540a06822dc37dbe8ba36b1779981760

Tulungagung – Dalam rangka meningkatkan wawasan tentang pendidikan karakter, Jurusan PGMI IAIN Tulungagung menyelenggarakan seminar nasional pada Kamis (15/03/2018) di Aula Gedung KH Arief Mustaqiem Lantai 6.

Mengambil tema “Eksistensi Karakter Islami demi Terealisasinya Pendidikan di Indonesia” seminar tersebut menghadirkan dua narasumber yaitu Rektor UIN Maualana Malik Ibrahim Malang, Abdul Haris dan Wakil Rektor I IAIN Tulungagung, Abd. Aziz.

Acara seminar tersebut dibuka oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (FTIK) IAIN Tulungagung, Binti Ma’unah pada pukul 10.00.

Dalam sambutannya, Dekan FTIK berharap kepada seluruh mahasiswa FTIK terutama mahasiswa PGMIvuntuk betul-betul memahami tentang pendidikan karakter sebagaimana yang dicanangkan oleh pemerintah. Selain itu, bentuk-bentuk kreatifitas dalam mengajar harus dikembangkan dalam rangka penanaman karakter bagi peserta didik ketika para mahasiswa sudah betul-betul terjun di dunia pendidikan sebagai pengajar kelak.

“Maka dari itu, saya harapkan, kalian mengikuti seminar kali ini dengan baik, supaya menambah pemahaman kalian tentang pendidikan karakter”, kata Dekan FTIK.

Sebagai narasumber pertama, Abdul Haris menyampaikan bahwa sebenarnya pembentukan karakter dimulai dari pendidikan Tauhid. Karena perilaku manusia sangat dipengaruhi oleh kepercayaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, dalam hal ini Allah SWT dan hari akhir. Jadi jika peserta didik betul-betul mengenal Tuhan-nya maka akan terbentuk karakter yang baik.

Sementara itu, selaku narasumber kedua, Abd. Aziz menyampaikan bahwa berbicara karakter maka berarti berbicara kebutuhan jasmani dan rohani. Dan tinggal mana yang akan didahulukan dalam pemenuhannya. Dan seseorang tidak boleh salah dalam memilih di antara keduanya. Namun jika bicara karakter yang baik maka kebutuhan rohanilah yang perlu untuk dipenuhi terlebih dahulu. (humas)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>