Home » Agenda » Tetap Efektif Belajar IPA di Masa Pandemi dengan Memanfaatkan Potensi Alam

Tetap Efektif Belajar IPA di Masa Pandemi dengan Memanfaatkan Potensi Alam

Berkesempatan dalam kegiatan pengabdian kepada masyarakat (12/08/2020) melalui kerja sama dengan Radio Perkasa FM Tulungagung, salah satu dosen jurusan Tadris Kimia Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan IAIN Tulungagung, Ibu Tutik Sri Wahyuni, M.Pd. mengangkat topik tentang Pembelajaran IPA dengan Memanfaatkan Potensi Alam Sekitar. Topik ini dinilai tepat untuk disajikan pada acara Talk Show yang secara rutin diselenggarakan oleh Radio Perkasa FM yang berkerja sama dengan PSGA IAIN Tulungagung mengingat saat ini pembelajaran di sekolah dilakukan secara daring (online).

Radio perkasa 2Bersama mba Neneng, sharing diawali dengan menemukenali problematika pembelajaran online di sekolah, khususnya pada pelajaran IPA di tingkat SD dan SMP. Kita tahu bahwa pembelajaran IPA itu memerlukan pemahaman konsep yang baik tentang alam dan juga perlu melatihkan keterampilan proses sains yang bisa dilakukan melalui eksperimen. Lalu bagaimana pembelajaran IPA khsusunya di tingkat sekolah dasar dan menengah di masa pandemi Covid-19 atau saat ini kita mulai masuk era normal baru dapat tetap terlaksana dengan efektif?

Selanjutnya narasumber memberikan alternatif solusi, yaitu kita bisa memanfaatkan potensi alam di sekitar kita untuk menunjang pelaksanaan pembelajaran online. Dan ini tentu membutuhkan kreativitas guru dalam menyusun desain pembelajaran yang kreatif dan inovatif. Alam sekitar kita sejatinya adalah laboratorium raksasa, dan laboratorium itu jangan dimaknai secara terbatas sebagai tempat eksperimen yang dibatasi oleh dinding dalam sebuah ruangan. Oleh karena itu, disarankan agar kita dapat memanfaatkan potensi alam di sekitar kita untuk kita jadikan sebagai alat dan bahan laboratorium sederhana dengan tetap memperhatikan kompetensi yang ingin dicapai. Sebagai contoh pemanfaatan gelas plastik sebagai pengganti dari beaker gelas, sedotan sebagai ganti pipet, penggunaan indikator asam basa alami, dan sebagainya. Memang tidak serta merta semua topik dapat dilakukan dengan cara sederhana tersebut. Tetapi setidaknya kita dapat kembali menemukan esensi dari pemanfaatan alam sekitar ini sebagai sumber belajar.
Nah…selain itu, Pembelajaran dengan menggunakan lingkungan memberikan manfaat menurut Hamzah B Uno dan Nurdin Muhammad (2011:146) diantaranya (1) Peserta didik dibawa langsung ke dalam dunia yang kongkrit tentang penanaman konsep pembelajaran, sehingga peserta didik tidak hanya bisa menghayalkan materi. (2) Lingkungan dapat digunakan setiap saat, kapanpun dan dimana pun sehingga tersedia setiap saat, tetapi tergantung dari jenis materi yang sedang diajarkan. (3) Konsep pembelajaran dengan menggunakan lingkungan tidak membutuhkan biaya karena semua telah disediakan oleh alam lingkungan. (4) Mudah untuk dicerna oleh peserta didik karena peserta didik di sajikan materi yang sifatnya kongkrit dan abstrak. (5) Motivasi belajar peserta didik akan lebih bertambah karena peserta didik mengalami suasana belajar yang berbeda dari biasanya, dan sebagainya. Demikian, semoga bermanfaat!


Leave a comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

November 2021
M T W T F S S
« Jul    
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930