Rapat Kerja HMPS Tadris Kimia 2022 “Meneguhkan Eksistensi Menuju Sinergitas Organisasi”

IMG-20220225-WA0009Pada hari Minggu (20/02/2022) seluruh pengurus HMPS Tadris Kimia periode 2022/2023 mengadakan RAKER (Rapat Kerja) yang bertempat di MWC NU Rejotangan. tema yang diusung dalam acara ini yaitu “ Meneguhkan Eksistensi , Mengembangkan Potensi, Menguatkan Optimalisasi, Menuju Sinegritas Organisasi.”

Raker sendiri merupakan agenda wajib yang dilaksanakan oleh HMPS Tadris Kimia setiap tahunnya. Rapat Kerja ini bertujuan untuk merumuskan dan mengesahkan program kerja yang akan dilaksanakan oleh HMPS selama satu periode kepengurusan.
JiAcara dimulai pukul 08.00 dengan Pembukaan, Doa, Menyanyikan Lagu Indonesia Raya, Mars UIN SATU Tulungagung, dan sambutan sambutan dari Ketua Umum HMPS Tadris Kimia, Ketua Umum Dema FTIK UIN SATU Tulungagung, dan yang terakhir sambutan dari Koordinator Program Studi (ibu Tutik Sri Wahyuni,M.Pd.). Acara dilanjut dengan Sidang Pleno I yang membahas mengenai Tata Tertib dalam sidang, dalam ruangan forum seluruh peserta sidang mengikuti dengan khidmat. selanjutnya Sidang Pleno II membahas redaksi MUSTA. meskipun adanya opsi yang berbeda namun sidang tetap berjalan dengan lancar. Berikutnya pukul 12.00 seluruh peserta diberikan waktu 2*30 menit untuk Ishoma ( istirhat,solat,makan ).

Selesai Ishoma seluruh peserta melanjutkan Sidang Tema III yang membahas Job Description, job descripsion merupakan keterangan mengenai tugas dan tanggung jawab setiap pengurus. Lalu Sidang yang terakhir yaitu Sidang Tema IV membahas mengenai Sidang Komisi, Sidang Komisi merupakan sidang untuk seluruh setiap devisi menyampaikan RAKER nya. Acara ditutup dengan ucapan hamdalah dan sesi foto bersama.

Sertifikat Akreditasi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung 2021-2025

Dengan mengucapkan alhamdulillah, telah terbit Sertifikat Akreditasi UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung periode 11 Mei 2021 – 10 Mei 2025. Silakan download di sini Sertifikat Akreditasi UIN SATU Tulungagung. Semoga berkah, dan UIN SATU Tulungagung semakin Jaya!

Diklat Kepemimpinan HMPS Tadris Kimia (2nd & 3rd Days)

Kegiatan diklat dilanjutkan pada hari Minggu dan Senin, tepatnya pada tanggal 16 & 17 Januari 2022. HMPS Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan acara Diklat kepengurusan yang bertempat di Sendang, Tulungagung dengan tetap menerapkan prokes. Para calon pengurus HMPS diajarkan untuk bermasyarakat, mempererat rasa persaudaraan satu sama lain, solidaritas,peduli,dan kasih sayang antar sesama. Acara hari kedua yaitu bakti sosial. Acara ini bertujuan agar seluruh peserta bisa memiliki jiwa bermasyarakat.

IMG-20220211-WA0023[1]
Selesai bakti sosial , seluruh peserta diajak panitia untuk outbound bersama sama. Tujuan diadakan outbound agar seluruh panitia dan peserta bisa saling mengenal satu sama lain, kemudian acara dilanjutkan dengan pentas seni.

Menindak lanjuti dari kegiatan diklat, Pada hari Jumat kemarin tepatnya tanggal 21 Januari 2022 para pengurus HMPS Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung dan ibu Tutik Sri Wahyuni M.Pd. selaku Koorprodi Tadris Kimia, mengadakan Rapat koordinasi proker yang bertempat di ruang R. G36 Gedung Arief Mustaqiem  lantai 4, kampus UIN SATU Tulungagung. IMG-20220211-WA0024[1]

Acara ini diadakan dengan tujuan untuk memperjelas dan koordinasi proker HMPS dengan Prodi. Masing-masing divisi menyampaikan rencana proker yang akan dilaksanakan dan mendapatkan pengarahan dari Koorprodi. Semoga program-program kerja yang direncanakan ini dapat terlaksana dengan baik dan bermanfaat.

Diklat Mahasiswa HMPS Tadris Kimia 2022 “Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan”

Pada hari Sabtu,tanggal 15 Januari 2022. HMPS Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung mengadakan acara diklat kepengurusan yang bertempat di Pondok Pesantren Darunnajah, Podorejo, Sumbergempol, Tulungagung.
IMG-20220211-WA0022[1]Diklat kepengurusan HMPS Tadris Kimia merupakan kegiatan tindak lanjut dari open recruitment oleh divisi PSDM Skill dan Kreasi Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung. Nama kegiatan ini adalah “Diklat Kepengurusan HMPS Tadris Kimia 2022/2023” dengan tema “Mengembangkan Jiwa Kepemimpinan untuk Pembangunan Karakter yang Bertanggungjawab, Kreatif, Inovatif, dan Komunikatif”. Acara ini diikuti sebanyak 25 peserta dengan tujuan guna membangun sikap tanggung jawab, jiwa kepemimpinan, dan rasa kekeluargaan dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan Tadris Kimia UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung.
Adapun Susunan acara dalam hari pertama secara garis besar adalah sebagai berikut acara dimulai pukul 08.00 dengan pembukaan( opening ceremony),acara dilanjutkan dengan materi Dan pemateri yang hebat yaitu
1. Antropologi :Abdurrohman Assyidiqi Firdeva ( ketua dema UIN satu Tulungagung 2022/2023)
2. Organisasi : Mahda Fuad Amiruddin ( demisioner ketua dema UIN satu Tulungagung 2020/2021)
3. Kepemimpinan : M. Izza Rahman ( ketua Dema FTIK 2022/2023)
4. Administrasi : Muhammad Charis (Sekretaris Sema FTIK 2021/2022)
5.Ikahimki : M. Akbar Muakri ( KORWIL BAPEWIL IV IKAHIMKI 2020/2022) dan Desi Dwi Anissa (Devisi sosling BAPEWIL IV IKAHIMKI 2020/2022)
Setelah materi selesai ada acara sarahsehan yaitu mengumpulkan perwakilan demisioner hmj Tadris Kimia yang bertujuan untuk berbagi pengalaman seputar hmj Tadris Kimia.
Selanjutnya acara terakhir pada hari pertama yaitu pra-raker yaitu rapat kerja pertama yang dilakukan calon pengurus HMPS Tadris Kimia Tadris Kimia sesuai dengan divisi mereka masing masing.

Semua acara diikuti dengan khitmat oleh seluruh peserta Diklat dengan tanggap,aktif bertanya , mengikuti seluruh acara Diklat hari pertama sampai selesai dengan tertib.

Mahasiswa Tadris Kimia Raih Prestasi di Ajang ISO dan INC

Di tengah pandemi, Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) diterapkan demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19. Hal itu sangat membatasi ruang gerak untuk menjalankan kegiatan apapun.Namun, ternyata kondisi pandemi ini tidak melunturkan semangat mahasiswa Tadris Kimia untuk meraih prestasi. Justru dengan adanya pandemi mahasiswa semakin tertantang untuk mengasah diri dan terus berkarya. Jiwa – jiwa yang haus akan kompetisi ini mampu mengharumkan nama jurusan Tadris Kimia UIN SATU Tulungagung di kancah nasional dan internasional

Sejak memasuki bangku perkuliahan di tahun 2020, pada masa pandemi Covid -19, mahasiswi bernama Ima Nurhayati terus – menerus mencari event lomba maupun kursus baik tingkat naisonal mapun internasional. Selain mencari informasi, ia juga terus mengasah kemampuan dan hobi yang digelutinya yakni dibidang kebumian dan kimia.

ima 1Di tahun 2021 ini, mahasiswi tersebut telah menorehkan beberapa prestasi yakni 1) Dibidang kebumian ia berhasil meraih Medali Perunggu di Olimpiade Sains Indonesia ( OSI) yang diselenggarakan oleh Pusat Olimpiade Sains Nasional (POSI) yang dilaksanakan pada tanggal 29 – 30 Mei 2021 secara virtual. 2) Dibidang kimia ia berhasil meraih Honorable Mention di ajang lomba Islamic National Competition (INC) yang diselenggarakan oleh Makarim Institut yang dilaksanakan pada 24 – 25 Juli 2021 secara virtual. 3) Dibidang kimia forensik ia juga berhasil menjadi peserta dan penerima transkip nilai di acara International Virtual Course on Forensic Science (IVCFS) yang diselenggarakan oleh Departemen Kimia Institut Teknologi Bandung, Indonesia dan Universitas Malaya, Malaysia, yang dilaksanakan pada tanggal 26 Juli – 06 Agustus 2021 secara virtual. ima 2

“OSI dan INC merupakan pengalaman yang berharga bagi saya. Melalui OSI dan INC ini saya belajar banyak hal yakni tentang pentingnya ridho kedua orang tua, ridho bu nyai, kerja keras, serta keikhlasan dalam mengikuti kompetisi tersebut. Sedangkan pada acara International Virtual Course on Forensic Science (IVCFS) saya belajar banyak hal mulai dari kedisiplinan, berani berbicara dan berargumen dengan menggunakan bahasa inggris di depan forum, memperkuat karakter kolaborasi secara teamwork , beradaptasi dengan sistem pembelajaran yang telah ditentukan, yang  sangat jauh berbeda dengan kebiasaan yang selama ini saya jalani,” tutur ima.

Sebuah pengalaman yang berharga dan semoga dapat memotivasi mahasiswa tadris kimia untuk berus berkarya, berpola piker maju dan berprestasi.

Archives

May 2022
M T W T F S S
« Feb    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031