Home » Agenda » Pelatihan Pembuatan Es Kado Taro (ESKATAR)

Pelatihan Pembuatan Es Kado Taro (ESKATAR)

Di Desa Bumirejo, ubi ungu termasuk tanaman yang paling banyak ditanam oleh masyarakat karena penanamannya yang mudah dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Ubi ungu merupakan salah satu jenis tanaman yang banyak digemari oleh kalangan orang tua, hanya sedikit anak-anak hingga dewasa yang menyukai ubi ungu. Hasil panen ubi ungu, selain dimakan, dijual, juga sebagai pakan ternak. Tak sedikit ketika hasil panen yang melimpah, ubi ungu juga dibuang begitu saja.
eskado1Setelah mengadakan sharing bersama ibu-ibu Desa Bumirejo Kec. Kesamben Kab. Blitar, kelompok KKN salah satu mahasiswa Tadris Kimia, Nur Khumala Sari, dkk. merencanakan terkait pelatihan Pembuatan Es Kado Taro (ESKATAR) dengan memanfaatkan bahan ubi ungu. Sebagian besar orang mengenal es kado dengan es potong. Karena anak-anak suka es maka kami mebuat inovasi terkait ubi ungu dan menjadikannya makanan yang semua orang bisa memakannya, maka proker ini mempunyai peluang untuk direalisasikan.
eskado2Acara digelar di salah satu rumah warga Desa Bumirejo pada tanggal 7 Februari 2020. Dalam pembuatannya, cukup menyediakan ubi ungu sebagai bahan utama, susu, gula dan santan sebagai tambahan rasa, serta tepung maizena untuk memberikan kesan lembut pada es katar ini. Lalu, bahan dicampur. Setelah bahan telah dicampur dengan rata, di masukan ke plastik dan di letakkan pada frezer agar membeku. Untuk memberikan penampilan yang menarik saat dihidangkan es katar di beri toping coklat serta ditaburi springkle warna-warni atau meses warna warni. Ibu-ibu yang hadir pada acara tersebut sangat antusias mengikuti acara dan mencicipi es kado nikmat yang telah dibuat.


Leave a comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

January 2022
M T W T F S S
« Dec    
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930
31