LOMBA DEBAT HUKUM SE-INSTUTUT

LOMBA DEBAT HUKUM SE-INSTUTUT

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI TULUNGAGUNG

 

            Lomba debaWhatsApp Image 2019-05-07 at 12.54.13 AMt hukum merupakan salah satu dari sekian banyak program Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam IAIN Tulungagung. Program ini menjadi ajang pengembangan intelektual, public speacking, serta jiwa kritis terhadap berbagai persoalan hukum. Kegiatan ini pula merupakan representasi dari peradaban zaman yang notabenya mahasiswa adalah generasi yang kritis lagi berintelektual dalam mengawal serta mengisi kemerdekaan Indonesia.

 

            21-22 Maret 2019  ialah hari dimana dilaksanakannya kegiatan Lomba Debat Hukum dengan mengambil tema “Peran Aktif  Mahasiswa dalam Menyikapi Tahun Politik demi Menjaga Kebhinekaan dan Nilai-nilai Pancasila” .Berbagai polemik dan kegaduhan politik yang terjadi saat ini memperlihatkan situasi ketika pancasila seolah olah tidak lagi menjadi ideologi yang populer dan menarik dan ditambah sikap mahasiswa sekarang yang tidak lagi menyikapi segala fenomena yang terjadi dimasyarakat dengan kritis dan penuh dengan nilai keilmiahan. Bahkan bisa dibilang dizaman sekarang ini sudah sedikit memudar sikap mahasiswa yang sejatinya berjiwa kritis dengan keilmiahannya masing-masing. Berlandaskan problematika itu Himpunan Mahasiswa Jurusan Hukum Keluarga Islam mencoba untuk sedikit memantik pun juga berupaya menumbuhkan kembali sikap mahasiswa Indonesia terkhusus mahasiswa IAIN Tulungagung melalui program kerjanya yaitu lomba debat se-institut.

Tujuan diangkatnya acara ini adalah untuk menggali pemikiran,gagasan,bakat,serta bagaimana mahasiswa mengkritisi suatu permasalahan yang ada. Perlombaan debat ini juga bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berfikir secara ilmiah terhadap berbagai macam isu yang terjadi di era ini.Sehingga mahasiswa diharapkan mampu mengoptimalkan perannya dengan baik,sebagai agent of change dan agent of control.

Kegiatan inipun berjalan dengan lancar, sistematis dan sukses berkat dukungan penuh dari berbagai pihak seperti pihak jurusan,fakultas sampai rektorat dll.Pada acara debat ini antusias para mahasiswa sangat tinggi dibuktikan dengan begitu banyaknya mahasiswa yang mendaftarkan diri dalam acara ini pun juga tidak hanya dari mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum yang memang menjadi sasaran utama dari kegiatan ini,tapi banyak pula mahasiswa dari fakultas lain seperti Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan,Fakultas Ushuludin Adab dan Dakwah serta Fakultas Ekonomi Bismis Islam.

Pada intinya kegiatan semacam ini harus terus digalakkan secara masif agar para mahasiswa mempunyai idealisme dan kreatifitas tinggi yang dapat berperan dalam merawat kebinekaan dan nilai-nilai pancasila dengan tetap menegakkan hukum dan tidak melakukan tindakan-tindakan yang dapat merusak tatanan yang sudah terbangun selama ini.