Home » MAHASISWA » HMJ TADRIS BIOLOGI MELAKUKAN AKSI LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN GULMA DAN PEMELIHARAAN TANAMAN

HMJ TADRIS BIOLOGI MELAKUKAN AKSI LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN GULMA DAN PEMELIHARAAN TANAMAN

HMJ TADRIS BIOLOGI MELAKUKAN AKSI LINGKUNGAN MELALUI PEMANFAATAN GULMA DAN PEMELIHARAAN TANAMAN

kerja bakti 1Pada hari Sabtu (17/03/2018) mahasiswa jurusan Tadris Biologi beserta Bapak/Ibu Dosen melakukan Kegiatan Kerja Bakti sekaligus sebagai aksi cinta lingkungan melalui pemanfaatan gulma dan pemeliharaan tanaman. Dimulai pada pukul 07.00 WIB di halaman kampus IAIN Tulungagung yang tepatnya di sebelah selatan gedung Arif Mustakim, sekitar 30-an mahasiswa dan Bapak/Ibu dosen jurusan Tadris Biologi memulai aksinya dengan membersihkan rumput/gulma.

kerja bakti 5

Kerja bakti 8

Rumput dan gulma yang ada dimanfaatkan sebagai kompos, yang nantinya dapat dijadikan sebagai pupuk tanaman di area kampus. Selain dimanfaatkan sebagai kompos, gulma yang berupa benalu juga dimanfaatkan sebagai simplisia. Simplisia adalah bahan alami yang digunakan untuk obat dan belum mengalami perubahan proses apa pun, umumnya berupa bahan yang telah dikeringkan. Simplisia memiliki banyak keunggulan antara lain efek sampingnya relatif lebih kecil daripada obat-obatan kimia karena berasal dari alam, adanya komposisi yang saling mendukung untuk mencapai efektivitas pengobatan, dan lebih sesuai untuk penyakit metabolik dan degeneratif.

kerja bakti 6 Selain itu mahasiswa juga melakukan penyiangan dan pemupukan pada tanaman “kiwi” yang ada di lokasi. Buah kiwi yang memiliki nama latin Actinidia deliciosa merupakan sejenis beri-berian yang dapat dimakan dari tanaman merambat berkayu dengan genus Actinidia dan merupakan macam buah tropis. Buah kiwi ini sebenarnya bukanlah buah lokal yang berasal dari Indonesia, tetapi buah kiwi berasal dari daerah Shaanxi di dataran Tiongkok.

Kiwi ini dikenal sebagai penghasil vitamin C terbesar dibandingkan dengan buah-buahan yang lainnya. Kiwi juga mengandung protein, air, karbohidrat, kalori, abu, lemak, magnesium, fiber, besi, pottasium, vitamin A, kalsium, phosphorus, niacin, retinol, sodium, thiamin, kolesterol, riboflavin. Buah Kiwi juga mengandung actinidin yaitu enzim alami yang dapat mengatasi sembelit, dan asam askobinnya melindungi tubuh dari demam dan nyeri.

Dengan kandungan yang dimilikinya, buah kiwi  mempunyai khasiat sebagai: anti hipertensi, menangkal radikal bebas, kesehatan mata, masalah pencernaan, bermanfaat bagi wanita hamil, kesehatan jantung dan mengurangi resiko alzheimer.

kerja bakti 7Sebagian mahasiswa juga melakukan penanaman lima bibit tanaman obat, dan penanaman benih tanaman sayuran. Kegiatan diakhiri sekitar pukul 11.00 WIB mengingat matahari mulai menyengat dan tidak baik digunakan untuk penanaman. Semoga kerja nyata mahasiswa jurusan Tadris Biologi ini dapat membuahkan hasil seperti yang diharapkan. Aamiin.¬†“Salam Lestari, Salam Konservasi”. (adm/tbio)


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>