Tadris Bahasa Indonesia

Aku Cinta Bahasa Indonesia, Aku Bangga Berbahasa Indonesia, Bahasa Indonesia Luar Biasa

Dosen TBIN Ikuti Pelatihan Menulis Jurnal di UNS

Para dosen dari Program Studi Tadris Bahasa Indonesia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan (Prodi TBIN FTIK) IAIN Tulungagung mengikuti kegiatan pelatihan dan pendampingan menulis artikel jurnal ilmiah nasional dan internasional pada Selasa, 28 Agustus 2018 di Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta. Acara yang merupakan agenda dari Asosiasi Dosen Bahasa dan Sastra Indonesia (ADOBSI) tersebut diikuti oleh ratusan dosen dari seluruh Indonesia.

ADOBSI UNS

Kegiatan pelatihan menulis jurnal tersebut dibimbing oleh Dr. Kundharu Saddhono, S.S., M.Hum. dari UNS Surakarta dan Dr. Indriya Mulyaningsih, M.Pd. dari IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Selain itu, hadir pula ketua ADOBSI, yaitu Dr. Muhammad Rohmadi, M.Hum., yang memberikan sambutan untuk membuka sekaligus menutuh acara pelatihan tersebut.

Kegiatan penulisan diawali dengan penjelasan mengenai portal pengindeks jurnal global, yakni SINTA dan SCOPUS. Setelah itu, ada sesi tanya jawab dengan para para pemateri. Selanjutnya, para peserta dibimbing untuk menemukan jurnal yang tepat serta langkah-langkah untuk mengirim artikel ilmiah ke jurnal tersebut.

Tidak hanya itu, para pemateri juga memberikan kiat-kiat serta motivasi kepada para peserta untuk bersemangat melakukan penelitian dan mengirimkan artikel-artikel ke jurnal nasional serta internasional. Tentu saja, setelah mengikuti kegiatan tersebut, para peserta tidak hanya menjadi paham mengenai penulisan dan publikasi jurnal, tetapi juga lebih termotivasi sekaligus menemukan banyak teman satu bidang spesialisasi keilmuan yang kemudian saling mendukung untuk melakukan penelitian bersama. Dengan demikian, program kegiatan pelatihan telah berhasil menjadi ruang untuk para dosen meningkatkan penelitian dosen.

Tadris Bahasa Indonesia © 2019 Frontier Theme