Majlis Maulid Ad-Diba’: oleh HMJ Bimbingan Konseling Islam IAIN Tulungagung

Sholawat Nabi Bersama  grup Hadrah BKI (As-Syauqiyah)

Sholawat Nabi Bersama Grup Hadrah BKI (As-Syauqiyah)

Senin, 25 Maret 2019 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Bimbingan Konseling Islam (BKI) telah melaksanakan Maulid Ad-Diba’ di masjid Riyadul Jannah. Masjid tersebut berada di Dusun Srigading, Desa Plosokandang, Kecamatan Kedungwaru. Kegiatan ini di dilaksanakan pada pukul 19:00 malam berjalan dengan lancar. Kegiatan Maulid Ad-Diba’ bertujuan untuk menjaga jiwa spiritual dan merawat warisan karya ulama besar terdahulu. Thoriq selaku ketua HMJ BKI mengungkapkan bahwa, “Tujuan diba’an untuk merawat ukhwa islamiah yang indah dan mencari syafaat Nabi besar Muhammad SAW.” Kegiatan ini bersentuhan langsung dengan masyarakat.

Kegiatan diikuti oleh 23 orang, yakni 12 orang dari jurusan BKI, enam orang dari jurusan non BKI, lima orang dari masyarakat sekitar. Mahasiswa Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung sendiri yang mengikuti kegiatan tersebut adalah mahasiswa semester dua, empat, dan enam. Kegiatan ini menumbuhkan jiwa sosial mahasiswa IAIN Tulungagung di lingkungan sekitar. Kegiatan diba’an ini adalah salah satu program kerja HMJ dari divisi kerumah tanggaan. Kegiatan diba’an akan dilaksankan rutin dua kali perbulan. “Diba’an ini akan diambil di minggu ke empat,” ujar Latifah selaku anggota dari divisi kerumah tanggaan.

Kegiatan yang diadakan oleh HMJ untuk jurusan BKI sendiri belum memaksimalkan pada peserta. Thoriq memaparkan bahwa ekspektasi awal mahasiswa BKI yang dapat berpartisipasi melebihi 50 orang, ternyata ketika acara dimulai peserta kurang dari 50 orang. Ria selaku pengurus HMJ menjelaskan bahwa, “Saya tidak bisa keluar dari ma’had, sebab waktu pelaksanaan diba’an bersamaan dengan kegiatan ma’had.” Hal tersebut sama dengan yang dialami oleh pengurus HMJ yang tinggal di ma’had Al-Jami’ah IAIN Tulungagung.