Home » AKADEMIK » KURIKULUM

KURIKULUM

KURIKULUM

Kurikulum pada program studi Tadris Biologi FTIK IAIN Tulungagung didesain relevan dengan tujuan, cakupan dan kedalaman materi, pengorganisasian, sehingga mendorong terbentuknya hard skill dan soft skll yang dapat diterapkan dalam berbagai situasi dan kondisi. Hal ini sesuai dengan standar kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI), pada Perpres RI nomor 8 tahun 2012, dimana profil lulusan program sarjana (level 6) adalah:

  1. Mampu memanfaatkan IPTEKS dalam bidang keahliannya, dan mampu beradaptasi terhadap situasi yang dihadapi dalam penyelesaian masalah.
  2. Menguasai konsep teoritis bidang pengetahuan tertentu secara umum dan konsep teoritis bagian khusus dalam bidang pengetahuan tersebut secara mendalam, serta mampu memformulasikan penyelesaian masalah prosedural.
  3. Mampu mengambil keputusan strategis berdasarkan analisis informasi dan data, dan memberikan petunjuk dalam memilih berbagai alternatif solusi.
  4. Bertanggung jawab pada pekerjaan sendiri dan dapat diberi tanggung jawab atas pencapaian hasil kerja organisasi.

Kompetensi

Kompetensi lulusan di program studi Tadris Biologi FTIK IAIN Tulungagung disusun dengan mempertimbangkan:

  1. Visi, Misi dan Tujuan Program Studi Tadris Biologi FTIK IAIN Tulungagung
  2. Kompetensi yang disesuaikan dengan kriteria yang ditetapkan oleh Konsorsium Biologi Indonesia (KOBI).
  3. Kompetensi yang disesuaikan dengan capaian pembelajaran (CP) untuk memenuhi kriteria KKNI (Perpres RI No. 8 Tahun 2012), SN Dikti (Permenristek Dikti RI No. 44 tahun 2015) dan Panduan Pengembangan Kurikulum PTKI mengacu pada KKNI dan SN Dikti.
  4. Kebutuhan stakeholder terhadap kompetensi lulusan (diperoleh dengan mengunjungi stakeholder (sekolah dan beberapa lembaga terkait program studi), maupun mengundang stakeholder pada kegiatan yang dilakukan oleh program studi.

Berdasarkan pertimbangan di atas, disusunlah kompetensi lulusan program studi Tadris Biologi FTIK IAIN Tulungagung.

 

Kelengkapan dan Perumusan Kompetensi dalam Kurikulum

Kompetensi dalam kurikulum program studi Tadris Biologi FTIK IAIN Tulungagung meliputi:

A. Kompetensi Utama Lulusan

Kompetensi utama lulusan program studi Tadris Biologi FTIK IAIN Tulungagung adalah:

1. Kemampuan menerapkan ilmu kependidikan dan konsep-konsep biologi untuk melakukan perencanaan, pengelolaan, implementasi, evaluasi, dan pengembangan pembelajaran yang berorientasi pada life skill.

2. Kemampuan untuk menerapkan secara aktif penggunaan berbagai sumber belajar dan media pembelajaran biologi lingkungan berbasis IPTEKS untuk mendukung pelaksanaan pembelajaran kurikuler, kokurikuler, dan ekstra kurikuler.

3. Kemampuan untuk menerapkan perencanaan dan pengelolaan sumberdaya dalam penyelenggaraan kelas, laboratorium sekolah dan lembaga pendidikan di bawah tanggung jawabnya, dan mengevaluasi aktivitasnya secara komprehensif.

4. Kemampuan untuk merancang dan melakukan eksperimen, termasuk dalam analisis dan menafsirkan data.

 

B. Kompetensi Pendukung Lulusan

1. Kemampuan bekerja dalam tim yang multidisiplin yang berkarakter dan religius

2. Kemampuan untuk memahami tanggungjawab profesional dan etik yang berkarakter dan religius

3. Kemampuan berkomunikasi secara efektif yang berkarakter dan religius

4. Kemampuan dalam memahami pengaruh/dampak dari perkembangan kerekayasaan dalam konteks global, ekonomi, lingkungan dan kemasyarakatan yang berkarakter dan religius

5. Pengakuan akan kebutuhan dan kemampuan untuk pembelajaran seumur hidup (long live education) yang berkarakter dan religius

6. Mempunyai pengetahuan tentang perkembangan dan isu-isu kontemporer dengan berkarakter dan religius

7. Kemampuan untuk menggunakan teknik-teknik, keterampilan dan perangkat kerekayasaan dalam penerapan ilmu biologi secara berkarakter dan religius

 

C. Kompetensi Lainnya/Pilihan Lulusan

1. Kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep dan prinsip-prinsip biologi lingkungan yang berkarakter dan religius

2. Kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep dan prinsip-prinsip biologi kelautan yang berkarakter dan religius

3. Kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep dan prinsip pengelolaan laboratorium sekolah yang berkarakter dan religius

4. Kemampuan untuk memahami dan menerapkan konsep bioentrereneurship yang berkarakter dan religius

 

STRUKTUR KURIKULUM

Struktur Kurikulum Tahun Akademik 2015/2016

SKS 17-18

Struktur Kurikulum Tahun Akademik 2016/2017 dan 2017/2018

SKS 18-19

Struktur Kurikulum Tahun Akademik 2018/2019

 

 

 


Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>