Salah satu Mahasiswa HTN lakukan magang di KPU Blitar

intan2Senin, 7 Januari 2019 merupakan hari pertama bagi Mahasiswa IAIN Tulungagung melakukan kegiatan magang di kantor KPU Kabupaten Blitar. Ternyata selain ada kegiatan magang, ternyata terdapat 4 mahasiswa yang hendak melakukan PPL di hari itu juga. Pagi-pagi sekali kami sudah datang dengan seragam hitam putih dan bersepatu hitam disertai dengan jas almamater kampus. Setibanya di kami semua langsung mendapatkan sambutan dari Kosmisioner serta pengarahan dari Kasubag Umum. Setelah pembagian tugas masing-masing, kami langsung berpencar untuk menyelesaikan tugas tersebut.
Disini kami mengikuti jam kerja sesuai kantor, yakni masuk pada hari Senin sampai hari Jumat dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 16,00 WIB. Namun terkadang jika ada kegiatan pada hari Sabtu dan Minggu juga tetap masuk. Pada setiap hari Jumat pagi, mahasiswa yang melakukan magang dan PPL wajib melakuka evaluasi bersama Komisioner berkenaan dengan kegiatan yang telah dilakukan disetitap minggunya.
Karena saat itu hanya saya yang melakukan magang, jadi saya ditempatkan di ruangang yang berbeda dengan kawan-kawan lainnya. Di minggu pertama saya ditempatkan di bagian hukum yang kebetulan stafnya baru keluar dikarenakan terpilih menjadi kepala desa. Jadi secara otomatis cukup banyak pekerjaan yang belum terselesaikan, apalagi kala itu pasca pelantikan dan pengangkatan PPK. Jadi selama satu minggu penuh saya membantu mengerjakan Surat Keputusan serta Berita Acara pelantikan dan pengankatan PPK.
intanDi minggu kedua, KPU tampak tak seperti biasanya. Kali ini saya dimintai bantuan oleh bagian teknis untuk mengecek kelengkapan berkas para pendaftar Relawan Demokrasi 2019. Dari 100 orang pendaftar KPU hanya membutuhkan 55 orang saja, jadi kali ini komisoner cukup memperketat penyeleksian. Setelah berkas para pendaftar lengkap mereka langsung melakukan tes wawancara. Pada tahap tes wawancara ini, komisioner mengestes public speaking dengan cara menyuruh para peserta untuk mempersentasikan tentang wawasan pemilu dan hal apa yang akan dilakukan apa saja yang akan dilakukan ketika terpilih menjadi Relawan Demokrasi.
Pada minggu ketiga KPU mulai sibuk dengan bimbingan teknis untuk Relawan Demokrasi 2019. Kali ini tidak hanya saya saja yang terlibat dalam membantu acara tersebut, kawan-kawan PPL pun juga ikut terlibat. Bimbingan teknis dilakukan selama tiga kali dengan dua tempat yang berbeda. Bimbingan pertama dilakukan di Rumah Makan Cipta Rasa yang beralamat di jalan raya Pojok Garum dengan tugas pertama langsung terjun ke lapangan sesuai dengan basis masing-masing untuk mengetahui sejauh mana pegetahuan masyarakat mengenai Pemilu 2019 ini. Setelah diberi waktu kurang lebih 2 jam, para Relawan mempersentasikannya di depan komisioner. Pada bimbingan teknis yang kedua dan ketiga dilakukan di Kampung Coklat yang ada di Kademangan. Kali ini bimbingan diberikan langsung oleh para Komisioner KPU Kabupaten Blitar serta Komisioner dari KPU Provinsi Jawa Timur.
Di minggu terakhir KPU Kabupaten Blitar mulai sibuk dengan persiapana pengecekan laporan yang akan diadakan di pertengahan Februari. Kami semua dimintai tolong oleh bagian umum untuk mengecek laporan semua laporan di bulan Januari. Dan di minggu terakhir ini pula kami semua akan melakukan perpisahan dengan KPU Kabupaten Blitar. Tepatnya pada hari Senin, 11 Februari 2019 kami melakukan perpisahan Komisioner serta seluruh staf KPU Kabupaten Blitar. Meskipun acara perpisahan ini sempat diundur karena seluruh Komisioner sibuk mengurus kedatangan surat suara, namun tidak mengurangi rasa kekhidmatan dalam acara tersebut. Bahkan salah satu Komisioner sempat meneteskan air mata dalam acara perpisahan ini. Disini kami semua mengucakap rasa terimakasih kepada semuanya karena telah diberikan kesempatan yang sangat luar biasa karena dapat bergabung di KPU Kabupaten Blitar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>