Home » Agenda » Mahasiswa Mengabdi : Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di Desa Dawung

Mahasiswa Mengabdi : Vaksinasi Covid-19 bagi Lansia di Desa Dawung

Desa Dawung merupakan salah satu desa di wilayah kabupaten Kediri yang mengadakan kegiatan Vaksin Covid-19 bagi Lansia untuk Gelombang ke-2 Tahap 1. Sebelumnya di desa Dawung juga telah mengadakan kegiatan Vaksin Covid-19 bagi Lansia Gelombang 1 Tahap 1 pada bulan sebelumnya. Vaksin ini tidsk dipungut biaya (gratis) sebagai salah satu progam pemerintah desa Dawung bagi warganya. Kegiatan ini dilakukan oleh Pemerintah desa Dawung dibantu oleh Puskesmas terdekat dan bidan setempat. Selain dari pihak pemerintah desa dan tenaga kesehatan, kegiatan ini dibantu oleh para relawan dari karang taruna dan petugas e-warung desa Dawung. Sasaran dari kegiatan ini adalah Lansia yang pada gelombang 1 belum melakukan Vaksin Covid-19. Kegiatan ini dilakukan di Balai Desa Dawung pada hari Kamis tanggal 10 Juni 2021. Kegiatan ini dilakukan sebagai bentuk penanganan pencegahan penularan Virus covid-19 di desa Dawung serta untuk menambah kekebalan imunitas Lansia dan warga Desa Dawung.

IMG-20210610-WA0004Salah satu mahasiswa Tadris Kimia FTIK UIN Sayyid Ali Rahmatullah Tulungagung, Zulvia rifqi Nabilla Ash, menjadi panitia pada kegiatan vaksinasi tersebut. Kegiatan Vaksinasi dimulai pada pukul 07.00 hingga pukul 15.00. Warga lansia sebelumnya diberi undangan dengan jam yang telah ditentukan oleh Pemerintah desa supaya tidak menimbulkan keramaian. Peserta yang hadir pun juga sangat antusias dalam melakukan vaksinasi sehingga kegiatan vaksin berjalan dengan lancar. Tahapan dari vaksin di awali dengan mengisi daftar hadir dengan membawa undangan fotokopi KTP kemudian melakukan tes kesehatan. Jika pada tahap tes kesehatan peserta vaksin tersebut sesuai kriteria maka akan dilanjutkan dengan penyuntikan vaksin. Dan apabila tidak sesuai kriteria kesehatan warga tidak mendapatkan vaksin karena ditakutkan akan menimbulkan hal yang tidak diinginkan. Setelah pemberian Vaksin peserta vaksin akan menunggu 15 menit di ruang tunggu sembari menunggu kartu vaksinasi Covid yang akan digunakan untuk vaksinasi tahap ke-2. Dari beberapa lansia yang diberikan undangan banyak sekali masyarakat umun yang juga mengikuti Vaksinasi Covid-19 ini sehingga pada vaksin Covid bagi lansia Gelombang 2 tahap 1diikuti juga oleh masyarakat umum.

vaksinPada kegiatan ini total kehadiran 339 warga yang terdiri dari warga masyarakat yang lolos vaksin berjumlah 315 warga, yang tidak lolos vaksin 22 warga dan dibawah umur ada 2 warga. Vaksin yang diberikan pada Gelombang 2 tahap 1 ini yaitu vaksin bermerk Sinovac dan pada gelombang sebelumnya vaksin yang diberikan yaitu merk Astra sehingga warga yang diberikan vaksin harus berbeda. Warga yang telah  mendapatkan vaksin dengan merk Astra tidak boleh melakukan vaksin pada kegiatan vaksin ini. Warga yang telah mendapatkan vaksin diharapkan menantikan undangan yang dikeluarkan oleh pemerintah desa Dawung.


Leave a comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

November 2021
M T W T F S S
« Jul    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930