Orientasi Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam IAIN Tulungagung

Foto Panitia dan Peserta (maba)

Foto Panitia dan Peserta (maba)

Tulungagung, 19 Agustus 2017 telah diadakannya orientasi Jurusan Bimbingan Penyuluhan Islam (BPI) yang di sebutnya dengan Malam Keakraban (MAKRAB) yang bertemakan “Melukis Kekeluargaan di Kanvas”. Kegiatan jurusan yang dilaksanakan tiap tahun tersebut berbeda dengan taun sebelumnya. Karena pada kesempatan kali ini jurusan BPI melaksanakan kegiatan makrab bersama jurusan Manajemen Dakwah (MD). Dimana jurusan MD merupakan salah satu jurusan baru di Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah. Acara tersebut di adakan di dua lokasi yang pertama di Aula gd. UKM dan di Bumi Perkemahan Pagerwojo.

Kegiatan makrab ini dilakukan selama dua hari satu malam, dimana pembukaannya dilaksanakan di Aula gd. Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) yang dibuka langsung oleh Drs. Ahmad Teguh selaku Wakil Dekan (FUAD). Rangkaian acara selanjutnya adalah Diskusi mengenai jurusan yang di moderatori oleh Diky dan 2 pemateri yang dihadiri langsung oleh dosen BPI sendiri yaitu Wikan Galuh Widyarto, M. Pd dan Shopia Terry Kurniawati, M. Pd. Materi yang di bahas tidak jauh mengenai jurusan dan prospek kerja yang akan bisa diambil selain itu juga berbagi pengalaman. Untuk mengurangi rasa jenuh pada seluruh peserta pak Wikan memberikan ice breaking untuk saling memijat antara satu dengan yang lain teman yang berada disampingnya. Kegiatan pembukaan berlangsung pada pukul 08.00 pagi hingga pukul 12.00 siang. Dilanjutkan dengan pemberangkatan ke BuPer Pagerwojo menggunakan kendaraan kampus.

Setelah sesampainya disana seluruh mahasiswa baru jurusan BPI dan MD melaksanakan makan siang dan sholat dhuhur. Dilanjutkan dengan berkumpul secara berkelompok yang sudah ditentukan sebelumnya. Dalam kelompok tersebut diberikan satu pendamping dari panitia dimana pada kesempatan itu para peserta makrab bisa saling bercerita mengenai alasan mereka mengapa memilih jurusan BPI maupun MD. Karena keseruan yang telah muncul dan rasa keakraban yang sudah mulai memasuki zona nyaman mereka semua membuat malam datang tanpa dirasa. Acara malam itu diisi dengan perkenalan seluruh pengurus Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) BPI dan dilanjut dengan memperkenalkan bagaimana HMJ itu, dan kegiatan-kegiatan jurusan lainnya.

Malam semakin larut dan yang pada awalnya di agendakan untuk menonton ternyata terjadi pemadaman listrik yang akhirnya membuat semua orang disana memilih utuk beranjak dan tidur ditenda yang telah tersedia, kecuali mereka kakak panitia yang tugasnya jadi keamanan harus merelakan jam tidurnya malam itu. Fajar yang indah mulai terlihat dan seluruh peserta satu persatu beranjak bangun. Ketika mentari mulai naik dan seluruhnya sudah mulai berbenah diri dan kegiatan diisi dengan senam pagi bersama, games, dan lomba yel-yel perkelompok. Setelah itu, dilanjut bersih tempat dan persiapan pulang. Dikarenakan acara sudah selesai, akan tetapi kendaraan untuk pulang menuju kampus belum datang membuat kita semua menunggu. Untuk menghilangkan kepenatan seluruh peserta diajak berwisata ke waduk Wonorejo dikarenakan tempat yang lumayan dekat. Akan tetapi, untuk berjalan kaki juga membutuhkan tenaga ekstra. Setelah, kendaraan tiba maka seluruh peserta dapat pulang kehabitat masing-masing dengan membawa pengalaman dan sekarung memori untuk dikenang.