Cerita Khayal Tentang OSMABA

Cerita Khayal Tentang Osmaba

Cerita Khayal Tentang Osmaba

Oleh: Hamba Allah/BKI 1-A/yang pernah dikelompok 10 (William Glazzer)

Pada tanggal 23-25 Agustus 2019, saya mengikuti kegiatan Osmaba (Orientasi Mahasiswa Baru) jurusan Bimbingan Konseling Islam di kampus IAIN Tulungagung. Acara itu diadakan oleh himpunan mahasiswa jurusan (HMJ) agar mahasiswa baru dapat mengenal lebih dalam tentang Bimbingan Konseling Islam (BKI) dan mempererat tali persaudaraan BKI. Pada siang itu sebelum berangkat ke tempat lokasi di Jurang Senggani, kami berkumpul di gedung aula utama kampus untuk pembukaan acara dan sambutan-sambutan dari ketua HMJ, Ketua Jurusan (Kajur) BKI, sambil menunggu kedatangan kendaraan untuk menuju ke lokasi.

Pada saat itu, saya tidak sabar dan ingin cepat-cepat menuju ke lokasi karena saya suka sekali dengan kegiatan tersebut. Tak lama kemudiaan kendaraannya sampai di kampus. Saya dengan bergegas naik ke kendaraan. Setelah semua masuk ke dalam kendaraan, satu persatu kendaraan tersebut menuju ke lokasi di Bumi Perkemahan (Bumper) jurang senggani Desa Sendang Kabupaten Tulungagung. Pada pukul lima sore, saya baru sampai di lokasi. Di sana tempatnya sangat indah, udaranya yang sangat sejuk membuat saya bersemangat dan tidak kecewa mengikuti kegiatan itu.

Setelah sholat maghrib acara pertama pun dimulai, acara tersebut ialah tahlil dan berdoa bersama agar acara ini berjalan dengan lancar. Setelah acara pertama selesai, semua disuruh kumpul dengan kelompok yang telah ditentukan oleh panitia untuk membuat yel-yel. Saya berada pada kelompok William Glazzer (Kelompok 10). Setelah saya berkumpul dengan kelompok, saya membuat yel-yel. Satu persatu kelompok disuruh memamerkan yel-yel yang sudah dibuat dan tidak lama kemudian giliran kelompok saya lah yang memamerkan yel-yel kepada kelompok lain yang berbunyi

Hompalahom palaheyaa
Hompalahom palaheyaheyahom²

We are We are sepuluh-sepuluh²

Kami datang disini dengan disiplin setiap saat setiap waktu kami bisa diuji

We are We are sepuluh-sepuluh² kelompok sepuluh… Auuaahhh

Setelah menunjukkan yel-yel, kami berbaris berhadap-hadapan untuk makan malam yang sudah disiapkan oleh panitia. Setelah makan, kami melaksanakan sholat isya’ berjamaah di mushola. Setelah sholat kami disuruh kumpul kembali untuk melakukan acara berikutnya yaitu api unggunan, mengenal apa itu HMJ BKI dan mengenalkan pengurus-pengurus HMJ. Di sana dijelaskan dengan detail dan jelas, tetapi ditengah-tengah penjelasan tersebut tiba-tiba turun hujan dan api unggun mulai padam. Kami disuruh panitia untuk pergi kedalam tenda untuk melanjutkan penjelasan tentang HMJ. Setelah usai penjelasan mengenai HMJ,hari pertama pun telah usai. kami pun disuruh berisitirahat untuk melanjutkan acara dihari kedua.

Hari kedua, acara pertama di pagi hari ini adalah senam. Tujuan dari senam ini adalah untuk membugarkan badan para mahasiswa baru agar semangat bangkit kembali dan tubuh menjadi sehat. Setelah senam, kami dikumpulkan kembali oleh panitia untuk makan pagi. Setelah makan dilanjutkan acara berikutnya yaitu diskusi kelompok dengan tema persiapan pensi untuk nanti malam. Pensi ini adalah puncak acara dikegiatan Osmaba 2019. Setelah berdiskusi saya, teman-teman dan pembimbing telah menyepakati akan menampilkan pembacaan puisi yang berjudul Aku dan kawan-kawan-karya Febi” yang diiringi lagu Peterpan berjudul semua tentang Kita.
Setelah sepakat kami pun mencari tempat untuk praktek agar lancar saat pensi nanti.

Setelah berdiskusi kami dikasih waktu istirahat untuk melaksanakan sholat zuhur berjemaah dan makan siang. Usai sholat dan makan siang kami berkumpul kembali untuk melakukan acara berikutnya yaitu perlombaan. Perlombaan tersebut terdiri dari lomba dragon ball, air terjun, dll.

Tetapi sayang, dalam perlombaan itu kelompok kami tidak mendapat juara sekalipun, tapi kami tidak kecewa dengan tidak mendapat juara, tujuan dari perlombaan itu adalah kekompakan, kebersamaan dan mempererat persaudaraan. Ditengah-tengah perlombaan kami kedatangan tamu dari Universitas Sunan Ampel Surabaya dengan jurusan Bimbingan Konseling Islam angkatan 2017, kami pun menyempatkan berfoto-foto dengan kakak mahasiswa UINSA tersebut.

Setelah usai perlombaan, kami pun diberi waktu istirahat untuk mandi dan melaksanakan shalat asar hingga magrib. Setelah salat kami pun berkumpul kembali untuk melaksanakan puncak acara yaitu pentas seni yang sudah disiapkan tadi. Sebelum puncak acara dimulai kami makan malam terlebih dahulu agar tidak lemas saat tampil. Setelah usai makan perwakilan kelompok mengambil nomor urut tampil pensi, dan kelompok kami mendapat urutan nomer 4 tampil pensi.

Setelah dapat nomer urut dan sudah terabsen oleh panitia, pensi pun dimulai. Tetapi pada puncak acara yang baru saja dimulai hujan pun turun kembali sehingga semua kelompok disuruh masuk kedalam tenda dan memulai kembali acara tersebut di dalam tenda. Setelah pensi, kami dikumpulkan kembali untuk melakukan acara selanjutnya yaitu api unggunan yang kedua. Tapi sayang hujan yang tadi membasahi kayu kami sehingga api itu tidak membakar kayu tersebut. Tapi kami tidak kecewa, karena kami didatangi oleh ketua HMJ yang Pertama.

Kakak tersebut menjelaskan mengenai BKI dan HMJ dari tahun lalu hingga sekarang. Setelah acara itu usai kami pun disuruh ke tenda kembali untuk penutupan acara dan pemasukan-pemasukan oleh ketua HMJ. Setelah itu kami disuruh untuk beristirahat untuk persiapan acara hari ketiga.
Hari ketiga ini adalah hari yang terakhir kegiatan Osmaba 2019. Pada pagi itu kami disuruh kumpul untuk melaksanakan kerja bakti dan membongkar tenda.

Setelah membongkar tenda dan membersihkan tempat disekitar, kami berkumpul untuk melaksanakan acara yang terakhir yaitu meminum air gula aren dan memakan jenang yang sudah disiapkan oleh ketua HMJ. Makna dari meminum gula aren dan memakan jenang itu adalah mempererat kekeluargaan.

Setelah acara yang terakhir usai kami mengemasi barang-barang bawaan kami dan menuggu kendaraan yang membawa kami ke kampus. Tak lama kemudian satu persatu kendaraan pun datang. Sebelum naik ke dalam kendaraan, kami sarapan pagi terlebih dahulu. Setelah selesai sarapan semua pun naik ke kendaraan dan berangkat menuju ke kampus.

Pendapat saya tentang Osmaba ini, sangat bermanfaat bagi kami karena dengan acara ini saya dapat mengenal satu persatu teman-teman dari jurusan Bimbingan Konseling Islam dari kelas yang lain dan mengentahui dengan detail tentang jurusan ini.