Home » MAHASISWA » DIES NATALIS KE-3 TADRIS BIOLOGI

DIES NATALIS KE-3 TADRIS BIOLOGI

Tidak terasa usia jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung telah memasuki tahun ke-3. Usia yang masih muda ini tentunya merupakan usia yang masih harus penuh perjuangan. Namun demikian, meskipun masih muda, jurusan TBIO FTIK IAIN Tulungagung telah cukup banyak menorehkan prestasi. Mahasiswa-mahasiswa yang kreatif dan inovatif merupakan ujung tombak bagi jurusan demi kemajuan TBIO.

Dalam rangka memperingati tahun ke-3 lahirnya jurusan TBIO, sejak tanggal 28 April 2018, sekaligus bertepatan dengan hari Bumi, Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) TBIO melakukan penanaman pohon di lereng gunung Budeg yang berada di kecamatan Boyolangu kabupaten Tulungagung. Didampingi oleh Bapak/Ibu dosen dan pedamping dari pihak gunung Budeg, alhamdulillah acara berjalan dengan lancar dan sukses.

gunung budeg 1        gunung budeg 2

 gunung budeg 3

Pada hari Senin (07/05/2018), berkolaborasi dengan Puskesmas Kedungwaru, HMJ TBIO mengadakan suntik difteri bagi seluruh mahasiswa IAIN Tulungagung yang belum melakukan suntik difteri di gedung aula utama IAIN Tulungagung. Selanjutnya, pada hari Selasa s/d Kamis (08 s/d 10 Mei 2018), HMJ TBIO secara resmi mengadakan serangkaian kegiatan dalam rangka Dies Natalis ke-3 TBIO dengan tema “The Next Young Generation Creative and Culture Center”. Sesuai dengan tema yang diangkat, jurusan TBIO berharap mahasiswa TBIO FTIK IAIN Tulungagung menjadi generasi muda yang kreatif dan inovatif, dalam arti bahwa mereka harus mempunyai pemikiran sebagai “pencetak kerja” bukan sebagai pekerja. Dengan demikian karya-karya kreatif mereka akan terlahir. Oleh karena itu, berbagai kegiatan yang mendukung kreatifitas mahasiswa diadakan untuk memperingati tahun ke-3 kelahiran jurusan TBIO ini. Kegiatan tersebut antara lain seminar hidroponik, lomba teknologi tepat guna, lomba penulisan artikel ilmiah dan lomba product fashion dari bahan bekas.

Hari Selasa (08/05/2016), pembukaan Dies Natalis ke-3 jurusan TBIO dibuka secara resmi oleh Wakil Dekan bagian Akademik Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Dr. Fathul Mujib, M.Ag. Kemudian acara dilanjutkan dengan Seminar Hidroponik dengan narasumber Bp. Wahyudi, S.TP. dari Pojok Hidroponik Tulungagung. Acara seminar ini diakhiri dengan pemberian cindera mata dari Kajur TBIO, Dr. Eni Setyowati, S.Pd., MM kepada narasumber. Melalui seminar ini, diharapkan mahasiswa TBIO mempunyai keahlian di bidang hidroponik sekaligus dapat menjadi wirausahawan di bidang hidroponik. Apalagi di Kabupaten Tulungagung, merupakan kota yang sangat kekurangan akan produk hidroponik, sementara permintaan pasar akan produk hidroponik sangat besar. Hal ini merupakan peluang yang baik bagi mahasiswa TBIO.

pembukaan dies natalis

seminar hidroponik      penyerahan kenang kenangan

Pada hari Rabu (09/05/2018), dilaksanakan lomba teknologi tepat guna (TTG). Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan tiap kelas. Setiap kelas wajib mengirimkan wakilnya minimal satu perwakilan/tim. Setiap tim terdiri dari dua orang. Sebagai dewan juri dalam lomba TTG ini adalah Nanang Purwanto, M.Pd., M. Lukman Abbas, M.Pd. dan Gaguk Resbianto, S.Si., M.Pd.

ttg 1  ttg 2  ttg 3

ttg 4    ttg 5

Selanjutnya, pada hari Kamis (10/05/2018), sebagai puncak acara adalah lomba product fashion yang dimulai pukul 14.00 WIB sampai dengan 16.30 WIB. Lomba ini menampilkan kreatifitas perwakilan kelas dalam membuat produk untuk fashion yang berasal dari bahan bekas. Pada umumnya mahasiswa membuat produk dompet, tas, bunga, dan pernak pernik baik dari koran bekas, tas kresek, bekas gelas air mineral, kain perca, bekas kalep jok motor dan lain-lain. Produk-produk ini kemudian ditampilkan melalui penampilan fashion yang diperagakan oleh para model dari perwakilan kelas, sementara desainer dari produk tersebut memaparkan hasil rancangannya dan dinilai oleh tim dewan juri. Tim dewan juri lomba ini adalah Haslinda Yasti Agustin, M.Si., Desi Kartikasari, M.Si., dan Choiru Ummatin, M.Pd. Acara diikuti oleh 11 peserta yang terdiri 9 peserta dari jurusan TBIO, 1 peserta dari jurusan Tadris Bahasa Indonesia dan 1 peserta dari Fakultas Ushuludin, Adab dan Dakwah.

fashion-1   produk fashion bersama

Sebagai acara puncak adalah pentas seni dan pengumuman juara, yang dimulai pukul 19.00 WIB sampai dengan pukul 22.30 WIB. Acara ini dimeriahkan pula oleh IVO (IAIN Voice), marching band dan seni musik “Galung Percussion New Esreng” dari Blitar. Alhamdulilah….serangkaian acara dalam rangka Dies Natalis ke-3 jurusan Tadris Biologi Fakultas Tarbiyah IAIN Tulungagung berjalan dengan lancar dan sukses, semoga membawa manfaat bagi jurusan, fakultas dan IAIN Tulungagung. Aamiin. Selamat kepada para juara dan selamat untuk Tadris Biologi. Salam lestari, Salam konservasi.(Adm/TBIO)

pentas seni 1        pentas seni 2

 pentas seni 3    pentas seni 4  

para juara

      penutup


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>