Flag Counter

Sejarah

Sejarah berdirinya Prodi Ilmu al Quran dan Tafsir


Sebagai lembaga yang membantu dalam upaya pencerdaskan masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan guna mencerdaskan bangsa, dan untuk menampung minat alumni PTKIN dalam hal ini Institut Islam Negeri Tulungagung yang ingin mengikuti studi lanjut, serta melihat perkembangan kebutuhan masyarakat akan lembaga yang mampu melahirkan ahli dalam Ilmu Agama setingkat Magister, maka dengan mengacu kepada Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 60 Tahun 1999 tentang Pendidikan Tinggi, serta Surat Keputusan Direktur Jendral Pendidikan Islam Kementerian Agama Republik Indonesia nomor Dj.1/1876/ 2011, Institut Agama Islam Negeri Tdengan dukungan tenaga akademik yang ahli di bidangnya dan sarana telah membuka Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir Pascasarjana IAIN Tulungagung.

Dalam pelaksanaan program tersebut, dengan disadari bahwa Ilmu Agama Islam sebagai ilmu yang berhubungan dengan keagamaan, tidak dapat terlepas dari perkembangan yang terjadi dalam masyarakat, maka Institut Agama Islam Negeri Tulungagung mulai tahun akademik 2011/2012 membuka Program Studi Ilmu Al Qur’an dan Tafsir.

Pada tahun 2014, Lembaga Pendidikan Islam mengalami perkembangan pesat. Di samping terdapat Asrama Mahasiswa (Ma’had Al Jamiah) yang pada umumnya terletak di Kampus, serta disekitar lingkungan kampus terdapat juga pesantren-pesantren yang manampung mahasiswa, dan juga program studi Ilmu al Qur’an dan Tafsir telah terakreditasi dengan mendapatkan nilai “B”. Perkembangan ini tentu memerlukan tenaga pengelola lembaga pendidikan yang handal sesuai dengan karakteristik serta kredibilitas para Mahasiswa yang menekuni bidang Tafsir khususnya memiliki sebuah distingsi yakni tafsir Nusantara. Dan menciptakan lulusan yang ahli Tafsir, Peneliti dan Pengajar.

Updated: December 19, 2020 — 4:33 am

The Author

s2-iat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

PASCASARJANA ILMU ALQURAN DAN TAFSIR © 2020 Frontier Theme