Mahasiswa HTN melakukan magang di Kec. Wlingi Kab. Blitar

erikSemester lima telah usai, sesuai dengan kebijakan jurusan Hukum Tata Negara fakultas Syari'ah dan Ilmu Hukum IAIN Tulungagung dimana merupakan tempat saya menimba ilmu saat ini, guna mengisi liburan akhir semester lima maka patut bagi mahasiswanya untuk melaksanakan kegiatan magang selama kurang lebih 30 hari, termasuk saya sendiri tentunya. Mengenai tujuan instansi magang yang menentukan merupakan mahasiswa sendiri. Berhubung demikian saya memilih Kantor Kecamatan Wlingi, Blitar sebagai intansi yang ingin saya magangi. Mengapa demikian? Alasan utamanya karena saya ingin menimba pengalaman dan pengetahuan lebih mengenai wilayah domisili saya sendiri, yang notabene kecamatan Wlingi adalah kampung halaman saya.
Hari pertama magang saya dimulai tanggal 7 Januari 2019, dimana jam operasinal mulai pukul 07.00 sampai pukul 15.00 WIB. Mengawali hari pertama ini diisi dengan perkenalan, Alhamdulillah saya disambut baik oleh Bapak Drs. Eka Purwanta, MM selaku Camat beserta para staff kantor kecamatan. Pada hari pertama ini saya ditempatkan dibagian Kasubag Umum dan Kepegawaian tepatnya tempat diterimanya surat-surat yang masuk dan saya masih dibimbing dan diajari dalam proses dan prosedur penerimaan surat masuk sesuai administrasi. Untuk selanjutnya pada hari-hari minggu pertama masih ditempatkan dalam bidang yang sama tentunya saya berharap bisa lebih mahir daripada hari-hari sebelumnya.
Menginjak minggu kedua, selain masih diberi kepercayaan dalam penanganan bidang bagian Umum dan Kepegawaian, saya juga mulai diberi amanat untuk mengerjakan beberapa pencatatan barang-barang keperluan kantor dan melakukan pencatatan pembukuan untuk barang-barang inventaris lainnya. Untuk minggu ketiga, selain melaksanakan rutinitas seperti halnya pada minggu kedua, saya mendapat tugas untuk menyusun pemetaan pegawai dan membantu mengisi Musrenbang. Disitu saya dipercayakan dalam penyusunan daftar pegawai kantor kecamatan wlingi.
Sementara untuk minggu keempat kembali kerutinitas semula dalam bagian umum dan kepegawaian. Sampai pada berakhirnya magang pada tanggal 7 Februari 2019, yang mana saya harus mohon pamit dan kembali ke rutinitas sebagai mahasiswa untuk menempuh perkuliahan pada semester enam ini. Tentunya pengalaman yang saya dapat selama magang ini saya harap dapat berguna untuk menyambut masa depan ketika harus terjun dimasyarakat maupun dalam dunia kerja nantinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>