KADERISASI KEPEMIMPINAN PENDIDIKAN Reportase MAKRAB (Malam Keakraban) Jurusan Manajemen Pendidikan Islam

 

IMG-20181010-WA0017

Suatu momen penting disetiap awal masuk para mahasiswa baru bagi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam yaitu Makrab (malam keakraban) yang dibungkus dengan acara diklat Kaderisasi Kepemimpinan Pendidikan dengan mengambil tema “Membangun Jiwa Kepemimpinan Guna Menciptakan Generasi yang Berpendidikan, Berkualitas dan Bermartabat”  yang diselenggarakan pada hari Sabtu-Minggu, 1-2 September 2018 berempat di Pantai Gemah, Tulungagung selatan. Yang mana acara tersebut adalah ajang pengenalan untuk saling berbaur atau mengenal dan akrab antara anggota yang lama dari kakak tingkat Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dengan mahasiswa baru.

Kegiatan ini dimulai dari hari Sabtu pagi hingga minggu siang, acara ini  berlangsung sangat meriah dan punya makna yang mendalam. Kegiatan ini diikuti oleh kurang lebih 90 peserta dari mahasiswa baru dan 30 dari panitia. Kegiatan pun dimulai dengan berkumpul di halaman kampus IAIN Tulungagung dan dihantar langsung oleh Ketua jurusan Manajemen Pendidikan Islam.

 IMG-20181010-WA0024

Peserta tiba ditempat lokasi tepat pada pukul 11.00 WIB. Para peserta pun segera bersiap-siap menempati tempat yang sudah disediakan oleh panitia. Kegiatan makrab ini bersifat formal dan ada juga yang bersifat informal. Upacara pembukaan dilaksanakan pada pukul 13.00 WIB. Kemudian dilanjutkan dengan acara inti yaitu penyampaian materi-materi, materi pertama yaitu materi kepemimpinan pendidikan islam yang di isi oleh Muhammad Sandho Busaeri perwakilan dari HMJ MPI. Beliau merupakan salah satu anggota Himpunan Mahasiswa Jurusan Manjemen Pendidikan Islam dan saat ini menjabat sebagai Koordinator dari Bidang Penelitian dan Pengembangan. Latarbelakang ilmu kepemimpinan  dan berbagai pengalaman yang dimiliki Sandho, melengkapi dan menambah keistimewaan pada sajian materi dalam acara tersebut. Sangat banyak pengalaman yang beliau dapat dari oganisasi ekstra maupun intra kampus, karna sekarang dia juga menjabat sebagai ketua umum UKM Teater Pro-test.

kaderisasi (3)

Yang tidak kalah menarik, acara ini juga dihadiri oleh jajaran pengurus IMMAPSI (Ikatan Mahasiswa Manajemen/ Administrasi Pendidikan Manajemen Pendidikan Islam Seluruh Indonesia) yang datang dari berbagai daerah dan asal kampus yang berbeda. Yang paling utama adalah ketua umum IMMAPSI wilayah 3 Jatim yaitu Atik Nadhiroh mahasiswi asal Universitas Islam Negeri Sunan Ampel (UINSA).

Dalam acara kaderisasi kepemimpinan pendidikan ini pihak IMMAPSI Wilayah 3 Jawa Timur melakukan sosialisasi mengenai IMMAPSI yang dalam hal itu disampaikan oleh saudara Muhammad Nur Halim mahasiswa asal UIN Maulana Malik Ibrahim Malang. Dalam penjelasannya halim mengatakan bahwa IMMAPSI meruapakan perkumpulan dari mahasiswa MP,AP dan MPI S1 yang ada di Indonesia. Di IMMAPSI Wilayah 3 Jawa Timur ini tidak hanya di ikuti oleh kampus-kampus yang berbasis islam namun juga di ikuti kampus umum seperti Universitas Brawijaya Malang, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Surabaya.

Problematika Kaderisasi Kepemimpinan Pendidikan dikupas secara cerdas oleh para pemateri. Pemateri mengucapkan bahwasanya jangan sampai keinginan ataupun cita-cita kita nantinya terpacu hanya menjadi seorang Kepala Sekolah, dan hiraukan kicauan orang yang mana lulusan dari Manajemen Pendidikan Islam nantinya hanya bekerja sebagai petugas Kantor TU. Mengapa demikian karena menurut pemateri lulusan kita untuk mendapatkan itu sangatlah mudah, untuk menjadi petugas TU pun seorang anak SMA bisa lalu kenapa kita harus menimba ilmu di MPI, maka dari itu paling tidak skala keinginan kita itu harusnya di level Mentri Pendidikan, Konsultan pendidik, Supervisor dan lain sebagainya. Beliau juga memberi motivasi bahwasanya “Berjalan tak sesuai rencana adalah jalan sudah biasa,  jalan satu-satunya adalah jalani sebaik yang kau bisa”.-AM

Oleh : Alfin Muhammad M.D

TEBARKAN SENYUMAN TABURKAN KEBAIKAN Reportase Kegiatan Bakti Sosial Desa Jabon Kalidawir Tulungagung

bakti sosial (1)

Masih dalam suasana peringatan Dies Maulidiyah yang ke-3, mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung telah sukses mengadakan kegiatan sosial yang berupa Bakti Sosial atau Baksos yang diselenggarakan pada hari Minggu, 20 Mei 2018 di desa Jabon kecamatan Kalidawir kabupaten Tulungagung.

Kegiatan ini dimulai pada pukul 08.00 WIB dengan membersihkan area masjid Al-Ma’arif desa Jabon. Antusias para mahasiswa dalam kegiatan kali ini pun begitu luar biasa. Drs. H. Masduki, M.Ag. selaku Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Islam sangat mengapresiasi mahasiswa dan memberikan dukungan terhadap jalannya kegiatan ini. Meskipun acara dilaksanakan pada bulan ramadhan, tetapi para mahasiswa tetap semangat dalam mensukseskan kegiatan tersebut.

Selain itu, warga sekitar sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan yang diadakan oleh para mahasiswa IAIN Tulungagung ini. Dengan adanya kegiatan positif seperti ini diharapkan mampu menumbuhkan jiwa dan semangat gotong royong yang merupakan budaya bagsa yang sudah ada sejak nenek moyang kita, karena gotong royong merupakan sebuah ciri khas kepribadian bangsa Indonesia. Gotong royong juga merupakan suatu kerja sama untuk menyelesaikan sesuatu atau pekerjaan tertentu yang dianggap berguna untuk kepentingan bersama.

Melalui kegiatan ini para mahasiswa dapat mengaplikasikan ilmu-ilmu yang telah mereka peroleh dari bangku kuliah, yaitu ilmu manajemen. Karena perlunya suatu kerja sama dan pembagian tugas antar mahasiswa agar sesuatu pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik dan sesuai dengan yang diharapkan. Selain itu dalam kegiatan ini pun kita diajarkan untuk selalu menjaga kebersihan seperti pepatah mengatakan bahwa kebersihan adalah sebagian dari pada iman. Tak hanya membersikan masjid, para mahasiswa pun juga membersihkan makam yang ada di area masjid.

 bakti sosial (2)

Adapun kegiatan bakti sosial yang lainnya yaitu berupa pemberian bantuan sembako kepada masyarakat kurang mampu yang berada di wilayah sekitar masjid Al-Ma’arif Jabon. Bantuan ini berasal dari infaq seluruh mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam yang dilaksanakan setiap minggunya pada hari kamis dan kemudian disalurkan setiap tiga bulan sekali melalui kegiatan Bakti Sosial.

Kebahagiaan yang tak bisa diungkapkan hanya dengan kata-kata menyelimuti keluarga bapak Paeran salah satu penerima bantuan Bakti Sosial. Bapak Paeran yang hanya tinggal bersama dengan istrinya itu menderita penyakit stroke beberapa bulan terakhir ini. Kondisi fisiknya pun sangat memprihatinkan dengan pendengaran yang sudah tidak lagi seperti di usia muda dulu. Namun istri beliau yang tetap sabar dan telaten dalam merawat suaminya yang hanya bisa terbaring di kamar. Kebahagiaan jelas terlihat diraut wajah beliau berdua ketika menerima bantuan ini. Kata syukur pun selalu keluar dari mulutnya.

 bakti sosial (3)

Tak hanya keluarga bapak Paeran, salah satu keluarga lain yang menerima bantuan sembako yaitu keluarga bapak Sumari. Beliau telah lama tidak bisa berjalan, sehingga untuk duduk pun beliau dibantu oleh saudaranya. Sekarang ini beliau dirawat oleh sanak keluarganya dikarenakan anak-anaknya sudah berkeluarga dan tinggal jauh darinya. Meskipun sudah tidak mampu berjalan namun bapak Sumari tetap semangat dalam menjalani hari-harinya. Kebahagiaan terpancar jelas diwajah beliau tatkala para mahasiswa mengunjungi kediamannya.

Dengan adanya bantuan Bakti Sosial ini diharapkan dapat memberi manfaat yang berarti baik kepada mahasiswa maupun masyarakat. Dan kedepannya semoga Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung tetap mampu berbagi kebahagiaan dan tetap menabur kebaikan kepada masyarakat.-AHJ

 

Oleh: Aulia Hidayatul Jamilah

KONSER BERBAGI KEBAIKAN DIESMAULIDIYAH KE 3 JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM IAIN TULUNGAGUNG

konser amal (1)

Masih dalam rangkaian acara Dies Maulidiyah Ke 3 Jurusan Manajamen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung dan Bakti Sosial, Konser Amal di Desa Jabon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungagung. yang bertemakan “Menjalin Sinergi, Menumbuhkan Solidaritas, Demi Terwujudnya Insan yang Berkualitas”. Acara Dies Maulidiyah ke 3 ini dibuka pada tanggal 19 Mei 2018 oleh Bapak Dr. Muniri, M.Pd. selaku Wakil Dekan 3 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, dan bertempat di Auditorium Gedung Arif Mustaqim IAIN Tulungagung.

Hari kedua rangkaian acara Dies Maulidiyah Jurusan Manajamen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung Ke-3  pada tanggal 20 Mei 2018 yang bertepatan tanggal 03 Ramadhan 1439 H Pukul 16.00 WIB sampai dengan pukul 18.00 WIB, bertempat di Desa Jabon Kecamatan Kalidawir Kabupaten Tulungangung, Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung telah melaksanakan Konser Amal dan Bagi Ta’jil. Acara ini bekerja sama dengan Grup Calung Kidung Budaya Santri, IPNU & IPPNU ranting Jabon, MUSLIMAT NU ranting Jabon, dan Karang Taruna Desa Jabon.

Acara Konser Amal dan Bagi Ta’jil ini bertujuan untuk melestarikan dan mengenalkan budaya musik Indonesia, melatih jiwa sosial, dan menjalin sinergisitas antara Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dengan Grup Calung Kidung Budaya Santri, IPNU & IPPNU ranting Jabon, MUSLIMAT NU ranting Jabon, dan Karang Taruna Desa Jabon dengan masyarakat Desa Jabon dan sekitarnya.

Acara Konser Amal dan Bagi Ta’jil ini dimulai dengan alunan musik dari Grup Calung Kidung Budaya Santri yang sangat mempesona dan menarik perhatian masyarakat sekitar sehingga menimbulkan kemacetan dilokasi. Bersamaan dengan konser amal, panitia membagikan Sekitar 500 bungkus ta’jil yang dibagikan pada acara tersebut, seluruh ta’jil tersebut berasal dari IPNU & IPPNU ranting Jabon, Muslimat NU ranting Jabon, Karang Taruna Desa Jabon dan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung.

Antusias masyarakat Desa Jabon dan sekitarnya terbilang sangat tinggi, sehingga Hanya dalam waktu sekitar 1 jam, 500 ta’jil yang disediakan panitia telah habis dibagikan kepada warga yang melintas dilokasi konser amal.

konser amal (2)

Pada acara tersebut Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung juga melakukan penggalangan dana yang nanti akan disalurkan ke program Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung yaitu “Gerakan Sejahtera Mahasiswa Mananjemen” yang biasa disebut dengan GETARAN. Program GETARAN merupakan gerakan sosial Mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam dalam membantu masyarakat kurang mampu.

 konser amal (3)

Acara Konser Amal dan Bagi Ta’jil ini juga dihadiri oleh Bapak Dr. Khoirul Anam, M.Pd.I selaku Wakil Dekan 2 Fakultas Tarbiyah Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung yang kebetulan rumah beliau dekat dengan lokasi acara Konser Amal dan Bagi Ta’jil. Pak Khoirul Anam juga mengapresiasi kegiatan ini dan beliau juga berharap setiap tahunnya diadakan acara serupa.

konser amal (4)

Acara Dies Maulidiyah Jurusan Manajemen Pendidikan ke 3 hari kedua ini tergolong sukses, bisa dilihat dari antusias masyarakat dan lancarnya acara. Semoga dengan acara ini tercipta sinergisitas Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung dengan organisasi masyarakat diluar kampus menjadi lebih baik. Dan efeknya bisa dirasakan oleh masyarakat.

Diusia ke 3 ini semoga Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung menjadi lebih baik, lebih maju dan sukses, serta dapat mencetak lulusan yang dapat berguna bagi masyarakat dan kemajuan Pendidikan Di Indonesia.-AM

Oleh : Muhammad Ardli Mubarok

Menjalin Sinergi Menumbuhkan Solidaritas Demi Terwujudnya Insan Yang Berkualitas Diesmaulidiyah ke- 3 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung

 milad 2018 (1)

Di era globalisasi seperti ini tentunya semua sudah mengenal atau mengetahui dan mengeri tujuan di adakanya milad atau dies maulidiyah. Mungkin tidak banyak orang mengerti jurusan kami yakni jurusan Manajemen Pendidikan Islam tapi siapa sangka jurusan yang tidak banyak di ketahui orang ini telah merayakan milad atau dies maulidyah yang ke-3.  Dalam suatu jurusan pastinya ada suatu peringatan yakni tentang hari lahir nya atau Dies maulidiyah suatu jurusan tersebut. Dies maulidyah pada umumnya merupakan suatu bentuk apresiasi terhadap mahasiswa dalam memperingati hari lahir jurusan. Sebagai mahasiswa yang peduli dengan peran penting generasi muda akan moralitas dan pengembangan potensi, maka dari itu himpunan mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung menyelenggarakan kegiatan dies maulidyah ke-3 Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dengan tema “menjalin sinergi, menumbuhkan solidaritas, demi terwujudnya insan yang berkualitas”.

Tujuan diadakannya Dies maulidiyah jurusan yaitu untuk memperingati hari lahir Jurusan Manajemen Pendidikan Islam dan menjalin kebersamaan antar mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Terjalinya kebersamaan antara mahasiswa diharapkan mampu mengembangkan potensi yang ada pada diri individu mahasiswa. Selain itu dengan di adakannya acara tersebut  mahasiswa akan muncul rasa simpati dan solidaritas terhadap sesama mahasiswa.

Perayaan atau Peringatan hari lahir Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung diselenggarakan pada hari sabtu 19 Mei 2018 yang bertempat di Auditorium Gedung Arif Mustakim IAIN Tulungagung. Dalam peringatan ini dihadiri oleh Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan, dosen-dosen Manajemen Pendidikan Islam, dan Kerjasama Dr. Muniri, M.Pd. selain sebagai tamu undangan beliau juga sekaligus membuka acara Diesmaulidiyah ke- 3 dan Bakti Sosial yang ditandai dengan pemukulan gong. Dalam sambutannya, Wakil Dekan 3 FTIK menyampaikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa atas terselenggaranya diesmaulidiyah ke- 3 dan bakti sosial.

milad 2018 (2)

Setelah acara milad atau dies maulidyah dibuka, di lanjutkan dengan acara-acara yang telah di susun oleh Himpunan Mahasiswa jurusan manajemen Pendidikan Islam salah satunya ialah acara yang telah di lakukan turun temurun oleh Mahasiswa yaitu “potong tumpeng”. Sebelum acara inti tersebut di laksanakan ada serangkaian acara salah satunya acara yang di laksanakan di aula gedung Arif mustakin yaitu lomba tumpeng. Dalam acara tersebut anggota HMJ melibatkan semua mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam mulai dari semester 1 hingga semester 5. setiap kelas diharuskan mengikuti lomba tersebut,  lomba tumpeng berisi 5 orang perwakilan sebagai penghias tumpeng tersebut, dan sebagian mahasiswa juga harus menampilkan pensi guna untuk menghibur tamu undangan dan mahasiswa yang hadir di acara tersebut. Setelah 2 jam berlalu akhirnya acara perlombaan berakhir dan di lanjutkan acara selanjutnya yaitu sholat magri berjama’ah yang di imami oleh salah satu mahasiswa MPI setelah sholat magrib berakhir waktu acarainti dan pengumuman pemenang lomba tumpeng di umumkan. Pemenang dibagi menjadi 3 yaitu juara 1, 2, dan 3.

Turut hadir dalam acara inti pemotongan tumpeng iyalah beliau bapak Dr. Agus zaenul Fitri, M.Pd. Dan di lanjutkan dengan buka bersama seluruh mahasiswa MPI. Setelah buka bersama selesai kita semua melakukan sholat isya dan tarawih bersama yang di pimpin oleh ketua jurusan Manajemen Pendidikan Islam Drs. H. Masduki, M.Ag.

Acara milad atau dies maulidyah tidak hanya itu masih ada banyak acara yang di adakan saat memperingati milad salah satunya yaitu bakti sosial, gerakan sejahtera mahasiswa manajemen (getaran),  konser amal, dan bagi takjil sekaligus menutup acara milad atau dies maulidyah jurusan manajemen Pendidikan Islam.

Oleh: Kartika Mei W dan Fitria Nur A

STUDI KOMPARATIF HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM DI UIN SUNAN AMPEL SURABAYA

studi komperatif (1)

Bulan Mei lalu, tepatnya tanggal 11 Mei 2018, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung mengadakan studi komparatif di UIN Sunan Ampel Surabaya. Kegiatan ini merupakan momen yang bersejarah, karena baru pertama kali diadakan selama HMJ MPI IAIN Tulungagung berdiri. Kegiatan ini merupakan salah satu progam kerja dari divisi pendidikan HMJ MPI IAIN Tulungagung. Yang bertujuan untuk menjalin silaturrahim dan sinergitas mahasiswa MPI dikedua pihak, serta memajukan kampus dengan saling bertukar pengalaman. Tidak hanya itu, kedua pihak menjadi saling kenal dan diharapkan bisa berhubungan baik seterusnya.

Kegiatan ini diketuai langsung oleh koordinator divisi pendidikan HMJ MPI IAIN Tulungagung, yaitu saudara Muchlis yang saat ini sedang duduk dibangku kuliah semester 5 jurusan MPI. Peserta yang berangkat studi komparatif ini berjumlah 15 orang, yang semuanya merupakan anggota HMJ MPI IAIN Tulungagung. Dari pihak UIN Sunan Ampel sendiri menyambut dengan sangat baik, karena disambut langsung oleh kepala prodi dan kepala jurusan MPI, serta wakil dekan fakultas tarbiyah dan keguruan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Peserta yang mengikuti studi komparatif sangat antusias dalam kegiatan ini, karena pengalaman yang diperoleh Himpunan Mahasiswa Prodi UIN Sunan Ampel Surabaya sangat banyak, sangat bebeda dan sangat berguna bagi HMJ MPI IAIN Tulungagung. Begitu juga dengan pihak HMP MPI UIN Sunan Ampel, mereka juga sangat antusias dalam mendengarkan presentasi dari ketua tentang pengalaman yang diperoleh HMJ MPI IAIN Tulungagung selama 2 periode kepengurusan.

 studi komperatif (2)

Dalam acara ini, banyak hal yang disharingkan dikedua pihak, mulai dari kepengurusan, keuangan, keanggotaan dll, yang mana kedua pihak saling belajar demi memajukan organisasinya masing-masing. Problematika organisasi dibahas tuntas dan diberikan solusi yang mantab oleh peserta maupun undangan yang hadir. Pemikiran dari pihak UIN Sunan Ampel Surabaya sudah maju, tentu saja benar adanya karena sudah berdiri lama dibandingkan dengan jurusan MPI IAIN Tulungagung yang masih berumur 2 tahun ini.

Pihak UIN Sunan Ampel Surabaya mengemukakan bahwa kunci organisasi itu adalah kejasama yang baik antar anggota. Tanpa itu, sebuah organisasi tidak akan berjalan dengan mulus. Selama ini hal itulah yang diterapkan oleh HMP MPI UIN Sunan Ampel Surabaya. Tentu tidak hanya itu, seorang pemimpin yang aktif dalam mengurus organisasi sangatlah mempengaruhi jalannya organisasi.

Selain 2 faktor di atas, ada faktor lain yang mempengaruhi jalannya organisasi, yaitu faktor lingkungan. Faktor ini mempengaruhi jalannya organisasi karena dengan lingkungan yang baik dan mendukung, sebuah organisasi juga akan berjalan dengan baik pula. Meskipun begitu, tanpa adanya manajemen yang baik, semua itu tidak akan berjalan maksimal.

studi komperatif (3)

Salah seorang peserta dari HMJ MPI IAIN Tulungagung yaitu Hasyim mengemukakan bahwa: “Studi komparatif ini sangat berguna, dari sini saya mendapat pengalaman yang luar biasa bagus. Saya bisa membandingkan apa saja hal yang bisa saya terapkan di organisasi di sini (HMJ MPI IAIN Tulungagung). Tidak hanya itu, saya menjadi tahu bagaimana mengelola acara agar bisa berjalan dengan baik.” Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa kegiatan ini sangat berguna bagi HMJ MPI IAIN Tulungagung. Sangat banyak ilmu yang bisa didapatkan melalui kegiatan ini. semoga problematika yang sebelumnya sulit diatasi, bisa mudah diatasi berkat adanya kegiatan ini.

Alhamdulillah, kegiatan ini berjalan dengan lancar dan diharapkan bisa memberikan ilmu yang bermanfaat  bagi peserta yang hadir dan bisa disalurkan kepada generasi selanjutnya. Sehingga melahirkan generasi yang lebih baik dan tidak tertinggal oleh perkembangan zaman.

 

Oleh : M. Muchlis Irfanudin

Musyawarah tahunan ke-2 (MUSTA) Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam 2017

musta 2 (1)

Musyawarah Tahunan (MUSTA) merupakan salah satu agenda tahunan yang di lakukan oleh keluarga besar mahasiswa (KBM) yang sudah menjadi  kebijakan  (SEMA-I) Senat mahasiswa institut. Untuk melakukan reorganisasi di dalam sebuah lembaga organisasi kemahasiswaan di kampus IAIN TULUNGAGUNG.  Di dalam rangkaian acara tersebut seluruh warga jurusan hadir dalam agenda tersebut guna berpartisipasi dalam menentukan pilihan mencari sosok yang mampu dan tepat untuk memimpin organisasi kemahasiswaan yang berada di tingkat jurusan. Dalam acara musyawarah tahunan (MUSTA) akan ada perwakilan dari pengurus SEMA-I yang bertindak sebagai peninjau dalam rangkaian acara tersebut, serta memastikan bahwa acara musywarah tahunan tersebut dapat berjalan dengan lancar.

Pada tanggal 23 desember 2017, Himpunan Mahasiswa jurusan Manajemen Pendidikan Islam (HMJ MPI). Melaksanakan musyawarah tahunan yang ke-2. Agenda tersebut dilaksanakan di auditorium Unit Kegiatan Mahasiswa IAIN TULUNGAGUNG.

Pada rangkaian agenda tersebut di hadiri oleh seluruh warga jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI). Serta di hadiri oleh ketua SEMA-I, ketua jurusan MPI bapak Drs.Hj. MASDUKI, M.Ag. beliau datang guna membuka acara tersebut serta memberikan nasehat kepada seluruh warga jurusan MPI,beliau berpesan.  “setiap organisasi merupakan cerminan dari sebuah anatomi tubuh yang saling berkesinambungan satu sama lain, sosok pemimpin di ibaratkan sebagai kepala dia menjadi posisi yang paling atas dalam menentukan setiap kebijakan yang akan di tentukan oleh organisasi, akan tetapi seorang pemimpin tidak bisa bertindak sendiri dalam menjalankan roda organisasi. Dia juga membutuhkan bantuan dari seluruh bagian tubuh yang lain. (anggota struktural organisasi). Maka dari itu, dalam menjalankan organisasi kita semua harus bertindak sebagai suatu komponen yang saling berhubungan secara interaktif,sistematis dan terorganisir dengan baik, seperti yang sudah ada dalam fungsi manajemen (POAC)tugas kita untuk menjalankan funfsi manajemen dengan baik” . ujar beliau ketika menyampaikan sambutan dalam acara tersebut.

Berjalan nya acara musyawarah tahunan himpunan mahasiswa jurusan manajemen pendidikan islam dalam menentukan pemilihan ketua umum yang baru pada periode 2017-2018. Pada kesempatan itu ketua umum HMJ MPI periode 2016-2017 saudara M. Ali Ma’sum yang bertugas sebagai pimpinan sidang musyawarah tahunan tersebut, serta saudara M. Nabila Hilmi yang bertugas sebagai sekretaris pimpinan sidang. Dalam rangkaian acara sidang dalam musyawarah tahunan HMJ MPI tersebut.

Pada tanggal 23 desember 2017 pukul 14.00 WIB telah di pilih secara musyawarah dan mufakat yang telah di sepakati oleh seluruh peserta sidang yang terdiri dari seluruh warga jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Serta sudah di putuskan bahwa saudara Dian Santoso resmi menjadi ketua umum HMJ MPI periode 2017-2018. Setelah terpilih ketua umum, HMJ MPI membentuk tim formatur guna membahas penataan struktural di HMJ MPI. Untuk melakukan perencanaan dalam melaksanakan setiap program-progam dalam kepengurusan HMJ MPI periode 2017-2018.

 musta 2 (2)

Pada tanggal 5 maret 2018, pengurus HMJ MPI sudah resmi di lantik di auditorium gedung Arif Mustakim dengan tema “Satukan Hati, Samakan Persepsi dan Padukan Aksi” . Dalam struktural Badan Pengurus Harian (BPH) HMJ MPI, saudara Dian Santoso sebagai ketua umum, Muh. Fandi Fabelan sebagai wakil ketua, Ahmad Kholil sebagai skretaris 1, Catur Wiwin P, sebagai skretaris 2, Rosyid Aji P. Sebagai Bendahara 1, dan Asifatin Nuril M, sebagai bendahara 2. dalam pelantikan pengurus HMJ MPI berlangsung secara tertib dan lancar, serta mendapat partisipasi dari Dekan fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan (FTIK). Ketua jurusan MPI, serta seluruh warga jurusan Manajemen Pendidikan Islam dan lembaga-lembaga intra kampus lainya.

Oleh: M.Sandho.B

BERFIKIR KREATIF AWAL DARI PEMIMPIN KREATIF Reportase Seminar Nasional Kepemimpinan Kreatif Bersama Sabrang MDP & Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd.

semnas (1)

Suatu momen yang bersejarah dan membanggakan bagi IAIN Tulungagung dan Jurusan Manajemen Pendidikan Islam khususnya atas terselenggaranya Seminar Nasional Kepemimpinan Kreatif yang diselenggarakan pada hari Sabtu, 7 Desember 2017 bertempat di Auditorium Utama IAIN Tulungagung.

Momen spesial ini salah satunya berasal dari narasumber spesial yang dihadirkan dalam seminar tersebut. Yakni Putra sulung dari budayawan Emha Ainun Nadjib, yang lebih pouler dengan sebutan Noe Letto, atau yang memiliki nama asli Sabrang Mowo Damar Panuluh. Merupakan figur yang sudah malang melintang dalam dunia entertainment, seni dan budaya di Indonesia. Selain itu, Sabrang juga memiliki latar belakang kepemimpinan dalam kiprahnya menjadi wakil ketua LESBUMI (Lembaga Seni Budaya Muslim Indonesia ) Nahdlatul Ulama’, serta banyak telah menjadi narasumber dalam seminar maupun sarasehan yang berbagai macam jenis topik pembicaraannya.

Turut dihadirkan pula Dr. Agus Zaenul Fitri, M.Pd. dosen IAIN Tulungagung yang diminta untuk menjadi pemateri kedua, berkolaborasi dengan Mas Sabrang. Beliau merupakan salah satu dosen IAIN Tulungagung yang memiliki pengalaman studi internasional, serta rekam jejak sebagai pembicara di berbagai kampus di Indonesia. Basic ilmu manajemen dan berbagai pengalaman yang dimiliki Bapak Agus, melengkapi dan menambah keistimewaan pada sajian utama dalam seminar tersebut.

Para tamu undangan yang hadir diantaranya ialah, Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu keguruan (FTIK) Dr. H. Abdul Aziz, M.Pd.I didampingi oleh Wakil Dekan 3 FTIK Dr. H. Muh Kharis, M.Ag. Tidak terkecuali, Kepala Jurusan Manajemen Pendidikan Islam Drs. H. Masduki, M.Ag didampingi Sekretaris Jurusan Dr. H. Zaini Fasya, S.Ag. M.Pd.I serta Bapak Ibu dosen IAIN Tulungagung.

 semnas (2)

Dalam sambutannya, Dekan FTIK menyampaikan apresiasi tinggi kepada mahasiswa atas terselenggaranya seminar nasional yang mampu menghadirkan pemateri kaliber nasional. “Ini merupakan suatu kebanggaan dan apresiasi yang tinggi kepada mahasiswa MPI yang telah mampu menyelenggarakan acara kaliber nasional dan pemateri kaliber nasional meski jurusan MPI IAIN Tulungagung masih berumur tiga tahun, menyamai dengan kegiatan-kegiatan jurusan lain yang memiliki umur jauh diatasnya.” Selain itu, Beliau juga menaruh harapan besar pada segenap keluarga besar jurusan MPI salah satunya melalui kegiatan semacam ini dalam rangka pengembangan diri untuk mencetak pemimpin pendidikan yang kreatif di masa depan.

Acara yang dihadiri sekitar 300 peserta dari kalangangan mahasiswa, dosen dan masyarakat umum. Dimoderatori oleh salah satu dosen IAIN Tulungagung, Diya’u Shidiqy, M.M. pemateri menyampaikan bahwa pemimpin yang baik, kreatif, dan bermartabat dihasilkan dari manusia yang kreatif. Manusia yang kreatif berawal dari cara berfikir yang kreatif. Manusia yang berfikir kreatif, mampu mengatasi segala urusan dan menyelesaikan dengan cara atau metode yang kreatif sehingga menghasilkan produk kreatif. Pemimpin yang baik berawal dari diri atau manusia yang baik. Bukan dari sistem. Kuncinya ialah kualitas manusianya. Manusia yang memiliki cara berfikir yang kreatif, akan melahirkan sistem yang baik dan kreatif untuk mengatur segala urusan dengan kreatif.

Mas Sabrang mengemukakan : “Syarat menjadi pemimpin itu, dia harus berani dipimpin. Harus bisa menginspirasi dan menjadi bapak dari yang dipimpin.” Ini merupakan salah satu formulasi untuk menjadi pemimpin yang baik dan bermartabat. Bukan pemimpin yang arogan. Pemimpin yang berani dipimpin maknanya ialah pemimpin yang memahami dan sadar akan posisinya. Bahwa harus patuh, ketika berposisi sebagai bawahan. Harus menginspirasi apabila menjadi figur teladan. Harus mengayomi dan melindungi ketika menjadi atasan.

 semnas (3)

Problematika kepemimpinan dikupas secara cerdas oleh dua pemateri yang hadir. Membuat antusiasme audiens sangat tinggi pada acara tersebut. Melalui seminar ini, diharapkan semua yang hadir akan mendapat manfaat berupa kemampuan dalam menemukan formulasi dan solusi yang tepat bagaimana cara untuk menjadi manusia yang kreatif dan bermatabat.  Melahirkan generasi yang kelak akan menjadi pemimpin masa depan untuk siap menghadapi tantangan zaman dengan kreatif dan inovatif.-AK

 

Oleh : Ahmad Kholil

 

MASA TAARUF 2016 JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM “ Awali Kebersamaan Dalam Mempererat Tali Silahturahmi”

taaruf 2016

Pada tanggal 17 September 2016 jurusan Manajemen Pendidikan Islam (MPI) mengadakan acara bertajuk Masa Ta’aruf atau masa perkenalan dengan mahasiswa baru angkatan 2016. Yang bertempat di Auditorium Rektorat. Dengan pemateri Habibie Yusuf, S.Pd.I., M.Pd. yang merupakan dosen jurusan MPI. Beliau berasal dari Jakarta dan menetap di Tulungagung. Acara ta’aruf mahasiswa ini merupakan agenda pertama kalinya setelah dilantik menjadi KMJ. Yang pada saat itu di Ketuai oleh saudara Muhammad Nabila Hilmi Mustofa, yang tidak lain adalah salah satu mahasiswa aktif dalam jurusan MPI, dia juga terkenal dengan kereligiusannya. Pada saat acara taaruf juga dihadiri oleh banyak mahasiswa baru jurusan MPI. Serta dihadiri oleh para dosen jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Tidak lupa ketua jurusan MPI Bapak Drs. H. Masduki, M.Ag. beliau datang untuk membuka Masa Taaruf MPI 2016 serta doa penutup. Acara masa taaruf MPI ini dimulai pada pukul 09.00 WIB-13.00 WIB. Dan disini juga dikompakkan agar semua peserta memakai seragam putih hitam dan dari panitia memakai jas. Pada saat akhir acara juga ada sesi pertanyaan untuk bapak pemateri maupun untuk kakak-kakak MPI. Dan tidak lupa kami semua juga mengabadikan momen-momen ini. Ada foto bersama peserta dan juga kakak-kakak panitia.

taaruf 2016 2

Mengenai tema masa taaruf ini adalah awali kebersamaan dalam mempererat tali silahturahmi yang artinya atau maknanya sangat nyata sekali bahwa tak kenal maka tak sayang, jadi untuk mengawali kebersamaan antara keluarga besar mahasiswa manajemen pendidikan islam kami perlu sekali kebersamaan itu. Untuk mewujudkan cita-cita dan tujuan jurusan MPI agar lebih dikenal kita harus bersatu dan satu jalan untuk mencapai semua itu. Kekompakan harus ada dalam satu jurusan MPI ini.

Perlu diketahui bahwa jurusan Manajemen Pendidikan Islam merupakan jurusan baru pada tahun 2015. Tetapi eksistensinya tidak terkalahkan dari jurusan lain yang sudah lama berada di IAIN Tulungagung. Tali silahturahmi sangat penting sekali. Apalah artinya keluarga jika tidak ada kebersamaan dan tali silahturahmi. Dan untuk terus melanjutkan rasa kebersamaan itu diperlukan masa taaruf setiap tahunnya di jurusan Manajemen Pendidikan Islam.

Bapak ketua jurusan juga mempunyai harapan bahwa sebagai keluarga besar mahasiswa jurusan manajemen pendidikan islam diharapkan selalu menjaga kekompakan antar mahasiswa satu sama lain. Menjalin kebersamaan dan silahturahmi. Bahwa kita semua sudah terikat menjadi satu dalam hubungan keluarga besar mahasiswa Manajemen Pendidikan Islam. Semoga jurusan Manajemen Pendidikan Islam selalu jaya.

Oleh: Denta Putri W.

MASA TA’ARUF MPI 2017 DAN SOSIALISASI IMMAPSI HIMPUNAN MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM “Tak Kenal Maka Ta’aruf”

Tulungagung- Acara Ta’aruf dan Sosialisasi IMMAPSI (Ikatan Mahasiswa Administrasi Pendidikan/Manajemen Pendidikan Islam Seluruh Indonesia ) oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam  IAIN Tulungagung  yang bertema “Tak Kenal Maka Ta’aruf” dilaksanakan pada hari selasa, 22 Agustus 2017 mulai pagi hari, pukul 08:00-13:00 WIB.

Dalam Ta’aruf ini Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung dapat persetujuan baik oleh para petinggi IAIN Tulungagung, karena kegiatan ini mempunyai  berbagai macam kegiatan dan penyampaian informasi penting yang sangat dibutuhkan oleh mahasiswa baru Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung.

 

Pembukaan acara mendapatkan sambutan yang hangat karena semangat mahasiswa baru dalam menghadiri ta’aruf dalam keadaan fresh dan penuh keikhlasan untuk mendapatkan berbagai informasi terutama momen perkenalanan dengan sesama mahasiswa baru Jurusan Manajemen Pendidikan Islam serta dengan kakak tingkat maupun bapak ibu dosen IAIN Tulungagung. Informasi baik yang di dapat oleh mahasiswa baru di antaranya yaitu pertama pengulasan matang mengenai jurusan MPI (Manajemen Pendidikan Islam) oleh Dr. Khoirul Anam. M.Pd. Kedua, sosialisasi IMMAPSI (Ikatan Mahasiswa Administrasi Pendidikan/Manajemen Pendidikan Islam Seluruh Indonesia) Oleh Saudara Edi dan Saudari Liza selaku kakak tingkat yang mewakili sebagai pengurus IMMAPSI wilayah 3 (Tiga).

 

Selanjutnya, Pembukaan acara Ta’aruf yang bertemakan “Tak Kenal Maka Ta’aruf” dibuka Oleh Wakil Dekan 3 (Tiga) Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama IAIN Tulungagung Bapak Drs. Muh. Kharis. M.Pd. Pada saat sambutan acara Ta’aruf banyak pesan yang di sampaikan oleh Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung Bapak Drs. Masduki. M.Ag. beberapa pesannya beliau menyambut dengan penuh rasa syukur dan mengucapkan selamat datang kepada Mahasiswa Baru utamanya yang memilih Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung dalam berproses mengarungi berbagai ilmu dan pengalaman, Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung berpesan agar semua mahasiswa menjaga tali silaturahmi yang kuat demi terwujudnya kekompakan yang bisa memajukan jurusan Manajemen Pendidikan Islam dan beristiqomah dalam berproses menimba ilmu dan pengalaman diberbagai tempat utamanya di Kampus Dakwah dan Peradaban agar kelak ilmunya manfaat dan penuh barokah serta menjadi manusia yang mampu beradaptasi di era Modern.

 

Banyak harapan yang tersampaikan pada acara ini dari berbagai partisipan,  salah satunya panitia dari Himpunan Mahasiswa Jurusan yang berharap dengan adanya Ta’aruf yang bertema “Tak Kenal Maka Ta’aruf” ini lebih mempererat tali silaturahmi dan solidarisme sesama mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam agar jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung lebih bersinergi serta mampu dalam mewujudkan tujuan dengan secara bersama-sama dengan maksimal.

Oleh : Dian Santoso

NAMA PENGELOLA DAN DOSEN HOME BASE JURUSAN MPI

Pengelola Jurusan Manajemen Pendidikan Islam:

1. Ketua Jurusan : H. Masduki, S.Ag, M.Ag.

IMG-20180903-WA0001

2. Sekretaris Jurusan: Hj. Indah Komsiyah, S.Ag, M.Pd.

IMG-20180903-WA0000

Dosen Home Base Jurusan Manajemen Pendidikan Islam:

  1. H. Masduki, S,Ag, M.Ag
  2. Nany Soengkono Madayani, S.S., M.Pd.
  3. Luluk Indarti, S.Ag, M.Pd.I.
  4. Muhammad Zainul Arifin, S.Pd.I, M.Pd.I.
  5. Habibie Yusuf, S.Pd.I, M.Pd.
  6. Khabibur Rohman, S.Pd.I, M.Pd.I.