Mahasiswa HTN melakukan magang di PEMDA Tulungagung

SHEILATulungagung , 07 Januari 2019 tepatnya hari Senin, kami melaksanakan progam Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH) yaitu “Magang”. Diadakannya program magang ini bertujuan untuk mempersiapkan/ memperkenalkan mahasiswa secara langsung dengan situasi dunia kerja dan upaya sosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat. Kali ini kami melakukan magang di Pemerintahan Daerah Kabupaten Tulungagung tepatnya di Bagian Administrasi Pemerintahan Setda Kab. Tulungagung. Kehadiran kami disambut dengan hangat oleh Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan beserta staf-stafnya.
Jam masuk kerja di Pemerintahan Daerah Kabupaten Tulungagung diawali jam 07.00-16.00 WIB. Aktif hari kerja mulai hari Senin sampai dengan Jumat. Kegiatan setiap hari Senin sampai Kamis sebelum jam kerja kantor dimulai dengan dilaksanakannya Apel pagi bersama Pegawai dan Staf di PEMDA Tulungagung dan memakai pakaian atasan yang rapi dan sopan serta memakai jas almamater kampus IAIN Tulungagung. Hari pertama masuk magang di PEMDA Tulungagung kami awali dengan Perkenalan oleh beberapa Staf di Bagian Administrasi Pemerintahan Pemda. Minggu pertama, bersama Bapak Eko Nur Cahyono selaku staf Bagian Aparatur Desa kita Membuat salinan dan perekapan Surat Keputusan (SK) Bupati tentang Pemberhentian dan peresmian anggota Badan Permusyawaratan masa jabatan 2018-2024 Desa Se-Kabupaten Tulungagung, selanjutnya Merekap data sekertaris desa Se Kabupaten Tulungagung per Bulan Januari 2019 dan kami mengikuti kegiatan Rapat rapat dan notulensi tentang acara Pembentukan Panitia Pemilihan Kabupaten Tulungagung Pemilihan Kepala Desa Se Kabupaten Tulungagunng. Yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bagian Pemerintahan yang di pimpin oleh Bapak Yudi Irwanto selaku Kasubag Aparatur Pemerintahan Desa yang membahas tentang tata cara Pembentukan Panitia dan Tata cara Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa se Kabupaten Tulungagung.
Minggu kedua, setelah kemarin mengadakan rapat kami Membuat SK tentang Pembentukan Panitia Pemilihan Kabupaten Tulungagung Pemilihan Kepala Desa Se Kabupaten Tulungagunng. Lalu dihari berikutnya bersama Bu Nunik Selaku Staf di Bagian Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan Merekap data triwulan dari setiap kecamatan dan desa di Tulungagung sebagai arsip di input dalam komputer, mencakup pemasukan dan pengeluaran disemua desa dan kecamatan dan mengatur anggaran disetiap kegiatan dan kebijakan pemerintah.
Minggu ketiga, Membuat SK Rencana Kegiatan Bantuan Keuangan Desa Pemerintah Jawa Timur 2018, Rekapan data Triwulan Kecamatan Se-Kabupaten Tulungagung dan Revisi Susunan Organisasi dan Tata Kerja Pemerintahan Desa se kab. Tulungagung sesuai aturan Undang-Undang Pasal 4 tahun 2018,revisi SOTK guna agar SOTK sesuai dengan aturan yang berlaku. Minggu Keempat, kami membantu merekap data KTP dan NPWP Camat, Danramil dan Kapolsek guna melengkapi rekapan Evaluasi Penyelenggaraan Pemerintahan Desa dan Kelurahan.
Minggu kelima, kami diminta untuk menjadi notulensi dalam Rapat SOTK Peraturan Desa Yang dilaksanakan di Ruang Rapat Bagian Pemerintahan yang di pimpin oleh Pak Yudi Irwanto selaku Kasubag Aparatur Pemerintahan Desa yang membahas masalah tentang banyaknya perangkat desa yang belum bisa menjalankan komputer/IT yang mana di setiap desa sekarang ini perangkat Desa diharuskan bisa menjalankan Komputer, serta tata cara pengisian kekosongan jabatan perangkat desa dengan mutasi atau penjaringan, selanjunya kami Mengagendakan Surat Pelaksanaan Serah Terima Jabatan Bupati Tulungagung.
Tanggal 07 Februari 2019, itu lah hari terakhir kami melakukan magang di PEMDA ini. Di hari itu, kami berpamitan kepada bapak Usmalik selaku Kepala Bagian Administrasi Pemerintahan yang pertama kemudian berpamitan juga kepada para staf-stafnya.. Dari magang ini kami memperoleh banyak sekali ilmu-ilmu yang sebelumnya belum pernah kami ketahui, ataupun sebelumnya mengetahui tetapi hanya sebatas teori saja bukan realnya. Dan dari magang ini kami banyak belajar di 30 hari kami magang di PEMDA banyak pengalaman yang kami dapatkan serta kami juga belajar bahwa tugas kita bukanlah untuk berhasil. Tugas kita adalah untuk mencoba, darisitulah kita menemukan dan belajar membangun kesempatan untuk berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>