VISI MISI PRODI PBA IAIN TULUNGAGUNG

Prodi PBA IAIN Tulungagung memiliki visi ”Terwujudnya Jurusan Pendidikan Bahasa Arab yang terdepan di tingkat nasional dalam bidang pembelajaran maharatul lughah ‘Arabiyyah pada tahun 2021”.
Dengan misi:
1. Menyelenggarakan pembelajaran yang berorentasi pada penguatan maharatul lughah ‘Arabiyyah (Istima’, kalam, qiroah dan kitabah) bagi mahasiswanya. Meningkatkan kualitas peserta didik PBA dalam metode pembelajaran maharatul lughah ‘Arabiyyah.Memberlakukan area wajib berbahasa arab bagi dosen dan mahasiswa dalam proses perkuliahan.Menyediakan media sebagai wahana ekspresi kompetensi maharatul lughah ‘Arabiyyah
2. Mengembangkan kegiatan penelitian dan penulisan karya-karya ilmiah dalam bidang pembelajaran bahasa Arab
3. Melakukan pemberdayaan masyarakat yang bebasis pada pembelajaran bahasa Arab
4. Menjalin kerjasama dengan komunitas dan institusi lain baik di dalam atau luar negeri.

HARI BAHASA ARAB 2016

IMG-20161216-WA0039

18 Desember merupakan Hari Bahasa Arab sedunia. Organisasi Pendidikan, Keilmuan, dan Kebudayaan PBB, yang dalam bahasa inggris disebut dengan UNESCO (United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization) menetapkan 18 desember sebagai hari bahasa Arab sedunia. Penetapan itu hasil inisiatif dua negara anggota UNESCO; Maroko dan Saudi Arabia guna menjadikan bahasa Arab sebagai bahasa resmi yang digunakan dan diakui oleh dunia internasional.

Dalam memperingati hari yang spesial ini, HMJ PBA bergabung dengan HMJ BSA mengadakan acara bagi bunga kepada seluruh dosen Bahasa Arab, serta pengadaan papan tanda tangan bagi mahasiswa PBA dan BSA yang diletakkan di depan gerbang utama IAIN Tulunggagung.Pada sore harinya, dilaksanakan khotmil qur’an di salah satu kediaman mahasiswa PBA, yang dihadiri oleh kaprodi PBA dan BSA.

 

Gebyar Bahasa Arab IAIN Tulungagung (G-BIT) 2016

DSC_3086-min

Gebyar Bahasa Arab IAIN Tulungagung (G-BIT) merupakan sebuah acara yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Pendidikan Bahasa Arab IAIN Tulungagung. Pada kali ini kami mengadakan serangkaian lomba tingkat siswa MA Sederajat dan santri Pondok Pesantren se- Eks karisedenan Kediri. Selain berbagai macam lomba, Gebyar Bahasa Arab juga menyajikan bazar. Acara ini memiliki tujuan merealisasikan program kerja Bidang Pengembangan Bahasa, Bidang Intelektual, dan Bidang Seni Budaya. Memperkenalkan bahasa Arab sebagai salah satu bahasa Internasional. Dan menjadi sarana untuk menambah pengetahuan keilmuan dan meningkatkan kemajuan bangsa.

Lomba yang ada pada G-BIT 2016 adalah Khitobah (pidato), Imathoh (Cerdas Cermat), Ghina Araby (Menyanyi Lagu Arab), Jidal (Debat), dan Kaligrafi. Dilaksanakan pada 18-20 November 2016 di kampus IAIN Tulungagung.

Etika Mengirim Pesan kepada Dosen

Etika mengirim pesan kepada dosen :

WhatsApp Image 2018-04-10 at 15.32.17
1. Perhatikan kapan waktu yang tepat untuk menghubungi Bpk/Ibu Disen. Pilihlah waktu yang biasanya tidak dipakai untuk beristirahat atau beribadah. Contoh: hindari menghubungi dosen di atas jam 20.00 WIB atau di saat waktu ibadah.
2. Awali dengan sapaan atau mengucapkan salam. Contoh: Selamat pagi Bapak/Ibu, atau Assalamualaikum (apabila kedua belah pihak sesama muslim).
3. Ucapkan kata maaf untuk menunjukkan sopan santun dari kerendahan hati Anda. Contoh: “Mohon maaf mengganggu waktu Ibu/Bapak”.
4. Setiap dosen pasti menghadapi ratusan mahasiswa setiap harinya dan tidak menyimpan nomor kontak seluruh mahasiswa. Maka, pastikan Anda menyampaikan identitas Anda di setiap awal komunikasi/percakapan. Contoh: “Nama saya Putri, mahasiswa jurusan PGMI kelas 6J”.
5. Gunakan bahasa yang umum dimengerti, tanda baca yang baik dan dalam konteks formal. Hindari menyingkat kata seperti ‘dmn, yg, ak, kpn, otw, sy’. Hindari kata ganti non formal seperti ‘aku, ok, iye, dll’.
6. Tulislah pesan dengan singkat dan jelas. Contoh: “Saya, memerlukan tanda tangan Bapak/Ibu di laporan KKN saya. Kapan kiranya saya dapat menemui Bapak/Ibu?” Ingat ya to the poin gak pake mulek. Langsung ke pokok masalahmu apa
7. Akhiri pesan dengan mengucapkan terima kasih atau salam sebagai penutup.

Hello world!

Welcome to Jurusan IAIN Tulungagung. This is your first post. Edit or delete it, then start blogging!