Prodi PBA IAIN Tulungagung Menandatangani MoU Pembelajaran Bahasa Arab Online

IMG-20181118-WA0001Tulungagung. Teknologi yang terus berkembang membuka peluang bagi siapa pun untuk berinovasi dalam semua sektor kehidupan, baik pendidikan maupun sektor-sektor yang lainnya. Dalam bidang pendidikan, dengan adanya kemajuan yang sangat pesat serta kemudahan mendapatkan fasilitas digital, pendidik bisa memiliki banyak peluang dalam mengembangkan strategi belajarnya. Selain itu, para pendidik ini, dengan adanya kemudahan digital, bisa mengadakan pembelajaran yang praktis, efektik, dan efesian. Sebagai contoh, pendidik bisa menggunakan media sosial untuk memberikan materi perkulihannya kepada mahasiswa, dan materi bisa diunduh kapan pun tanpa harus bertatap muka.

Menjawab tantangan ini, Asosiasi Pengajar Bahasa Arab Indonesia atau yang biasa disebut dengan nama Ittihad Muallimii al Lughah al Arabiyah (IMLA) membindani sebuah kerjasama yang sangat monumental dengan Saudi Electronic University dalam bidang pembelajaran bahasa Arab Online. Kerjasama ini diwujudkan dengan ditandatanganinya sebuah MOU yang melibatkan 45 perguruan tinggi di Indonesia yang kesemuanya tergabung dalam IMLA tersebut. Penandatanganan MoU ini sendiri dilaksanakan di Universitas Negeri Malang pada 28-29 September 2018.

Prodi Pendidikan Bahasa Arab (PBA), Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung menjadi salah satu dari 45 perguruan tinggi yang ikut serta dalam penandatangan MoU pada tanggal 28-29 September 2018 di Malang. Dalam acara ini, hadir Ketua Prodi PBA Bapak Dr. Sokip, M.Pd., Sekretaris Prodi PBA Bapak Nuryani, M.Pd.I., dan Bapak Muhammad Mustofa Ludfi, M.Pd.I. sebagai dosen PBA dan staf administrasi prodi. Bapak Dr. Sokip, M.Pd. selain hadir sebagai Ketua Prodi, beliau juga sebagai wakil dari Bapak Rektor IAIN Tulungagung yang berhalangan hadir. Bapak Rektor sendiri memberikan dukungan yang sangat besar atas penandatanganan MoU Program Pembelajaran Bahasa Arab Online ini.
Program Pembelajaran Bahasa Arab online ini sendiri menjadi sarana yang sangat membantu mahasiswa dalam mengembangkan kemampuannya dalam bahasa Arab. Media pembelajaran online ini dirancang praktis, yang terdiri dari video-video interaktif, media-media gambar pembelajaran, mp3 pelafalan dengan suara penutur asli, dan ribuan latihan bahasa Arab praktis. Fasilitas pembelajaran online ini dapat diakses secara gratis oleh dosen dan para mahasiswa.
Acara penandatangan MoU ini ditutup dengan pelatihan singkat penerapan Pembelajaran Bahasa Arab Online oleh Tim Saudi Electronic University yang diikuti para perwakilan yang hadir. Dengan harapan semoga fasilitas pembelajaran digital ini dapat disebarluaskan dan dapat diterapkan di institusi masing-masing. Kerjasama ini adalah upaya untuk meningkatkan sistem pembelajaran Bahasa Arab di Indonesia pada umumnya, dan untuk kalangan akademisi Prodi PBA IAIN Tulungagung pada khususnya. @


Speak Your Mind

Your email address will not be published. Required fields are marked *

XHTML: You can use these tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>