Home » Pusat Studi

Categories

Pusat Studi

Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam, Fakultas Ushuluddin Adab dan Dakwah, Institut Agama Islam Negeri Tulungagung berkomitmen untuk memberikan bekal soft skill dan hard skill kepada para mahasiswa. Salah satu upaya untuk mencapai komitmen tersebut dilakukan dengan membentuk pusat studi. Pusat Studi Pengembangan Media Desa merupakan tempat yang digunakan untuk mengakomodir kebutuhan civitas akademika Program Studi Komunikasi dan Penyiaran Islam untuk mengembangkan keilmuan dan berkontribusi pada pengembangan masyarakat desa. Pengembangan media desa sendiri memiliki urgensi yang cukup signifikan dewasa ini. Perkembangan teknologi informasi membuka peluang bagi desa untuk menunjukkan potensi yang dimiliki. Dengan bantuan teknologi informasi, desa dapat membuat media yang mampu menjadi etalase mereka di dunia daring. Ketersediaan informasi tentang desa di ranah daring adalah langkah awal. Tidak menutup kemungkinan publikasi desa terjadi lebih massif dengan bantuan media mainstream yang sedang mencari informasi tentang sebuah keunggulan tertentu. Desapun juga dapat menciptakan public sphere dan mendeliberasikan informasi public kepada warganya melalui media yang mereka bentuk dan kelola secara mandiri.

Pusat Studi Pengembangan Media Desa (PSPMD) IAIN Tulungagung merupakan lembaga riset dan kajian yang bersifat akademis, sosial dan non profit yang fokus pada pengembangan media desa. PSPMD berdiri pada Senin, 04 Desember 2017 di Tulungagung, Jawa Timur, Indonesia. Pusat studi ini merupakan lembaga dibawah bendera Institut Agama Islam Negeri Tulungagung. PSPMD Hal ini dilakukan melalui penguatan sumber daya manusia dan sarana prasarana pendukung media desa. Pusat Studi Pengembangan Media Desa (PSPMD) IAIN Tulungagung dalam kegiatannya memiliki focus pada Pengembangan Kapasitas (capacity building), riset dan studi, dan membentuk jaringan kerja komunitas media di desa. PSPMD berkomitmen mendorong percepatan pembangunan desa didukung SDM yang mumpuni dan media desa yang informatif.

VISI
Menjadi Lembaga Kajian Terdepan dalam Pengembangan Media Perdesaan Secara Berkelanjutan
MISI
1. Mengembangkan strategi yang inovatif dalam pengembangan potensi media pedesaan di Indonesia.
2. Mengembangkan kajian-kajian dibidang media yang berorientasi pada peningkatan kesejahteraan masyarakat desa di Indonesia.
3. Mengembangkan kajian-kajian di dalam peningkatan infrastruktur media untuk membantu terciptanya informasi yang luas kepada masyarakat perdesaan di Indonesia.
4. Mengembangkan konsep kerjasama antar lembaga dalam bekerja sama untuk percepatan pembangunan media perdesaan di Indonesia.

Informasi lebih lanjut tentang pusat studi ini dapat dilihat disini