Tadris Bahasa Indonesia

Aku Cinta Bahasa Indonesia, Aku Bangga Berbahasa Indonesia, Bahasa Indonesia Luar Biasa

Kurikulum

KOMPETENSI
I. Kompetensi Utama Lulusan
Kompetensi utama Prodi TBIN FTIK IAIN Tulungagung diarahkan untuk mendukung terwujudnya profil utama lulusan (sebagai pendidik/praktisi pendidikan, asisten peneliti pendidikan, dan pengembang bahan ajar). Kompetensi utama tersebut dijabarkan sebagai berikut.
1. Memiliki integritas yang tinggi sebagai calon guru Bahasa Indonesia yang berkualitas, berkepribadian, dan berinovasi.
2. Menguasai konsep-konsep pembelajaran, teori kebahasaan dan kesastraan, ilmu pengetahuan dan teknologi, serta mengimplementasikan karakter islami dalam pembelajaran.
3. Mampu melakukan penelitian di bidang pendidikan bahasa Indonesia dan menerapkan hasilnya dalam pembelajaran.
4. Mampu melakukan penelitian di bidang pendidikan sastra Indonesia dan menerapkan hasilnya dalam pembelajaran.
5. Mampu memanfaatkan dan mengembangkan sumber belajar secara kreatif dan inovatif.
6. Memiliki kemampuan dalam mengembangakan media pembelajaran secara kreatif dan inovatif.
7. Memiliki kecakapan dalam menyusun bahan ajar yang efektif dan aplikatif.
8. Menguasai model-model pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia serta mampu mengembangkannya.
9. Memiliki kecakapan untuk melakukan asesmen pembelajaran bahasa dan sastra sebagai sarana memperkaya perbedaharaan kosa kata bahasa Indonesia.

II. Kompetensi Pilihan
Selain kompetensi utama dan pendukung, berikut ini dijabarkan kompetensi lainnya yang juga menguatkan kompetensi lulusan TBIN FTIK IAIN Tulungagung. Kompetensi ini didukung dengan mata kuliah pilihan.
1. Mampu mengajarkan bahasa Indonesia untuk penutur asing
2. Mampu memandu acara dengan baik dengan menggunakan bahasa Jawa standar.
3. Mampu mengembangkan wawasan dan keterampilan dalam bidang kepenyiaran.
4. Mampu mengintegrasikan konsep bahasa dan sastra Indonesia dengan nilai-nilai keislaman.

III. Orientasi Kompetensi Lulusan
Perkuliahan di Prodi TBIN FTIK IAIN Tulungagung diorientasikan pada pencapaian visi dan misi sebagaimana telah ditentukan sebelumnya. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan beberapa langkah strategis sebagai berikut agar mahasiswa mencapai kompetensi lulusan.
1. Materi perkuliahan diarahkan agar mahasiswa memahami isu-isu mutakhir berkaitan dengan bahasa dan sastra Indonesia di tingkat nasional dan internasional. Misalnya, mengkaji tentang upaya internasionalisasi bahasa Indonesia.
2. Mengembangkan kompetensi lulusan berwawasan keterampilan produktif.
3. Mengembangkan kompetensi mahasiswa dalam pengajaran bahasa Indonesia untuk penutur asing, yakni melalui program BIPA.
4. Mengembangkan kompetensi mahasiswa di bidang kebudayaan untuk menunjang pencapaian misi diplomasi lunak dalam wujud internasionalisasi bahasa Indonesia, yakni melalui program kepewaraan.
5. Mengembangkan keterampilan berpikir ilmiah mahasiswa melalui penelitian-penelitian kecil (mini research) yang dilakukan saat perkuliahan dan penelitian bersama dosen.
6. Memberi pemahaman yang cukup dalam bidang keislaman untuk memperkuat jati diri sebagai muslim cerdas berwawasan nasional dan internasional.
7. Menjalin kerja sama dengan stakeholder baik di dalam negeri maupun di luar negeri.

IV. Kesesuaian Kompetensi Lulusan dengan Visi dan Misi
Target kompetensi lulusan Prodi TBIN FTIK IAIN Tulungagung disesuaikan dengan visi dan misi yang diintegrasikan dalam bentuk mata kuliah-mata kuliah yang relevan dan strategis sehingga memberikan kesempatan kepada mahasiswa agar berkembang pengetahuan dan keterampilannya. Adapun jabaran mata kuliah tersebut selain mengacu pada visi dan misi prodi, juga disesuaikan dengan KKNI. Mata kuliah yang disajikan tidak hanya membekali mahasiswa pada aspek pengetahuan, tetapi juga membekali kecakapan hidup yang meliputi kecakapan akademik, berpikir, dan mengenal diri. Mata kuliah yang tersaji menyiapkan lulusan TBIN FTIK IAIN Tulungagung agar berkompeten dalam bidang pengajaran bahasa dan sastra Indonesia, penelitian, dan pengembangan bahan ajar yang dilengkapi dengan kompetensi mengajar dalam bidang BIPA, kepewaraan, dan kepenyiaran.

V. Struktur Kurikulum
1. Jumlah sks PS (minimum untuk kelulusan) : 148 sks yang tersusun sebagai berikut.
Tabel 5.1 Jumlah sks Mata Kuliah Prodi TBIN FTIK IAIN Tulungagung Jenis Mata Kuliah Sks Keterangan (1) (2) (3)
Mata Kuliah Wajib 138
Mata kuliah wajib mencakup mata kuliah institut, fakultas, dan mata kuliah prodi.
Mata Kuliah Pilihan 10
Mata kuliah pilihan merupakan mata kuliah untuk meningkatkan keahlian mahasiswa. Mahasiswa memilih 10 sks dari 20 sks yang tersedia. Jumlah Total 148
Seluruh mata kuliah yang tersaji dalam kurikulum (148 sks) disusun secara urut dan disesuaikan dengan dengan standar kompetensi Prodi TBIN FTIK IAIN Tulungagung. Hal tersebut tampak pada karakteristik berikut.
A. Kurikulum Prodi TBIN Menjawab Kebutuhan Perkembangan Zaman
Sajian mata kuliah Prodi TBIN IAIN Tulungagung dirancang sesuai dengan standar kompetensi prodi dan disusun secara sistematis berdasarkan urutan pemahaman (level of understanding) dan pemenuhuan kuota tiap semester. Sajian mata kuliah sesuai kompetensi yang diharapkan oleh prodi, yakni secara terus-menerus mengikuti tantangan, misalnya tampak pada mata kuliah berikut.
a) Mata kuliah Pengembangan Bahan Ajar untuk menjawab tuntutan dunia pendidikan, yakni pendidik harus terampil menyusun bahan ajar sesuai kebutuhan siswa.
b) Mata kuliah Pengembangan Media Pembelajaran untuk menjawab kebutuhan pendidik yang harus senantiasa kreatif dan inovatif dalam mengajar
c) Mata kuliah Ke-BIPA-an untuk menjawab kebutuhan semakin banyaknya jumlah tenaga pengajar BIPA baik yang mengajar keluar negeri maupun di dalam negeri.
d) Mata kuliah Kepewaraan untuk menjawab kebutuhan zaman yang mengharap seorang bahasawan perlu memiliki wawasan dan kepeduliah dalam melestarikan bahasa daerah, serta masih banyak mata kuliah lain yang diarahkan pada pemenuhan kebutuhan di masa mendatang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Tadris Bahasa Indonesia © 2019 Frontier Theme