BIMTEK RELAWAN DEMOKRASI: SINERGISITAS JURUSAN HTN IAIN TULUNGAGUNG DENGAN KPU TULUNGAGUNG

Sabtu, 14 April 2018 Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung mengirimkan Lima belas perwakilan mahasiswa dari jurusan Hukum Tata Negara untuk menghadiri “Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi Menghadapi Pilkada serentak 2018” di Kantor KPU Tulungagung. Selain dari Lima belas perwakilan mahasiswa, Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi juga dihadiri oleh Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum dan Ketua Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Tulungagung. Kegiatan ini dimulai pada pukul 10.00 WIB.

kpu2Lima belas perwakilan mahasiswa ini akan bertugas dalam sosialisasi menuju Pemilu 2018. Selain itu Tulungagung sendiri juga akan mengadakan Pilihan Kepala Daerah (Pilkada), maka dari itu KPU Tulungagung butuh dukungan dari para masyarakat khususnya para pelajar atau mahasiswa dalam mensosialisasikan kegiatan tersebut. Dalam sambutan Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung mengatakan “Semoga Lima belas perwakilan ini mampu bekerja secara maksimal dan nantinya dapat meningkatkan kepercayaan kepada kita (Mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum) untuk bekerja sama menjadi relawan KPU, serta diharapkan dapat menambah wawasan dan pengalaman bagi kita semua”. Ini merupakan kesempatan luar biasa bagi 15 perwakilan mahasiswa Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum dapat menjadi bagian dari kegiatan KPU Tulungagung dalam persiapan Pilkada serentak 2018 sekaligus menjadi beban yang harus diemban untuk dapat bekerja secara maksimal dan penuh tanggung jawab.

kpu3

kpuSasaran sosialisasi dari Lima belas perwakilan ini adalah pemilih pemula dengan mendatangi atau melakukan sosialisasi langsung ke Madrasah Aliyah maupun Pondok Pesantren yang ada di Tulungagung. Lima belas perwakilan ini dibagi 5 (lima) tim dengan tempat yang berbeda-beda untuk melakukan kegiatan sosialisasi diantaranaya MAN 1 Tulungagung, MAN 2 Tulungagung, MAN Rejotangan, PPHM Ngunut, MAS al Ma’arif Tulungagung, MAS Darul Hikmah Kedungwaru, MAS Unggulan Bandung, PP. Madinul Ulum Campur Darat, PP. al Hikmah Kauman, PP al Ghazali (pa) Karangrejo, PP Sholahiyatul Fatah (pi) Karangrejo. Harapan dari kita sebagai perwakilan Relawan Demokrasi yaitu dapat memberikan informasi yang bermanfaat bagi pemilih pemula guna menambah pengetahuan mereka tentang Pilkada.

Dalam kegiatan Bimbingan Teknis ini, Ketua Komisi Pemilihan Umum Tulungagung memberikan informasi guna memantabkan materi bagi perwakilan Relawan Demokrasi.  Ketua Komisi Pemilihan Umum Tulungagung memberikan pengetahuan tentang tugas-tugas yang diemban oleh KPU, istilah-istilah dalam KPU, tahapan-tahapan Pilkada, dan lain sebagainya. Ketua KPU Kabupaten Tulungagung juga mengatakan bahwasanya dalam segala kegiatan yang sudah terencana oleh program KPU, Lima belas perwakilan ini dapat bergabung kapanpun. “Perwakilan mahasiswa ini tidak hanya melakukan sosialisasi pada saat hari yang telah ditentukan saja, jika selesai maka berakhir sudah. Melainkan mereka bisa ikut serta dan berpartisipasi aktif dalam kegiatan-kegiatan KPU Tulungagung” Ucap Bapak. Suprihno, M.Pd selaku Ketua KPU Tulungagung.

Selain dari Ketua KPU Tulungagung, ada pula materi dari Bpk. Arman selaku Divisi Sosialisasi. Beliau memberikan materi tentang bagaimana dan apa saja yang disampaikan saat sosialisasi serta pelanggaran-pelanggaran dalam Pemilu. Dengan adanya materi tentang sosialisasi ini sangat membantu kita untuk berhati-hati dalam kegiatan pemberian informasi tentang Pilkada. Hal ini ditujukan agar tidak terjadi pelanggaran dalam Pilkada.

Setelah pemberian materi yang dirasa cukup untuk membantu dalam kegiatan Relawan Demokrasi, para perwakilan mahasiswa melakuakn sesi foto bersama dan pemberian id card sebagai relawan. Kegiatan Bimbingan Teknis Relawan Demokrasi ini diakhiri pukul 12.00 WIB. Setelah kegiatan Bimbingan Teknis ini, diharapkan perwakilan mahasiswa segera melaksanakan tugas yang harus dipertanggungjawabkan. (Astri)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>