Home » KEMAHASISWAAN » HMJ » Mahasiswa Tadris IPS IAIN Tulungagung Menjadi Pengurus Aliansi Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial se-Indonesia (ALMAPIPSI)

Mahasiswa Tadris IPS IAIN Tulungagung Menjadi Pengurus Aliansi Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial se-Indonesia (ALMAPIPSI)

almapipsiAliansi Mahasiswa Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial se-Indonesia (ALMAPIPSI) menggelar agenda Rapat Kerja Nasional (RAKERNAS) dan Seminar Nasional. Agenda ini dilaksanakan di Gedung Kuliah Terpadu IAIN Jember selama tiga hari sejak tanggal 29-31 Maret 2018. Acara yang mengusung tema “Pemuda dan Sejarah Indonesia dalam Perspektif Politik, Pendidikan dan Sosial Ekonomi” dihadiri oleh 15 perguruan tinggi diantaranya : IAIN Tulungagung, IAIN Ponorogo, Universitas Negeri Malang, UIN Maliki Malang, Universitas Raden Rahmat, STAIN Pamekasan, Universitas Tanjungpura, IAIN Jember, Universitas Negeri Jakarta, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, IAIN Metro Lampung, IAIN Cirebon, Unnes, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Unesa.

Acara ini dibuka langsung oleh dekan FTIK IAIN Jember, dalam sambutannya berpesan agar gerak langkah aktivis harus digalakkan dan dimasifkan. “Ikatan nasional ini harus dijaga kesatuannya agar dapat memberikan sumbangsih kepada negeri tercinta,” ujar dekan FTIK ini. Acara ini diawali dengan pelantikan pengurus ALMAPIPSI periode 2017-2018. Tiga Kandidat yang dikirim dari Tadris IPS IAIN Tulungagung masuk dalam deretan nama pengurus pusat ALMAPIPSI, yaitu Harun sebagai Ketua Umum ALMAPIPSI, Whira Khukmatul Ummah sebagai sekretaris, Estu Nur Widyaswara sebagai bendahara dan Moch Irfan Wahyu Prayoga sebagai BLO (Badan Legislatif Organisasi)

Acara selanjutnya adalah Seminar Nasional dengan tiga pembicara. Pembicara pertama adalah Prof. Dr. Bambang Soepeno, M.Pd Guru Besar Pendidikan Sejarah Universitas Negeri Jember yang menyampaikan tentang “Pemuda dan Sejarah Indonesia”. Pembicara kedua adalah Fauzan Adhim, M.Pd.I dosen Staifas menyampaikan mengenai “Pemuda dalam Aspek Politik dan Pendidikan”. Pembicara ketiga adalah Muhammad Muwafik, S.Pd.I.,MA dosen Universitas Negeri Jember menyampaikan “Pemuda dalam Aspek Sosial dan Ekonomi”. Antusias peserta seminar sangat tinggi dalam mengikuti acara ini, terbukti dengan banyaknya peserta Pendidikan IPS yang datang dari berbagai perguruan tinggi di Indonesia.

Ketua Pelaksana Rakernas kali ini, Junaidi mengungkapkan bahwa pelantikan ini adalah awal dari kinerja Almapipsi untuk satu periode kedepan. “Ini bukanlah tujuan, melainkan awal dari eksistensi lembaga Almapipsi yang insyaAllah akan menjadi barometer organisasi lain di Indonesia dan mampu mewadahi seluruh mahasiswa pendidikan IPS diseluruh Indonesia”.

Sementara itu, Ketua Umum ALMAPIPSI Harun mahasiswa Semester VI Tadris IPS IAIN Tulungagung menyampaikan bahwa kegiatan RAKERNAS kali ini menghasilkan beberapa program kerja yang akan dilaksanakan oleh pengurus pusat, wilayah ataupun daerah. “Setelah diadakannya Rakernas diharapkan kinerja organisasi kedepan semakin terarah. Namun hal ini juga harus dibarengi dengan komunikasi, koordinasi dan kerjasama yang aktif setiap pihak yang berkontribusi di ALMAPIPSI. Aksi nyata sebagai implementasi dari agenda ini akan ditindaklanjuti dalam waktu dekat,” ungkap ketua umum ALMAPIPSI. (Harun_TIPS)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>