Tadris Bahasa Indonesia

Aku Cinta Bahasa Indonesia, Aku Bangga Berbahasa Indonesia, Bahasa Indonesia Luar Biasa

Hidupkan Budaya Literasi, Mahasiswa TBIN Gelar Diksi

Jumat, 13/3/2020–Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Bahasa Indonesia (HMJ TBIN) kembali menggelar Diksi (Diskusi Literasi). Kegiatan yang merupakan kelanjutan dari diskusi anggota HMJ generasi sebelumnya ini hadir dengan konsep dan semangat baru. Diksi hadir untuk menghidupkan budaya literasi di lingkungan mahasiswa TBIN, lebih dari yang didapat dan dilakukan di kelas atau perkuliahan. Melalui Diksi inilah mahasiswa diharapkan mendapat nutrisi dan vitamin lebih tentang bahasa, sastra, budaya, dan beragam isu, problematika, serta keunikannya. Melalui kegiatan ini juga diharapkan mahasiswa TBIN semakin melek aksara, terbiasa membaca, menulis, dan kritis.

Bertempat di Gedung Stasiun lantai 2, minggu lalu Diksi telah sukses membedah novel Saman karya Ayu Utami dengan menghadirkan Muhamad Safi’i sebagai pemateri tunggal. Muhamad Safi’i atau yang akrab disapa Safi’i merupakan lulusan TBIN angkatan pertama yang saat ini sedang menempuh pendidikan S-2 di Universitas Islam Malang (Unisma). Membersamai adik-adik tingkat dengan diskusi yang hangat, Safi’i berhasil memberikan kesan medalam kepada peserta diskusi yang merupakan mahasiswa TBIN lintas angkatan.

Diksi 1a

Mas Safi’i dalam menyampaikan materi dari novel Saman yang dikarang oleh Ayu Utami sangatlah bagus dan sangat jelas. Sebagai orang awam, saya sangat mudah memahaminya”, ujar Rizkia Meriko Satriawan, mahasiswa TBIN angkatan 2019.

Sementara itu, Nuril Hidayah selaku ketua HMJ periode ini mengungkapkan bahwa acara seperti ini sangat penting karena buku yang dibedah mengandung banyak hal yang dapat dijadikan pelajaran. Terutama pada novel  ini banyak pelajaran untuk perempuan.

Pada kesempatan berbeda, pekan ini Diksi digelar kembali dengan topik yang tak kalah menariknya, yakni membahas seputar penulisan dalam Ms Word dengan menghadirkan Bang Krisna sebagai pematerinya. Meski pada dasarnya peserta sudah memahami seluk-beluknya, ternyata bahan diskusi seperti tak ada habisnya. Ada banyak fitur dalam program ini yang bisa dieksplorasi dan diberdayakan untuk mendukung proses kreatif dalam menulis karya. Mahasiswa yang hadir tampak begitu antusias mengikuti diskusi sampai acara berakhir. Selain mendapat materi, peserta diskusi juga praktik menulis. Acara yang komplit. Selain mendapat wawasan, mahasiswa juga mendapat pengalaman.

Rencana ke depannya, Diksi akan diselenggarakan secara rutin setiap Jumat sore dengan topik-topik yang berbeda dan tetap menarik setiap minggunya. Agenda rutinan ini tentu sangat didukung sepenuhnya oleh jurusan. Semoga semakin banyak hal positif yang bisa dipetik dari kegiatan ini. Selamat mengembangkan diri untuk HMJ dan mahasiswa TBIN.

 

Tadris Bahasa Indonesia © 2019 Frontier Theme