Pascasarjana Tadris Bahasa Inggris

Institut Agama Islam Negeri Tulungagung

Academical Action in Ramadhan 2019

ACAR 2019

 

Hari ini (10/5) pada jam 03.00 sore acara ACAR dilaksanakan oleh segenap warga Tadris Bahasa Inggris Pasca Sarjana IAIN Tulungagung. ACAR memiliki kepanjangan Academical Action In Ramadhan. ACAR tahun ini adalah agenda pertama yang diadakan di Gedung Pasca Sarjana IAIN Tulungagung Lantai 5. Tajuk dari acara sore itu adalah “New Strategy in Translating and Understanding English Literature from International Journal”.

Hal yang melatar belakangi diselenggarakannya ACAR perdana dari mahasiswa TBI adalah untuk menguatkan silaturahmi antar warga TBI dari para dosen dan mahasiswanya sendiri. Hal yang terlihat nyata dari acara sore itu adalah semakin menipiskan gap antara mahasiswa dan dosen. Para mahasiswa terlihat begitu akrab dengan bapak dan ibu dosen. “Tujuan ACAR adalah meningkatkan dan menguatkan kualitas hubungan kekeluargaan antara dosen dan mahasiswa.” Tutur Bapak Susanto sebagai Kepala Jurusan TBI Pasca Sarjana IAIN Tulungagung.

Acara sore itu dimuali dengan Khotmil Qur’an yang dilaksanakan oleh seluruh peserta Acar sore itu, acara pertama berlangsung khidmat dengan diimami bergantian oleh mahasiswa-mahasiswa pascasarjana. Acara kedua dilanjutkan dengan seminar yang disampaikan oleh Bapak Susanto yang menyampaikan materi tentang bagaimana cara menganalisis jurnal secara mendalam dan komprehensif. Menurut beliau, menganalisis dan mengambil intisari dari sebuah jurnal bukanlah hal yang sulit, entah itu jurnal nasional ataupu berstandar internasional. Hal yang paling utama dalam pengayaan sebuah jurnal adalah langsung mencari poin detail dan poin pendukung setelahnya agar tidak memakan waktu dan bisa langsung menyasar poin inti dari jurnal tersebut.

Materi kedua disampaikan oleh Mam Nani Sungkono yang merupakan sekertaris dari prodi TBI. Pada kesempatan saat itu beliau menyampaikan tentang hal-hal penting tentang jurnal secara umum dan cara menarasikan bagaimana menyalin jurnal secara tepat. Sekjur kita juga menyampaikan bagaimana cara menerjemahkan suatu literasi dengan tatanan bahasa yang tepat.

Selesai presentasi suasana mulai ramai disebabkan oleh oleh antusiasnya para peserta yang ingin mengajukan pertanyaan terhadap narasumber. Acara perdana dari salah satu jurusan baru dari Pasca sarjana IAIN Tulungagung ini dengan ditutup dengan buka bersama antara mahasiswa dan dosen dan dilanjutkan sampai sholda magrib. Hasil dari kegiatan ini adalah terlihat begitu kompaknya mahasiswa dan dosen dalam menyongsong salah satu agenda ramadhan.

 

Updated: August 22, 2019 — 3:44 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tadris Bahasa Inggris IAIN Tulungagung © 2019 Frontier Theme