Tadris Bahasa Indonesia

Aku Cinta Bahasa Indonesia, Aku Bangga Berbahasa Indonesia, Bahasa Indonesia Luar Biasa

Tadris Bahasa Indonesia Mengadakan Tes UKBI

ukbi tbin 2

Tulungagung – Pada Rabu (27/19) Tadris Bahasa Indonesia IAIN Tulungagung mengadakan tes UKBI bertempat di Auditorium KH. Saifuddin Zuhri. Uji Kemahiran Berbahasa Indonesia (UKBI) adalah uji kemahiran untuk mengukur kemahiran berbahasa seseorang dalam berkomunikasi dengan menggunakan bahasa Indonesia, baik penutur Indonesia maupun asing. Peserta UKBI tersebut adalah mahasiswa tingkat akhir (semester VII) dan Dosen Tadris Bahasa Indonesia. Para peserta mengikuti tes UKBI yang terdiri atas tiga seksi. Pada seksi pertama, kemahiran mendengarkan peserta diuji dengan tes mendengarkan dengan jumlah 40 soal dalam waktu 30 menit. Soal berupa wacana lisan dalam bentuk empat dialog dan 4 monolog. Setiap dialog dan monolog terdiri atas 5 butir soal.

Pada seksi kedua, peserta mendapatkan waktu selama 25 menit untuk mengerjakan tes merespon kaidah (soal tertulis berupa kalimat yang direspons oleh peserta dengan memilih opsi pengganti untuk bagian yang salah). Pada bagian akhir peserta mengerjakan tes membaca sebanyak 40 butir soal dalam waktu 45 menit. Wacana yang dibaca sebanyak delapan. Setiap wacana terdiri atas 5 butir soal.

Terselenggaranya tes UKBI berkat kerja sama Tadris Bahasa Indonesia dengan Balai Bahasa Jawa Timur. Perwakilan Balai Bahasa Jawa Timur yang hadir sekaligus mengawas tes UKBI, yaitu Ibu Tri Winiasih, M.Hum., Bapak Wenni Rusbiyantoro, M.Hum., dan Bapak Amin Mulyanto, S.S.  Sebelum tes UKBI dilakukan, peserta mengikuti simulasi dan mendapat arahan dari Ibu Tri Winiasih, M.Hum. “Apakah grogi mau ikut tes UKBI? Tidak usah grogi, kan yang diteskan itu kemahiran berbahasa. Sehari-hari kita kan menggunakan bahasa”, kata Bu Tri saat pengarahan. “Tidak dibenarkan mencoret atau menandai jawaban pada lembaran soal. Jika mau memberi tanda langsung saja di LJK,”lanjutnya.

ukbi tbin 1

Setelah simulasi berlangsung. Pengawas membagikan alat tulis, lembar jawaban komputer (LJK) dan tiga ekslemplar soal. Tiap ekslemplar soal mewakili seksi yang akan diikuti oleh seluruh peserta tes UKBI. Tempat pinsil berisi alat tulis dapat dibawa pulang oleh peserta, sementara LJK dan soal dikembalikan ke pengawaas pada akhir tes. Para peserta saat pengisian LJK mendapat arahan dan bimbingan dari pengawas. Para peserta tes mengikuti seksi demi seksi tes UKBI dengan tertib selama hampir tiga jam. Tes berakhir para peserta meninggalkan ruang tes dengan rasa penasaran akan hasil tes yang mereka peroleh. Hasil tes berupa sertifikat UKBI akan dibagikan setelah dua minggu. (DWI)

Tadris Bahasa Indonesia © 2019 Frontier Theme