Tadris Bahasa Indonesia

Aku Cinta Bahasa Indonesia, Aku Bangga Berbahasa Indonesia, Bahasa Indonesia Luar Biasa

Sosialisasi Visi Misi Tadris Bahasa Indonesia

 

Tulungagung, 16/8/18—Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung kembali melakukan sosialisasi visi dan misi prodi kepada mahasiswa baru 2018. Dalam kegiatan Pengenalan Budaya Akademik Kampus (PBAK), Himpunan Mahasiswa Jurusan bersama tim dosen Tadris Bahasa Indonesia melakukan sosialisasi visi dan misi prodi kepada 154 mahasiswa yang hadir.

Setidaknya ada delapan dosen yang terlibat dalam sosialisasi visi misi prodi. Kedelapan dosen ini masuk ke kelas-kelas dan bertatap muka langsung dengan seluruh mahasiswa baru Tadris Bahasa Indonesia tahun ini. Pukul 13.30 WIB bertempat di gedung Leter L FTIK IAIN Tulungagung, Dr. Erna Iftanti, M.Pd., bersama Mustofa Arif, S.S., M.Pd., Dr. Mohammad Jazery, S.Ag., M.Pd., Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I, Muyassaroh, S.S., M.Pd., Lilis Anifiah Zulfa, M.Pd., Dian Nita Zullina, S.Pd., M.A., dan Ruli Andayani, M.Pd. memaparkan hal-hal yang menjadi cita-cita, pandangan, target, atau rencana pada masa mendatang.

“Visi kita adalah terwujudnya Program Studi Tadris Bahasa Indonesia yang unggul di tingkat nasional di bidang Metode Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia yang berkarakter Islami Tahun 2019. Tercantum tahun 2019 karena memang pada tahun inilah target visi kita tercapai,” ungkap Dr. Erna Iftanti, M.Pd., selaku Ketua Jurusan Tadris Bahasa Indonesia.

Bu Erna

“Perlu digaribawahi kata unggul. Profil lulusan kita adalah sebagai pendidik, asisten peneliti, atau pengembang bahan ajar. Ini menjadi profil utama yang akan kita capai selain ada juga profil tambahan sebagai pengajar BIPA dan pewara. Agar visi unggul ini tercapai, agar Anda menjadi lulusan yang benar-benar unggul, Anda tidak cukup belajar di perkuliahan. Buka wawasan. Tak sekadar memahami bahasa Indonesia, tetapi juga bahasa lain. Utamakan bahasa Indonesia, lestarikan bahasa daerah, dan kuasai bahasa asing. Ambil kursus bahasa Inggris jika perlu,” imbuhnya.

Selain mengenalkan visi prodi, tim dosen juga membuka wawasan mahasiswa tentang prospek dunia kerja yang akan digeluti. Visi prodi mengarahkan para mahasiswa mampu menggenggam kesempatan berkarier tersebut.

Bu Maulida

Di ruang yang berbeda, Dra. Siti Zumrotul Maulida, M.Pd.I dan Mustofa Arif, S.S., M.Pd. juga menegaskan bahwa untuk mencapai visi tersebut, ada serangkaian misi yang dilakukan. Misi ini menjadi upaya strategis Tadris Bahasa Indonesia untuk mewujudkan visi prodi. Lima misi yang sedang dijalankan yaitu menyelenggarakan pembelajaran bahasa Indonesia yang berkarater Islami; meningkatkan  kompetensi peserta didik Tadris Bahasa Indonesia dan metode keterampilan berbahasa Indonesia; membudayakan penggunaan bahasa Indonesia yang baik dan benar bagi dosen dan mahasiswa dalam proses pembelajaran; menyediakan wahana untuk mengekspresikan kompetensi keterampilan berbahasa Indonesia; dan menjalin kerja sama  dengan institusi lain baik di tingkat lokal, nasiomal, maupun internasional.

Tujuan sosialisasi ini agar seluruh mahasiswa baru memahami dengan baik visi misi yang menjadi harapan seluruh elemen serta agar tidak terjadi pemaknaan yang berbeda. Dengan memahami visi misi ini, diharapkan seluruh mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia juga memiliki cita-cita, visi, dan misi yang sama. Dengan demikian terbentuklah sinergitas yang baik antara mahasiswa, dosen, seluruh elemen kampus.

Kegiatan sosialisasi ini ditutup dengan pengenalan kehidupan dan Kode Etik Mahasiswa (KEM) serta sesi tanya jawab. Mahasiswa menunjukkan sikap antusias terhadap paparan materi yang disampaikan oleh Bapak dan Ibu dosen. Sebagian merespons dan mengajukan pertanyaan terkait dengan budaya berbusana dan bersikap.

 

Tadris Bahasa Indonesia © 2019 Frontier Theme