GELIAT MEMBARA DISKUSI MAHASISWA HUKUM TATA NEGARA IAIN TULUNGAGUNG

Secara filosofi, sessungguhnya tak ada orang besar dan tak ada orang kecil dalam takaran pemilik ekonomi  atau perbedaan status sosial budaya. Kecil dan besar hanya terjadi pada kualitas kepribadian. (Emha Ainun Nadjib)

      Siapa bilang yang memilih progam Hukum Tata Negara adalah mahasiswa  dengan pilihan yang terakhir? Argumen ini ingin sekali diberontak oleh mahasiswa hukum tatanegara  IAIN Tulungagung.  Akhirnya merekapun membentuk sebuah forum  yang informal dengan nama “forum Diskusi Mahasiswa Hukum Tata Negara” yang biasa  disingkat dengan FORDISMA.

      Rabu, (11/04) Forum diskusi mahasiswa Hukum Tata Negara (FORDISMA) menggelar forum diskusi di balkon gedung Saifudin Zuhri degan tema kajian “politik hukum” dengaan pemantik Nanang Zuli Purwanto Mahasiswa semester 6. FORDISMA ini kegiatanya adalah menggelar diskusi-diskusi mengenai Hukum tatanegara  yang aktual kadang mengenai isu-isu sosial kadang pula mengenai kajian-kajian hukum tatanegara. Sebagai sebuah forum yang informal maka diskusi ini bisa digelar dimana saja. Bisa itu meminjam ruangan, di balkon gedung saifudin zuhri,  di gazebo, dilorong kampus atau bahkan di luar kampus.

foto  foto 2 Anggota group FORDISMA yang aktif sekitar 15 orang. Memang belum banyak, tetapi kegiatan pertemuan diskusi seperti ini ini akan kami galakkan setidaknya seminggu sekali mengingat forum ini masih baru di entuk, dan kedepanya akan dibentuk kepengurusan, kami  terinspirasi dari LSM (Lembaga swadaya Masyarakat)”ujar novita dari devisi Intelektual sekaligus pencetus group FORDISMA.

      Lathiful M, Ketua Himpumnan Mahasiswa Jurusan (HMJ) mengatakatan semoga ini bisa rutin seminggu sekali. Dari pihak kajur sudah sangat mendukung. Kegiatan ini Bagus untuk membangun semangat akademisi dan membangun kualitas diri.  lagian kedepan peminat  Htn akan lebih banyak terbukti sekarang mahasiswa htn dari tahun ke tahun selalu meningkat.

      Tidak hanya diskusi, beberapa anggota FORDISMA sempat dilibatkan dalam kegiatan P3H milik Lembaga Dema Fakulas  Syari’ah Dan Ilmu Hukum (FASIH). Di lembaga  itulah ide ide Hukum Tata Negara digelontorkan seperti  Diskusi kajian UU MD3 oleh lembaga dema FASIH kemarin.  Juga ada yang terjun ke KPU dengan menjadi PPK, PPS dan lain sebagainya. (El_Lathif)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>