MEMBACA UNTUK BERKARYA Reportase Diskusi Literasi Bersama Saiful Mustofa, M.Ag.

IMG-20190403-WA0041

Tulungagung,- Menyambut datangnya Dies Maulidiyah Jurusan Manajemen Pendidikan Islam yang ke-4, Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam IAIN Tulungagung telah sukses menyelenggarakan acara Diskusi pada hari Rabu 03 April 2019, dimana diskusi ini berbeda dengan diskusi-diskusi yang lainnya. Acara ini bernama Diskusi Literasi dengan mengambil tema “Dari Membaca Menjadi Budaya, Dari Pena Menjadi Karya”. Acara yang dilaksanakan di Aula Utama IAIN Tulungagung ini berjalan dengan lancar.

Acara ini diikuti oleh mahasiswa dan mahasiswi Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Saiful Mustofa, M.Ag. selaku pembicara dalam agenda tersebut menyampaikan bahwa menulis itu bukan karena bakat, akan tetapi karena adanya kemauan untuk menulis. Perlu diketahui bahwasanya sekarang ini banyak mahasiswa yang enggan membaca buku apalagi menulis. Hal ini perlu adanya tindak lanjut, mengingat bahwa mahasiswa merupakan generasi penerus bangsa. Apalagi mahasiswa yang aktif berorganisasi. Menulis menurut Saiful Mustofa sangat penting untuk dilakukan, karena menurutnya mempelajari sesuatu tanpa menulisnya kembali adalah suatu kesia-siaan.
IMG-20190403-WA0097

Diskusi literasi merupakan sebuah interaksi kelompok yang membahas mengenai kemampuan membaca dan menulis seseorang. Penguasaan literasi merupakan indikator penting untuk meningkatkan prestasi generasi muda dalam mencapai kesuksesan. Penanaman sedini mungkin harus disadari karena menjadi modal utama dalam mewujudkan bangsa yang cerdas dan berbudaya. Budaya literasi bermanfaat dalam mewujudkan peran generasi muda dalam aspek pembangunan negara.

Dr. H. Masduki, M.Ag., Ketua Jurusan Manajemen Pendidikan Islam sangat mengapresiasi terselenggaranya acara diskusi ini meskipun beliau tidak bisa menghadiri pembukaan pada acara tersebut. Hal ini karena kegiatan diskusi literasi ini merupakan kegiatan gerakan literasi yang dilaksanakan pertama kali oleh Jurusan Manajemen Pendidikan Islam. Dengan adanya diskusi literasi ini diharapkan para mahasiswa khususnya jurusan MPI menjadi lebih termotivasi dan bersemangat untuk membaca buku dan menulis.

IMG-20190403-WA0058

Tak lupa bahwa Alfin Muhammad MD yang menjabat sebagai ketua umum Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen Pendidikan Islam juga mendukung penuh terselenggaranya acara  diskusi ini. “kegiatan ini sebagai gebrakan awal gerakan literasi diranah mahasiswa, khususnya di Jurusan MPI sendiri. Dan untuk ke depannya semoga seluruh mahasiswa MPI bisa mengikuti kegiatan diskusi ini” tutur mahasiswa yang sedang duduk di semester 4 ini. Kegiatan diskusi literasi ini sebenarnya untuk menjawab tantangan perkembangan jaman yang semakin cepat. Menjadi mahasiswa yang kreatif dan inovatif menjadi tujuan setiap diadakannya kegiatan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Manajemen Pendidikan Islam ©2019 Frontier Theme