Home » KEGIATAN ILMIAH » Seminar Nasional » PERKUMPULAN PRODI PENDIDIKAN IPS INDONESIA: SIAP HADAPI ISU GLOBAL

PERKUMPULAN PRODI PENDIDIKAN IPS INDONESIA: SIAP HADAPI ISU GLOBAL

seminar nasional banjarmasinSeminar nasional dan musyawarah nasional (Munas) I perkumpulan program studi pendidikan ips Indonesia telah dilaksanakan di hotel Aria Barito Banjarmasin. Acara ini diselenggarakan oleh Unversitas Lambung Mangkurat dengan Tema yang diusung adalah ”Penguatan Pendidikan Ips Dalam Menghadapi Isu-Isu Global”.

Seminar nasional dan musyawarah nasional dilaksanakan selama 2 hari tanggal 20-21 April 2018 yang dihadiri oleh dosen dan mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi negeri (PTN) dan perguruan tinggi swasta (PTS) dari berbagai daerah se-Indonesia. Jum’at, 20 April 2018 pukul 08.00 WITA acara ini dimulai. Sebelum pembukaan, ditampilkan pagelaran seni khas Banjarmasin dari mahasiswa ULM untuk memperkenalkan budaya khas Banjarmasin kepada 300 peserta seminar. Selanjutnya adalah seminar nasional yang diisi oleh  3 narasumber diantaranya, prof. Dr. Nana Supriatna, M.Ed Dosen UPI, Prof. Dr. H. Bunyamin, M.Pd., MA Dosen UPI Bandung dan Prof. Dr. Suwarma Al Muchtar, SH., M.Pd. Setelah sholat jum’at tepatnya pukul 13.00 WITA dilanjutkan dengan mempresentasikan hasil karya tulis pemakalah. Kandidat dari TIPS IAIN Tulungagung adalah Ummu Sholihah, S,Pd., M.Si ketua jurusan tadris IPS dan Choiru Umatin, M.Pd Dosen Pendidikan Ekonomi Tadris IPS IAIN Tulungagung ikut andil sebagai pemakalah di acara  tersebut.

Hari kedua adalah musyawarah nasional APRIPSI yang diikuti oleh seluruh anggota MUNAS yaitu dosen pendidikan IPS se Indonesia. Adapun yang disampaikan tentang aspek keorganisasian APRIPSI, penyampaian pandangan umum Apripsi, pemilihan ketua umum dan anggota formatur dan pembagian divisi yang meliputi divisi organisasi, kurikulum, divisi penelitian, penulisan  jurnal dan buku, program kerja dan divisi pengabdian kepada masyarakat, divisi kerjasama dan luar negeri. Acara selanjutnya adalah pelantikan pengurus pusat APRIPSI yang mana ketua jurusan TIPS Ummu sholihah, s.pd., m.si dilantik sebagai sekretaris divisi kerjasama dan luar negeri dan Choiru Umatin, M.Pd dilantik sebagai editor jurnal internasional dan anggota divisi organisasi.

Ketua pelaksana seminar nasional dan musyawarah nasional I APRIPSI, Dr. Syaharudin, S.Pd., MA menyampaikan seminar dan munas I ini bertujuan membentuk perkumpulan prodi pendidikan IPS Indonesia secara hukum. Hal itu dianggap perlu karena menurut Ersa, Pendidikan IPS berguna bagi pembentukan karakter seseorang agar menjadi bangsa yang bersatu terhadap berbagai keresahan yang terjadi dimasyarakat seperti persoalan nasionalisme, kebersamaan, persatuan dan sebagainya.

Ketua prodi pendidikan IPS Ersis Warmansyah Abbas Universitas Lambung Mangkurat (ULM) Banjarmasin ini menuturkan gagasan tersebut untuk rancangan kedepan dalam menghadapi system global saat ini, karena pendidikan IPS ditantang mampu membangun masyarakat yang memiliki kecerdasan social untuk membangun budaya dan peradaban bangsa berdasarkan pancasila dan Undang Undang Dasar Republik Indonesia tahun 1945. “bagaimanapun kita tidak bisa hilang dari system global, bukan hanya sekedar banjar saja atau Indonesia saja. Banjar dan Indonesia itu hanyalah identitas, tetapi kita adalah masyarakat dunia.

Jadi kedepannya pendidikan ips itu bukan pendidikan yang parsial, tetapi pendidikan yang mengglobal” tutur ketua program studi IPS ulm SERAYA MENEGASKAN acara seminar  dan munas 1 tersebut tidak ada hubungannya dengan politik. Choiru Umatin_TIPSIAINTA


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>