Home » MAHASISWA » MAHASISWA JURUSAN TADRIS BIOLOGI MEMPEROLEH ILMU TENTANG ASCIDIANS MELALUI STUDIUM GENERALE

MAHASISWA JURUSAN TADRIS BIOLOGI MEMPEROLEH ILMU TENTANG ASCIDIANS MELALUI STUDIUM GENERALE

               PROF UEKI PRESENTASI

Hari Rabu (28/03/2018) bertempat di Aula Lantai 6 gedung Arif Mustakin IAIN Tulungagung diadakan kegiatan Studium Generale Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung dengan narasumber langsung dari Jepang yaitu Prof. Tatsuya Ueki (Hiroshima University). Acara dibuka oleh Rektor IAIN Tulungagung, Dr. H. Maftukhin, M.Ag. Prof. Ueki memaparkan tentang “Ascidians: Its Unique Physiological Features and The Biotechnological and Biomimetic Applications”. Acara ini dipandu oleh Bapak Romaidi, M.Si., D.Sc. dari Jurusan Biologi Universitas Maulana Malik Ibrahim Malang.

judul presentasi

Banyak ilmu yang didapatkan dari Prof. Ueki. Sebagai ahli Biologi Kelautan, Prof. Ueki selama kurang lebih 20 tahun meneliti tentang Ascidians. Ascidian adalah salah satu biota laut yang mempunyai peran cukup besar di perairan. Ascidian termasuk dalam kelas Ascidiacea, yang menyusun hampir sebagian besar jenis-jenis Subfilum Urochordata dari Filum Chordata. Dalam acara ini Prof. Ueki menjelaskan tentang penelitiannya terhadap Ascidian. Seperti banyak diketahui bahwa Ascidian dimanfaatkan untuk menyaring bahan pencemar dari perairan, seperti logam berat dan bakteri. Hasil penelitiannya menyebutkan bahwa mengapa Ascidian mampu menangkap organ berat, karena ternyata di dalam tubuh Ascadian mengandung protein yang mampu menangkap logam berat yang disebut dengan Vanabin. Sebagai langkah lanjut dalam hasil penelitian ini adalah dapat dijadikan sebagai inspirasi untuk meneliti “Dari protein yang terdapat pada Ascadian tersebut dapat digunakan untuk membuat apa? Marilah kita ingat kembali bahwa banyak produk teknologi yang ada, misalnya kereta api yang merupakan inspirasi dari burung, pesawat terbang juga inspirasi dari burung dan sebagainya. Perlu kita ketahui bahwa banyak inspirasi teknologi yang kita buat berasal dari alam”, kata Ueki. Setelah acara pemaparan materi, dilanjutkan dengan sesi tanya jawab. Tiga penanya memberikan pertanyaan yang sangat menarik yaitu dari dosen jurusan Tadris Biologi, dari mahasiswa Tadris Kimia dan terakhir dari Pak Johan, pegawai honorer di IAIN Tulungagung. Yang menarik pada sesi tanya jawab ini, dari ketiga penanya tersebut terdapat juga tiga bahasa yang digunakan yaitu bahasa Inggris, Indonesia dan Jepang, sehingga suasana menjadi semarak. Tepuk tanganpun sangat riuh pada saat penanya ketiga menyampaikan pertanyannya dengan menggunakan bahasa Jepang.

Kurang lebih dua jam acara berlangsung, dan akhirnya pada pukul 15.30 WIB acara ditutup dengan penyerahan cinderamata oleh Dekan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I kepada Prof. Ueki dan Pak Romaidi dan foto bersama. Akhirnya, semoga acara ini dapat menjadi wadah inspirasi keilmuan bagi seluruh mahasiswa dan dosen di Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, menjadi wadah silaturahmi baik dengan Institusi dalam negeri maupun luar negeri dan menjadikan Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan dan IAIN Tulungaung semakin berjaya. Aamin YRA… (Adm/TBIO)

cinderamata prof ueki          cinderamata pak romaidi

DOSEN JURUSAN TADRIS BIOLOGI

peserta

pak johan


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>