Home » KEMAHASISWAAN » HMJ » Seminar Nasional – Olimpiade IPS SMP/sederajat se-Karisidenan Kediri

Seminar Nasional – Olimpiade IPS SMP/sederajat se-Karisidenan Kediri

Seminar Nasional bertemakan revolusi industri 4.0

Seminar Nasional bertemakan revolusi industri 4.0

Salah satu kegiatan penting yang dapat membagun bangsa Indonesia adalah mendidik dan membina generasi muda yang kelakakan menjadi tumpuan serta harapan bangsa dan negara. Mahasiswa sebagai salah satu bagian dari generasi muda memiliki peranan yang sangat strategis dalam menentukan arah proses perjalanan Bangsa ini kedepan menuju kemandirian dan kedewasaan. Salah satu usaha yang paling efektif dan efisien dalam menghadapi proses tersebut adalah menumbuh kembangkan inisiatif dan daya kreatifitas di kalangan para Mahasiswa. Era Globalisasi, telah menimbulkan suatu perubahan yang sangatdahsyatdalamberbagai aspek kehidupan Manusia yang menuntut kualitas Sumber Daya Manusia yang handal dan memiliki tingkat ketebalan keimanan yang menjadi benteng untuk menghadapi persaingan global ini, sehingga penguasaan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi serta tebalnya iman menjadi syarat mutlak bagi setiap Bangsa agar Bangsa itu unggul dan memiliki kemampuan bersaing di dalam pergaulan regional maupuninternasional. Oleh karena itu, institusi Pendidikan formal terlebih institusi bernuansa keislaman harus mampu menciptakan generasi yang mampu mengembangkan potensi yang ada pada dirinya agar di era globalisasi yang sarat dengan perubahan moral yang berujung pada dekadensi moral itu tidak menjadi momok yang mengkhawatirkan akan tetapi menjadi sumber inspirasi bagi  Pembangunan Bangsadan Negara.

Olimpiade Ips SMP/Mts se Karisidenan Kediri

Olimpiade Ips SMP/Mts se Karisidenan Kediri

Bangsa indonesia yang terdiri dari beragam suku dan ras, memiliki budaya, bahasa, nilai, dan suku atau keyakinan yang berbeda-beda. Dalam keanekaragaman ini, upaya membangun budaya bangsa Indonsia diperlukan semangat multikultural, kerjasama yang saling membantu, saling menghargai menerima perbedaan dan mengakuinya. Sikap saling menerima dan menghargai ini akan cepat berkembang bila dilatih dan di didik dimulai pada usia muda agar dapat menghasilkan generasi muda yang menghargai perbedaan. Melalui berbagai kegiatan positif seperti kegiatan Olimpiade yang diharapkan dapat menjadi motivator untuk mencari dan meningkatkan mutu, kreativitas ilmiah, serta kualitas daya nalar siswa dalam mempersiapkan dan menjawab berbagai tantangan ilmuan, sehingga munculah siswa siswi unggulan, yang memiliki daya saing dalam menghadapi perkembangan zaman. Kegiatan berbasis islam dan pengembangan potensi Mahasiswa ini, diharapkan generasi muda khususnya para mahasiswa dapat meningkatkan keimanan dan ketaqwaannya dan mampu menyalurkan bakat dan minatnya serta menumbuh kembangkan daya kreasi dan inovasi serta pengetahuan dalam berorganisasi sehingga mereka memiliki kompetensi yang unggul dan benteng Nasionalisme yang kokoh. Menyikapi hal tersebut, sebagai mahasiswa Islam yang peduli dengan peran penting generasi muda akan moralitas dan pengembangan potensi, maka dari itu Himpunan Mahasiswa Jurusan TADRIS ILMU PENGETAHUAN SOSIAL IAIN Tulungagung menyelenggarakan kegiatan  SEMINAR NASIONAL PENDIDIKAN DAN OLIMPIADE IPS dengan tema“Pendidikan Multikultural untuk Mewujudkan Generasi yang Berjiwa Sosial dan Peduli Terhadap Budaya Bangsa di Era Revolusi Industri 4.O”. (nfl)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>