Tadris Bahasa Indonesia

Aku Cinta Bahasa Indonesia, Aku Bangga Berbahasa Indonesia, Bahasa Indonesia Luar Biasa

Tadris Bahasa Indonesia Sukses Gelar Bimtek Kepewaraan

Pada hari Rabu tanggal 22 Juni 2022 telah berlangsung acara Bimbingan Teknis Kepewaraan yang diselenggarakan oleh Program Studi Tadris Bahasa Indonesia bekerjasama dengan Pasinaon Kabudayan Keraton Surakarta. Acara ini dilaksanakan diaula gedung K.H Arief Mustaqim lantai 6, UIN SATU Tulungagung. Adapun acara Bimbingan Teknis Kepewaraan ini terbuka untuk mahasiswa maupun masyarakat umum.

Bimbingan  Teknis  Kepewaraan  ini  mengangkat  tema  “Hanggadhil Kawruh Pewara,  Hanglengluri Budaya Jawa“.  Tema  ini  diangkat berlatarbelakang  perlunya  mahasiswa memiliki keterampilan sebagai pembawa acara dalam budaya Jawa. Oleh karena itu, Program Studi Tadris Bahasa Indonesia memberikan pemahaman dan pengalaman  mengenai   pembawa   acara.  Diharapkan   setiap   individu khususnya mahasiswa tidak hanya terpaku menjadi pendidik tapi juga mampu menjadi pewara.

Acara diawali dengan pembukaan yang dilakukan oleh MC, pemutaran lagu Indonesia  Raya,  pemutaran  mars  UIN  SATU  Tulungagung, dilanjut dengan  sambutan  sekaligus  pembukaan acara secara resmi oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan. Adapundalam sambutannya, Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I.,  menerangkan, tujuan mengadakan pelatihan, yang dilaksanakan FTIK, memberikan ilmu tentang pewara, pembawa acara Jawa yang memakai cengkok  kesultanan,  akan  dapat  ilmu  dari  narasumber  dan  bisa  dipraktikkan,  di sini  bisa menyambi guru  dan MC. Beliau juga berterima kasih kepada narasumber dan peserta. Kegiatan Bimtek Kepewaraan dibuka bersama dengan membaca basamalah.

FotoJet (5) (1)

Setelah sambutan sekaligus pembukaan dari Dekan FTIK selesai. Acara dilanjut dengan sambutan oleh Prof. Dr. Mohamad Jazeri, S.Ag., M.Pd. Beliau adalah dosen Program Studi Tadris Bahasa Indonesia UIN SATU Tulungagung. Acara kemudian berlanjut  dengan  penandatanganan  surat  perjanjian  atau Memorandum of Understanding (MoU) antara FTIK UIN SATU Tulungagung yang diwakili  Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. dan R.M.R.P Restu Budi Setiawan, S.Pd.M.Pd.

Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi yang dipandu moderator oleh R.T. Bagus Wahyu Dwijosusastro, M.Pd. pembicara pertama yaitu KRT. Shidiq Dwijonagoro, S.S.M.Pd. yang merupakan budayawan dari Keraton Surakarta. Menuju pemateri kedua para peserta tampak masih antusias mengikuti acara bimtek kepewaraan ini, yang terlihat dari masih banyaknya peserta yang masih terlihat aktif untuk bertanya serta menanggapi pertanyaan dari narasumber. Hingga kemudian akhirnya tiba untuk masuk pada agenda pemaparan materi oleh R.M.R.P Restu Budi Setiawan, S.Pd.M.Pd.

Kegiatan  selanjutnya  adalah  praktik  kepewaraan,  yang  dilakukan  oleh  perwakilan mahasiswa dari semester ke-6.  Peserta sangat antusias dalam mempraktikkan menjadi pembawa acara bahasa Jawa. Kemudian pada akhir acara diadakan pemberian cenderamata dan sertifikat untuk narasumber. Selanjutnya kegiatan foto  bersama  narasumber  berserta  para  dosen Tadris Bahasa Indonesia.

R.T. Bagus Wahyu Dwijosusastro sesudah acara menyampaikan “Saya sangat berterima kasih  kepada  ibu  koorprodi,  ibu-ibu  dosen,  dan  para  mahasiswa  atas  bantuan  dalam  acara Bimbingan Teknis Kepewaraan. Kalau tidak ada kerja sama, kerja keras, dan kerja tangkas dari supertim yg luar biasa pasti acara kita hari ini tidak sesukses dan selancar tadi. Semoga lelah menjadi  lillahi,  semoga  penat,  keringat,  dan  sambat  menjadi  jalan  pembuka  berkat  bagi  kita semua. Selaku koordinator, saya juga meminta maaf akan kekurangan, tindakan, perkatan, dan ketikan yang tidak sengaja menggores perasaan dari panjenengan sedayaMawantu-wantukanthi hanyenyadhont  asta  saha narbukaning  nala  kula  nyuwun  lumunturing  sih  samudra pangaksama“. Beliau juga berpesan “Semoga acara TBIN ke depan dapat sukses, panitia selalu kompak, dan tentu saja berkesan bagi semuanya. Selamat beristirahat semoga besok kita terbangun dalam keadaan dan semangat yang lebih hebat. Nuwun,maturnuwun” (ed. AVR)

Tadris Bahasa Indonesia © 2019 Frontier Theme