Sejarah Program Studi Hukum Tata Negara

Pasca IAIN Tulungagung mengalami metamorfosis dari STAIN, IAIN Tulungagung melakukan gebrakan dalam melakukan pengembangan akademik dengan membuka satu program studi baru pada Fakultas Syariah dan Ilmu Hukum (FASIH), yaitu Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah). Izin penyelenggaraan Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) ditetapkan melalui Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia Nomor 4627 Tahun 2015 tanggal 13 Agustus 2015. Pembukaan Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) selain merupakan bagian dari pengembangan akademik di IAIN Tulungagung, juga didorong pengembangan minat masyarakat untuk masuk di IAIN Tulungagung. Launching Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) dilakukan pada tanggal 15 Oktober 2015 dengan menghadirkan salah satu Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Republik Indonesia, Dr. Wahiduddin Adams, SH. M.A.

Dibukanya Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah), pada dasarnya adalah sebagai upaya untuk memenuhi tuntutan masyarakat dalam menyiapkan sumber daya manusia (SDM) yang kompeten di bidang keilmuan Hukum Tata Negara (Siyasah) baik pada tataran teori maupun praktik. Dalam penegakan hukum, selain peraturan dan sistem yang baik dalam sebuah negara, juga dibutuhkan aparatur hukum yang cakap, jujur, dan amanah. Program Studi Hukum Tata Negara (Siyasah) diharapkan berperan aktif dalam melahirkan SDM yang akan memberikan kontribusi dalam penegakan hukum khususnya di bidang Hukum Tata Negara. Program studi ini menerima calon mahasiswa dari lulusan SMA, MA, dan Pesantren yang ingin menjadi praktisi hukum di lingkungan Pengadilan Agama dan Pengadilan Negeri, mediator atau arbiter, legal officer, konsultan syariah, legal drafter, tenaga fungsional dan administrator di berbagai lembaga pemerintahan, dan peneliti pemula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>