Home » Agenda » Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Tuna

Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Tuna

Desa Besole Kec. Besuki Kab. Tulungagung merupakan daerah pesisir dengan penghasil ikan yang banyak mulai dari ikan tuna, patin, layur dan masih banyak lagi. Hasil laut yang melimpah ini sudah dimanfaatkan oleh ibu-ibu rumah tangga didaerah pesisir seperti di Pantai Sidem dan Popoh untuk dibuat produk makanan berbahan dasar ikan. Namun untuk masyarakat di daerah yang jauh dari pantai atau di sekitar balai desa belum bisa memanfaatkan hasil laut ini. Beberapa ibu rumah tangga didaerah ini bekerja sebagai buruh pemecah batu dan sebagian lagi petani dan peternak. Maka dari itu Kelompok KKN Tangguh Bencana IAIN Tulungagung berinisiatif untuk membuat pelatihan pembuatan abon supaya ibu – ibu di daerah tersebut juga dapat mengolah hasil laut yang telah tersedia.
tuna 1Tim KKN menggelar acara Pelatihan Pembuatan Abon Ikan Tuna pada tanggal 1 Februari 2020 bertempat di Aula Balai Desa Besole. Kelompok KKN yang salah satunya dari mahasiswa Tadris Kimia, Darwis Muhammad mengundang Bu Suparti sebagai narasumber utama. Acara yang dihadiri oleh ibu-ibu PKK Desa Besole ini diikuti dengan antusias. Ibu-ibu PKK tuna 2turut membantu dalam proses pembuatan abon.
Dalam pelaksaannya Bu Suparti menjelaskan bumbu apa saja yang dibutuhkan dan bagaimana proses pembuatan abon dari ikan tuna. Adapun bahan-bahan yang dibutuhkan antara lain: Ikan tuna, bawang merah, bawang putih, cabai merah besar, laos, gula merah, gula putih, garam, tumbar, serai, daun jeruk, penyedap rasa dan minyak goreng. Lalu alat-alat yang dibutuhkan adalah wajan, kompor, sutil, blender, baskom, pisau, sendok. Dan untuk proses pembuatannya adalah:
a. Cuci ikan tuna dan buang kepalanya
b. Kukus ikan tuna kurang lebih 15 menit, lalu dipisahkan dari durinya dan disuwir kecil-kecil
c. Haluskan bumbu-bumbu yang telah disiapkan (kecuali gula merah, gula putih, dan penyedap rasa)
d. Siapkan wajan dan kompor lalu panaskan minyak
e. Tumis bumbu hingga harum, kemudian tambahkan gula dan penyedap rasa secukupnya dan tunggu bumbu hingga mengental
f. Masukkan ikan yang sudah disuwir, dan aduk terus sampai kering
g. Abon siap disajikan
Setelah praktik pembuatan abon, ibu-ibu dipersilahkan untuk mencicipi dan membawa pulang hasil masakan abon.


Leave a comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

January 2022
M T W T F S S
« Dec    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31