Malam Keakraban (MAKRAB) Mahasiswa Hukum Keluarga Islam

 

IMG-20180924-WA0179

Malam keakraban mahasiswa Hki 2k18. Seperti halnya Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan, Kegiatan malam keakraban atau biasa disebut makrab adalah momentum sekali selama menjadi mahasiswa di kampus iain Tulungagung khususnya pada prodi Hukum Keluarga Islam. Acara ini diselenggarakan selama sehari semalam oleh pengurus himpunan mahasiswa jurusan hukum keluarga islam. Oleh karena diadakan selama sehari semalam, maka acara ini dinamakan malam keakraban.

IMG-20180924-WA0183   IMG-20180924-WA0178IMG_20180924_183923

Maksud filosofis dari acara ini adalah bagaimana mahasiswa Hki bisa lebih mengenal dalam artian rasa kekeluargaan mereka terpancing untuk tumbuh dalam satu rangkaian acara kekeluargaan yaitu malam keakraban. Sehingga kedepannya akan menjadi pupuk tumbuhnya rasa loyalitas, integritas, totalitas, dan komitmen mahasiswa baru terhadap jurusannya sendiri. Dengan pertimbangan itu pula, panitia makrab tahun ini memilih tema acara “menjalin kekeluargaan demi masa depan jurusan yang gemilang”.

Pada tahun kali ini, makrab jurusan hukum keluarga islam dilaksanakan pada hari sabtu-minggu tanggal 8-9 September 2018. Tidak seperti tahun” sebelumnya yang diadakan keluar kampus, makrab pada tahun ini diadakan di dalam area kampus IAIN Tulungagung. Meski terkesan ada penurunan, namun hal ini tidak melunturkan esensi dari acara makrab itu sendiri.

IMG_20180924_183911

3 Mahasiswa HKI Raih Beasiswa Kajian Keislaman

Tahun 2018 ini IAIN Tulungagung memberikan beasiswa kajian keislaman bagi mahasiswa. Hal ini dimaksudkan untuk meningkatkan minat meneliti di kalangan mahasiswa.

IMG_20180607_204134

 

Proses seleksi dimulai sejak bulan April 2018. Calon penerima beasiswa diharuskan memenuhi beberapa persyaratan administratif dan juga proposal penelitian. Salah satu syarat untuk mengajukan beasiswa kajian keislaman ini adalah mahasiswa yang sudah lulus mata kuliah Metodologi Penelitian. Kemudian proposal yang masuk ke panitia diseleksi oleh tim reviewer, untuk diseleksi proposal penelitian yang layak untuk mendapatkan beasiswa kajian keislaman ini.

Setelah melalui tahap seleksi yang ketat, akhirnya pada tanggal 4 Juni 2018 diumumkan peserta yang lolos seleksi untuk mendapatkan beasiswa kajian keislaman. Dan Alhamdulillah, 3 orang mahasiswa dari Jurusan Hukum Keluarga Islam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum lolos seleksi mendapatkan beasiswa kajian keislaman.

IMG-20180607-WA0049

Bagus Permady, Moh. Alfin Solikhudin dan Muhammad Iik Syaropah adalah 3 mahasiswa HKI FASIH yang telah lolos untuk mendapatkan beasiswa kajian keislaman. Selamat atas prestasi yang kalian raih, semoga bisa menjadi pemicu semangat bagi seluruh warga FASIH untuk melakukan penelitian. Karena tugas akademisi adalah melaksanakan Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat.

Rukyah hilal Ramadhan 1439 H

IMG-20180515-WA0039

Selasa, 15 Mei 2018 tim rukyatul Hilal dari Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum berangkat menuju pantai Serang, di desa Serang, kec. Panggungrejo, kab. Blitar untuk melaksanakan rukyatul Hilal guna menentukan awal Ramadhan 1439 H. Tim rukyatul Hilal dari FASIH IAIN Tulungagung terdiri dari dekan Fasih, Ahmad Muhtadi Anshor, kajur HKI, Ahmad Musonnif, Sekjur HKI, Arifah Millati Agustina dan beberapa dosen IAIN Tulungagung serta melibatkan 25 mahasiswa IAIN Tulungagung. Menurut Musonnif, pakar ilmu falak dari FASIH IAIN Tulungagung yang juga kajur Hukum Keluarga Islam yang turut menjadi tim rukyatul hilal menyampaikan bahwa diikutkannya mahasiswa dalam tim ini diharapkan mereka bisa secara langsung melakukan rukyatul hilal penentuan awal bulan hijriyah serta dapat berlajar secara langsung proses persidangan rukyatul hilal untuk menentukan awal bulan.

Sesampai di pantai serang tim melakukan observasi lapangan untuk menentukan tempat yg digunakan merukyah hilal awal Ramadhan.

Di pantai Serang tim rukyatul hilal Fasih IAIN Tulungagung bergabung dengan tim dari MAN Wlingi, Kemenag kab. Blitar dan hakim dari pengadilan Agama Blitar.

IMG-20180515-WA0042

Para mahasiswa dengan antusias menyaksikan persidangan yang dibuka oleh Hakim Pengadilan Agama Blitar pada pukul 17.00 dengan membacakan permohonan dari Kepala Kemenag kab. Blitar, selanjutnya sidang diskors pada pukul 17.15 untuk menyaksikan proses rukyatul hilal yang dilakukan oleh tim dari Kemenag kab. Blitar, IAIN Tulungagung dan MAN Wlingi. Sidang dibuka kembali pada pukul 17.25 untuk mendengar kesaksian dari tim perukyah.

IMG-20180515-WA0040

Berdasarkan perhitungan tinggi hilal adalah 0°3’39″ dan umur bulan adalah kurang dari 2 menit maka dimungkinkan hilal tidak terlihat. Kesaksian para perukyah dari MAN Wlingi, IAIN Tulungagung dan Kemenag kab. Blitar tidak ada yang melihat hilal maka hakim menetapkan bahwa umur bulan Sya’ban digenapkan 30 hari sehingga awal bulan Ramadhan 1439 H jatuh pada hari Kamis, 17 Mei 2018.

Selamat menunaikan ibadah puasa Ramadhan 1439 H, semoga dengan berpuasa kita bisa bertambah taqwa kepada Allah SWT dan semakin meningkatkan solidaritas kepada sesama manusia…

Pelatihan Metodologi Hisab

 

 

IMG-20180418-WA0003Tulungagug, Selasa 17 April 2018 di Aula gedung KH. Saifudin Zuhri Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Hukum Keluarga Islam mengadakan Pelatihan Metodologi Hisab yang bertemakan “Metode Pelatihan Hisab dalam Menentukan Awal Bulan Hijriyah dengan Pendekatan Kontemporer”.  Pelatihan ini diisi oleh pemateri dari Lembaga Falakiyah NU Kabupaten Blitar, yakni Bapak Uzal Syahruna beserta tim.  Acara yang berlangsung mulai pukul 08.30 WIB hingga 18.15 WIB ini diikuti oleh 115 peserta yang berasal dari berbagai Jurusan, serta dihadiri oleh perwakilan Organisasi Masyarakat Nahdlatul Ulama, Wahidiyah, dan Lembaga Falakiyah NU Kabupaten Tulungagung.  Sesuai rundown acara yang ada, pelatihan berisi penyampaian materi terkait metode hisab asy-sayhru, dilanjutkan dengan praktek menghitung awal bulan sya’ban 1439 H, dan ditutup dengan rukyatul hilal.

IMG-20180418-WA0005

Sebelum acara inti berlangsung, Panitia menyuguhkan tampilan hadrah sebagai Pra Acara.  Kemudian sekitar pukul 09.30 WIB pelatihan dibuka oleh Ketua Jurusan Hukum Keluarga Islam, Ahmad Musonnif, M.H.I.  Dalam sambutannya, beliau mengatakan bahwa mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum, khususnya Mahasiswa Hukum Keluarga Islam perlu memahami perihal Ilmu Hisab dan Rukyatul Hilal.  Hal ini bertujuan agar mahasiwa dapat memadukan antara Ilmu Hukum dengan Ilmu Sains, sebab seiring berkembangnya zaman semakin banyak metode-metode baru dalam menentukan awal bulan hijriyah.

Pembukaan selesai pada pukul 10.00 WIB, kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu Pelatihan Metodologi Hisab yang dipimpin oleh Saudara Muhammad Croirull Chuluq, S.H.  Beliau merupakan anggota dari Lembaga Falakiyah NU Kabupaten Blitar dan salah alumni dari jurusan hukum keluarga Islam yang dalam skripsinya membahas mengenai Ilmu Falak.  Mulai menit awal peserta terlihat sangat antusias karena penasaran akan ilmu falak.  Menurut mereka, ilmu falak adalah teka-teki yang harus dipecahkan.  Pemberian materi oleh Bapak Uzal Syahruna berlangsung selama 1 jam 30 menit, kemudian dilanjutkan dengan praktek menghitung awal bulan sya’ban 1439 H.  Banyak peserta yang merasa kesulitan dalam menghitung, apalagi ada beberapa yang masih semester 2 dan belum mendapat Mata Kuliah Ilmu Falak.  Namun tim dari Lembaga Falakiyah yang berisi 5 orang membimbing peserta sampai menemukan hasil 1 sya’ban 1439 H yang jatuh pada hari Selasa 17 April 2018.

IMG-20180418-WA0004

Usai praktek hisab dengan metode asy-syahru, peserta istirahat dan kembali ke aula pada pukul 16.00 WIB.  Inilah moment yang ditunggu-tunggu oleh peserta, yakni Rukyatul Hilal.  Kegiatan Rukyatul Hilal dilakukan di balkon lantai 6 gedung KH. Saifudin Zuhri dan dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama, Dr. H. Muhammad Darin Arif Mu’allifin, S.H. M.Hum.  Hilal atau bulan terlihat sesaat setelah terbenamnya matahari, kira-kira pukul 17.29 WIB.   Selain pengamatan hilal, di sini pemateri beserta tim juga menjelaskan mengenai alat-alat yang digunakan untuk Rukyatul Hilal.  Peserta diajak praktek untuk memasang dan mengoperasikan alat tersebut.  Pelatihan Metodologi Hisab ditutup  pukul 18.15 WIB dengan foto bersama dan penyerahan cindera mata.  Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam berharap kegiatan ini dapat membawa manfaat dan menghilangkan persepsi mahasiwa yang mayoritas menganggap bahwa Ilmu Falak itu sulit.  (nay)

 

Pengumuman UTS

Sesuai dengan kalender akademik IAIN Tulungagung semester genap tahun akademik 2017-2018, Ujian Tengah Semester (UTS) dilaksanakan secara mandiri oleh dosen mata kuliah pada tanggal 2 – 7 April 2018

Pembukaan Fasih Law Fair

 

Jum’at, 23 Maret 2018 Dewan Eksekutif Mahasiswa (DEMA) Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung mengadakan Pembukaan Fasih Law Fair di Lapangan Utama IAIN Tulungagung. Acara pembukaan ini dihadiri oleh Dr. H. M. Darin Arif Muallifin, S.H., M.Hum selaku Wakil Dekan III dan Dr. Indri Hadisiswati, S.H., M.H selaku Wakil Dekan II Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum.

FASIH Law Fair tahun ini diisi dengan beberapa kegiatan, antara lain Grebek Tumpeng pada acara pembukaan, Lomba Karya Tulis Ilmiah tentang Hukum, Lomba Debat Hukum untuk Siswa SLTA se-Jawa Timur, Lomba Hias Tumpeng, serta Seminar Hukum Nasional sebagai acara pamungkas yang diselenggarakan pada hari Minggu (25/03/2018) dengan narasumber Walikota Surabaya, Rismaharini, Hifdzil Alim dari Pukat UGM serta salah seorang pejabat dari Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Jakarta.

Adapun acara Grebek Tumpeng yang menjadi penanda pembukaan acara tersebut adalah merupakan bentuk simbolik dari harapan-harapan besar yang baik atas terselenggaranya kegiatan FASIH Law Fair 2018. “Tumpeng ini terdiri atas buah-buahan yang bermanfaat dan merupakan hasil dari alam yang positif. Harapannya, do’a-do’a kita kepada Allah SWT semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan dengan lancar dan baik serta menghasilkan manfaat yang baik pula”, kata Wakil Dekan III.

flf 1 flf tumpeng flf

Hello world!

Welcome to Jurusan IAIN Tulungagung. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!