Home » KEGIATAN ILMIAH » Workshop » WORKSHOP MOJOKERTO

WORKSHOP MOJOKERTO

Tadris IPS IAIN Tulungagung Gelar Workshop di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto

IMG-20180904-WA0000

TULUNGAGUNG – Jurusan Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial FTIK IAIN Tulungagung mengadakan kegiatan Workshop Registrasi dan Konservasi Cagar Budaya yang berada di Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Mojokerto dengan mengundang Narasumber dari Pusat Informasi Majapahit Trowulan Mojokerto pada Senin, (27/08/2018). Kegiatan ini bertujuan untuk membekali ilmu bagi mahasiswa Prodi Tadris IPS untuk bisa melestarikan cagar budaya. Kegiatan workkshop ini merupakan bagian dari SKPI (Surat Keterangan Pendamping Ijazah). Kegiatan ini dikhususkan untuk mahasiswa Tadris IPS semester 5 dan 7 dengan dibimbing Dosen Prodi Tadris IPS. Keberangkatan dari IAIN Tulungagung dengan 2 Bis, 1 Hi-Ace dan 1 mobil pribadi dari pukul 04.30 WIB, dan tiba pukul 07.30 WIB rombongan di tempat tujuan yaitu BPCB Mojokerto.

Pukul 09.00 WIB acara pembukaan dimulai dengan pembawa acara yaitu Nur Isroatul Khusna, M.Pd yang merupakan salah satu dosen Tadris IPS. Sambutan pertama oleh Ummu Sholihah, S.Pd.,M.Si ketua jurusan Tadris IPS. Beliau menegaskan “bahwa kegiatan ini sangat penting utamanya untuk jurusan Tadris IPS, karena tidak hanya materi saja yang diberikan pada workshop kali ini tetapi juga beberapa praktek langsung. Kelak mahasiswa bisa menerapkan langsung dilapangan untuk menghargai dan melestarikan cagar budaya”. Memang demikian dan semoga selanjutnya bukan hanya workshop tentang sejarah saja tetapi juga bidang kajian ilmu IPS lainnya. Mengingat IPS banyak kajian ilmunya seperti ekonomi, geografi, sosiologi, politik, antropologi, masih banyak lagi. Begitu juga sambutan kepala BPCB Mojokerto yang dipercaya membuka acara dan menyampaikan “ini adalah kali pertama di PIM ada acara seperti ini, walaupun acara hanya satu hari tetapi itu sudah bisa mencakup semuanya”, tuturnya.

Setelah pembukaan usai dilanjutlah workshop sesi pertama dengan materi “Konservasi Gerabah” yang disampaikan oleh Ning Suryati, S.S dengan dimoderatori oleh Anggoro Putranto, S.Pd., M.Sc. Selain dijelaskan tentang pengertian, prinsip, metode konservasi peserta juga langsung praktek mengenai pembersihan dan perakitan gerabah. Peserta yang telah dibagi 8 kelompok nampak begitu antusias menyambung gerabah yang sudah rusak dan hasil dari proses penyambungan sungguh luar biasa karena seperti kondisi semula yang utuh.

IMG-20180904-WA0001

Selanjutnya materi kedua disampaikan oleh Ahmad Kholif Yulianto,S.S yang dimoderatori oleh Hendra Pratama, M.Pd dengan materi “Registrasi Objek yang diduga sebagai Cagar Budaya”. Pada materi ini pembahasannya sangat luas sehingga memancing banyak pertanyaan baik dari peserta maupun moderatornya. Materi ini juga ada praktek langsung yaitu pendokumentasian (registrasi) visual yang dipandu langsung oleh pakarnya. Selesai materi kedua ditutuplah acara tersebut oleh ketua jurusan Tadris IPS dan dilanjutkan pemberian kenangan-kenangan kepada pihak BPCB Mojokerto dan PIM. Sekitar pukul 15.30 WIB rombongan kembali ke Tulungagung. (Diana/17209163042)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>