AKSI PEDULI LINGKUNGAN OLEH MAHASISWA BKI DI AREA GUNUNG BUDHEG CAMPURDARAT TULUNGAGUNG

FH

Mahasiswa prodi BKI IAIN Tulungagung terlibat aktif bersih gunung Budheg pada 04 November 2018 yang dibina oleh Desika Nanda Nurvita, M.Pd. Kegiatan ini merupakan aksi peduli lingkungan yang difokuskan pada areal gunung budheg dilakukan dengan peralatan sederhana. Aksi ini  berhasil mengumpulkan beberapa karung sampah besar yang terdiri sampah organik dan anorganik, untuk selanjutnya diangkut ke Tempat Pembuangan Akhir (TPA).

Kegiatan ini digagas oleh Peduli Alam dan Sosial (Pedas) HMJ BKI IAIN Tulungagung. Pedas merupakan satu komunitas peduli alam dan sosial yang berada dibawah HMJ BKI. Tepat pada 04 November 2018, pedas mengadakan kegiatan bersih gunung yang berlokasikan di gunung Budeg Boyolangu Tulungagung. Kegiatan ini diikuti oleh beberapa mahasiswa BKI. Dengan kegiatan ini diharapkan dapat menjadi contoh kepada masyarakat, khususnya pendaki di gunung Budeg untuk sadar akan kebersihan lingkungan.

Kesadaran masyarakat akan bahaya sampah sangat sedikit, sebagian masyarakat yang menganggap persoalan sampah bukan menjadi isu yang penting. Padahal hal tersebut tidak bisa dihiraukan begitu saja. Dengan mengajak semua pihak untuk saling berkolaborasi membangun kesadaran akan pentingnya tidak membuang sampah sembarangan, maka mahasiswa BKI melakukan aksi bersih Gunung Budheg. berharap dengan melakukan gerakan bersama dapat menguatkan komitmen dan menyuarakan pentingnya melakukan aksi penanganan dan pengurangan sampah dari lingkup terkecil di sekitar masyarakat.

 

Sampai saat ini operasi bersih gunung merupakan kegiatan rutin untuk menanggulangi masalah sampah dan hal lain yang mengganggu keamanan dan keamanan pendaki. Namun akar permasalahannya adalah rendahnya tingkat kesadaran para pendaki. Jadi bagaimana seharusnya pengelolaan pendakian yang terbebas dari sampah yaitu dengan tidak membuang sampah.

Kegiatan ini untuk membersihkan jalur pendakian baik sampah, vandalisme maupun benda lain yang mengganggu keamanan dan kenyamanan pendaki. Selain itu, operasi bersih gunung bertujuan untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian.