Gunung Budheg yang dibina oleh Muhammad Solihudin Zuhdi, S.Sos.I, M.Pd.

Mahasiswa BKI melakukan berbagai kegiatan bhakti sosial masyarakat, seperti peduli lingkungan, aksi bersih-bersih, penanaman bibit pohon dan memberikan bantuan puluhan tong sampah. Dari kegiatan ini harapannya bisa bermanfaat untuk masyarakat. Diungkapkan, melalui aksi peduli lingkungan dengan penanaman pohon untuk menjadikan contoh pada masyarakan akan pentingnya ruang terbuka hijau. Selain itu, adajuga kegiatan pengolahan limbah sampah yang dapat menjadikan peningkatan ekonomi warga.

Dosen pembimbing lapangan, Muhammad Solihudin Zuhdi yang hadir dalam kesempatan tersebut berharap melalui kegiatan penanaman bibit pohon itu setidaknya bisa menjadi contoh dan memberikan sugesti khususnya kepada warga kecamatan campurdatar disekitar Gunung Budheg untuk cinta dan peduli terhadap lingkungannya. Hal ini merupakan suatu bentuk pengabdian terhadap masyarakat.

Memerlukan waktu kurang lebih 2 jam untuk menanam bibit pohon tersebut. Kendalanya terdapat banyak batu pondasi jalan yang tertutup tanah di pinggir jalan. Kegiatan ini diharapkan dapat membawa dampak positif bagi orang-orang sekitar sebagai pengingat rasa kepedulian terhadap alam. Walaupun jumlah bibit pohon yang ditanam tidaklah banyak, kegiatan ini ditujukan untuk melindungi ekosistem alam agar tetap terjaga.

Penghijauan yang melibatkan mahasiswa ini, kata dia, juga sebagai ajang edukasi terkait pentingnya menjaga kawasan pegunungan agar tetap hijau dan tidak gundul. Jenis bibit tanaman yang ditanam, meliputi bibit tanaman pinus dan bibit tanaman buah mulai dari alpukat, rambutan, matoa, petai, hingga jengkol. Dipilihnya bibit pohon buah bertujuan agar pohonnya tidak ditebang karena masyarakat bisa memanfaatkan hasil buahnya untuk menambah penghasilan warga. Selain itu, pihaknya juga fokus menanam tanaman buah karena tujuan hutan tidak hanya soal konservasi saja, melainkan juga untuk mensejahterakan masyarakat.