Flag Counter

Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab

Just another Jurusan IAIN Tulungagung site

PBA Pascasarjana IAIN Tulungagung Gelar Pekan Bahasa Arab se-Asia Tenggara

6a04b72047410277b488a88fff2a73a4

Tulungagung – Dalam rangka memperingati Hari Bahasa Arab Sedunia yang jatuh pada tanggal 18 Desember 2019, Program Magister Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Tulungagung menggelar Pekan Bahasa Arab se-Asia Tenggara. Acara tersebut digelar mulai tanggal 16 sampai dengan 20 Desember 2019. Kegiatan ini diikuti kurang lebih 400 mahasiswa baik dari Program Magister maupun Program Sarjana.

Direktur Pascasarjana IAIN Tulungagung, Akhyak mengatakan, bahwa pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Menurutnya, dengan kegiatan tersebut pihaknya yakin akan semakin menambah minat mahasiswa untuk belajar Bahasa Arab.

Akhyak juga mengatakan bahwa belajar Bahasa Arab itu adalah kunci pengetahuan agama Islam, sehingga penting bagi siapa saja terutama sebagai muslim untuk belajar Bahasa Arab. Mulai dari Kitab Suci hingga kitab-kitab yang disusun oleh para ulama terdahulu semuanya memakai bahasa Arab, jadi dengan kita bisa berbahasa Arab dengan baik, tentu akan sangat mendukung kita dalam mendalami agama Islam maupun mendalami ilmu-ilmu yang dikembangkan oleh para ilmuwan Islam.

“Bahasa Arab adalah bahasa ahli surga, maka dari itu kita sebagai penggerak harus bangga dengan Bahasa Arab,” kata Akhyak.

Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan bisa menyambung ukhuwah dan menghasilkan semangat keilmuan bagi segenap peserta terutama bagi para mahasiswa Bahasa Arab.

Adapun acara Pekan Bahasa Arab tersebut diisi dengan beragam kegiatan antara lain Pagelaran Ilmiah Mahasiswa Program Studi Bahasa Arab se-Asia Tenggara pada Rabu pagi (18/12/2019) di Aula Lantai 5 Gedung Pascasarjana. Acara tersebut menghadirkan narasumber antara lain; Ahmad Faiz Luqman bin Abdul Hamid dari Malaysia, Anwa Wae Useng dari Thailand, Abdul Mu’in Mushtafa Al-Khindiy dari Libya, Mubasyir dari UIN Sunan Ampel Surabaya, Bayu Permadi dari UIN Yogyakarta, Nizaar Hulaimy dari IAIN Palangkaraya serta Abdul Aziz dari IAIN Tulungagung.

Selain Pagelaran Ilmiah, ada juga beberapa kegiatan lain seperti Halaqah Apresiasi makna tumpengan sebagai tradisi Islam Nusantara dan temu alumni pendidikan Bahasa Arab S-1 dan S-2 STAIN/IAIN Tulungagung, Parade Puisi dan Syair Bahasa Arab, Kreasi Lalaran Nadhzom Alfiah Ibnu Malik, Khotmil Qur’an bersama para hafidz, Muasykar Lughoh Al Arobiyah atau Arabic Camp yang digelar selama Pekan Bahasa Arab berlangsung, Pesta Kembang Api pada Gelegar Malam Peringatan Hari Bahasa Arab serta beberapa kegiatan lain. (humas/sin https://iain-tulungagung.ac.id/berita/1352-pba-pascasarjana-iain-tulungagung-gelar-pekan-bahasa-arab-se-asia-tenggara)

Updated: November 21, 2020 — 2:22 pm

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Pascasarjana Pendidikan Bahasa Arab © 2019 Frontier Theme