SOSIALISASI PILKADA 2018 MAHASISWA HTN IAIN TULUNGAGUNG SASAR PONDOK PESANTREN

            htn2 htn3 htn5Pada hari minggu tanggal 20 Mei, Pukul 09.00 Mahasiwa HTN Fakultas Syariah IAIN Tulungagung melaksanakan sosialisasi Pilkad serentak 2018. Sosialisasi kali ini berlokasi di Pondok Pesantren Sirojut Tholibin, Srigading, Plosokandang, Tulungagung. Dalam kegiatan sosialisasi Pilkada ini pihak Pondok Pesantren sangat responsif, terbukti dengan cepatnya respon yang diberikan oleh pengasuh Pondok Pesantren yang langsung menyetujui  dan memberikan waktu untuk sosialisasi.

            Tim kami tiba dilokasi pada pukul 08.45 WIB, kemudian kami langsung menuju serambi masjid dan seorang santriwati menyambut kami dengan ramah. Sambil menunggu para santriwati berkumpul diserambi masjid kami berbincang-bincang santai. Sampai pukul 09.00 kami memulai kegiatan sosialisasi pilkada. Menurut informasi dari Mbak Ana (Ketua pondok), bahwasanya jumlah pemilih pemula di pondok pesantren Sirojut Tholibin, Srigading, Plosokandang sekitar 120 santriwati.

            Meskipun kegiatan sosialisasi ini diadakan pada bulan Ramadhan, nyatanya kegiatan yang sedang puasa tidak sedikitpun mengurangi antusiasme partisipan. Dalam menyampaikan materi sosialisasi, tim kami tidak mengalami kendala, karena respon positif dari santriwati membuat kegiatan sosialisasi ini berjalan lancar, bahkan tidak lupa kami saling melemparkan guyonan dan partisipan yang juga berstatus sebagai mahasiswi yang berjiwa muda dan kritis, sehingga penyampaian dari tim kami ada feedback dan tercipta pembicaraan dua arah antara tim sosialisasi dan partisipan.

            Pada sesi tanya jawab, dua orang partisipan melemparkan pertanyaan kepada tim kami. Pertanyaan pertama diberikan oleh Siti Roudhotul Jannah, pertanyaannya adalah mengenai  aplikasi KPU Tulungagung dan bagaimana menyikapi petugas PPDP ketika mejalankan tugasnya tidak sesuai dengan peraturan yang telah ditentukan. Dan pertanyaan kedua oleh Mbak Nurmas, yang menanyakan terkait yaitu status perantauan (Mahasiswa yang ngekos dan mondok) masih boleh memberikan hak suarannya. Dari semua pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik oleh tim.

            Kegiatan sosialisasi diakhiri dengan pemberian doorprize dari tim sosialisasi untuk santriwati yang berani maju kedepan untuk memberikan tanggapan terkait kegiatan sosialisasi ini. Dan lagi-lagi mbak Ana ketua pondok yang bersedia untuk memberikan tanggapan terkait kegiatan sosialisasi ini. Tidak lupa sebagai penyemangat tim kami memberikan yel-yel pilkada yaitu, pilkada-sukses, Tulungagung-Damai, Sing Nyoblos-Joss. Antusiasme dan semangat mereka terlihat saat mulai menyuarakan yel-yel yang diberikan oleh tim sosialisasi. (WAQ/IA/ R A)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>