Home » MAHASISWA » KUNJUNGAN MA Al-MAHRUSIYAH KOTA KEDIRI KE LABORATORIUM BIOLOGI FTIK IAIN TULUNGAGUNG

KUNJUNGAN MA Al-MAHRUSIYAH KOTA KEDIRI KE LABORATORIUM BIOLOGI FTIK IAIN TULUNGAGUNG

1

Hari Kamis/24 Oktober 2019, MA Al-Mahrusiyah Kota Kediri mengadakan kunjungan ke Laboratorium Biologi dan Kimia FTIK IAIN Tulungagung. Dalam kunjungan ini, turut hadir Bapak/Ibu guru pendamping yang terdiri atas 8 orang serta siswa-siswi MIA kelas X yang berjumlah 37 orang dan  MIA kelas XI yang berjumlah 20 orang. Rombongan dari sekolah tersebut tiba di kampus IAIN Tulungagung pada pukul 08.30 WIB dan langsung menuju ruang rapat lantai 2 gedung Arief Mustaqim untuk mengikuti acara penyambutan yang dibuka oleh Ibu Umy Zahroh (Kajur Tadris Kimia), Bapak Nanang Purwanto (Sekjur Tadris Biologi), Bapak Eko (Perwakilan dari MA Al-Mahrusiyah), dan MC Ibu Tutik Sri Wahyuni (Sekjur Tadris Biologi). Dalam penyambutan ini disampaikan bahwa salah satu profil jurusan TBIO dan TKIM adalah membentuk lulusan yang cakap dan profesional dalam perannya sebagai seorang guru, peneliti, wirausahawan, maupun pengelola laboratorium. Oleh karena itu, penting sekali menguasai berbagai ketrampilan di laboratorium untuk menunjang tercapainya profil jurusan tersebut. Hal ini di-amini juga oleh perwakilan dari pihak sekolah, dan disampaikan juga rasa terimakasih telah diperkenankan berkunjung ke kampus IAIN Tulungagung. Acara penyambutan diakhiri dengan pemberian cinderamata dari pihak sekolah ke pihak FTIK dan Laboratorium, begitu juga sebaliknya pemberian cinderamata dari pihak FTIK ke pihak sekolah sebagai kenang-kenangan.

 3

 

Begitu penyambutan selesai, siswa langsung diarahkan untuk melakukan kegiatan selanjutnya di laboratorium. Siswa MIA kelas X menuju ke Laboratorium Kimia untuk mengikuti kegiatan “Pengenalan Alat-Alat Laboratorium” dan “Keselamatan Kerja Selama di Laboratorium (Safety Lab)” yang dipandu oleh Bapak Ali dan Ibu Tutik serta 5 mahasiswa pendamping. Siswa MIA kelas XI menuju ke Laboratorium Biologi untuk mengikuti kegiatan “Praktikum Pengamatan Sel Tumbuhan dan Sel Hewan” yang dipandu oleh Ibu Haslinda, Ibu Ainun, Ibu Arbaul, dan 5 mahasiswa pendamping. Siswa kelas XI tersebut dibagi menjadi 5 kelompok, sehingga 1 kelompok terdiri atas 4 orang. Setiap kelompok memperoleh 1 set alat bahan yang sudah ditata dalam keranjang dan 2 mikroskop. Praktikum ini bertujuan untuk mengamati bentuk sel epitel pipi, stomata Rhoeo discolor, sel epidermis bawang merah, serta bentuk trikhoma pada daun durian dengan menggunakan mikroskop cahaya. Siswa diharapkan terampil membuat preparat dengan 2 metode yang berbeda serta terampil dalam menggunakan mikroskop pada perbesaran 100x dan 400x. Selain mengamati obyek di atas dengan membuat preparat segar, siswa juga mengamati preparat awetan (otot polos, otot lurik, otot jantung, tulang keras, tulang rawan, sel saraf, akar batang daun dikotil dan monokotil). Hasil praktikum diwujudkan dengan tugas menggambar amatan kelompok masing-masing pada lembar petunjuk praktikum yang telah disediakan. Praktikum berjalan dengan lancar sampai tidak terasa waktu sudah mencapai pukul 12.00 siang. Praktikum diakhiri, tapi sebelumnya siswa harus membersihkan semua peralatan yang dipakai, serta mengembalikan ke posisi semula.

2    4

Sebelum kegiatan praktikum diakhiri, siswa diminta untuk menuliskan kesan dan pesan selama mengikuti kegiatan praktikum hari ini. Hampir seluruh siswa merasa senang dan bersyukur bisa melakukan pengamatan dan praktek secara langsung. Menurut mereka ini merupakan pengalaman yang sangat berharga serta mampu menambah pengetahuan baru. Mereka berharap kegiatan ini bisa dilakukan tiap tahun dan berharap bisa berkunjung lagi ke IAIN Tulungagung.

Kami juga sangat bersyukur kegiatan ini bisa berjalan dengan lancar dan sukses. Dengan segala keterbatasan laboratorium kami, semoga ke depan bisa lebih baik dan lebih lengkap peralatannya, serta semoga bisa memberikan manfaat dan barokah bagi orang-orang di sekitarnya, Aamiin.


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>