Mahasiswa KKN IAIN Tulungagung Gandeng BNN Blitar, Ajak Pelajar Perangi Narkoba

BLITAR – Melihat kondisi Indonesia yang sudah semakin rawan penyalahgunaan narkotika yang sudah merambah pedesaan, membuat Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Tulungagung di Kecamatan Doko bergerak hati dengan melakukan penyuluhan anti narkotika bagi pelajar.

bnn 1

Sosialisasi bahaya narkotika kepada siswa Madrasah Aliyah dan Madrasah Tsanawiyah Sunan Ampel, di Desa Suru,  Kecamatan Doko, Kabupaten Blitar, Kamis (25/1/2018), merupakan kerjasama antara mahasiswa KKN IAIN Tulungagung dengan Badan Narkotika Nasional (BNN) Kabupaten Blitar.

“IAIN bersinergi dengan BNN, melaksanakan kegiatan pencerahan bahaya penyalahgunaan narkoba di kalangan pendidikan. BNN diminta menjadi pembicara dan saya sebagai Kepala BNN turun langsung sebagai narasumber,” kata Kepala BNN Kabupaten Blitar, AKBP Agustianto.

Kegiatan ini diikuti 250 siswa-siswi sebagai peserta. Melalui sosialisasi ini, orang nomor satu di BNN Kabupaten Blitar ini berharap dapat membuka pengetahuan siswa tentang narkotika, sehingga siswa dapat membentengi diri dari penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

“Siswa-siswi harus kenal jenis-jenis narkoba itu apa saja sih. Artinya mereka paham jenis narkoba dan tidak menyalahgunakan. Sehingga perlu ada edukasi kepada peserta didik kita. sehingga ketika ditawari atau disajikan oleh orang-orang tidak bertanggung jawab mereka sudah tahu,” tandasnya.

bnn2

Lebih lanjut mantan Wakapolres Blitar ini menginginkan dengan gencarnya sosialisasi yang dilaksanakan BNN akan dapat menurunkan angka penyalahgunaan narkoba di Kabupaten Blitar. Untuk mencegah narkoba di kalangan pelajar, pihaknya melakukan sinergi dengan dinas pendidikan dan Kementrian Agama (Kemenag) Kabupaten Blitar.

“Bandar narkoba tidak ragu-ragu dan tidak segan lagi memasukkan narkoba kepada kalangan pendidikan. Jadi kami berlari mendahului dengan melakukan terobosan-terobosan di lingkungan pendidikan seperti  lewat kegiatan upacara hari Senin. Atau mungkin nanti kita lombakan sekolah bersih narkoba. Lewat terobosan ini saya optimis angka prevalensi di Kabupaten Blitar tahun ini akan turun,” pungkasnya.(*)

*Sumber: Blitar Times

Updated: July 29, 2019 — 8:05 am

The Author

tbi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

tadris bahasa inggris © 2018 Frontier Theme