Home » Agenda » Webinar Tadris Kimia 2021 Bertema Studi Kimia Material dan Pengembangan Publikasi Artikel Ilmiah

Webinar Tadris Kimia 2021 Bertema Studi Kimia Material dan Pengembangan Publikasi Artikel Ilmiah

Studi Kimia Material untuk Menggali Potensi Lokal merupakan tema yang sangat menarik pada webinar ini. Acara ini diselenggarakan secara online melalui media zoom meeting pada Hari Rabu, 17 November 2021 oleh Jurusan Tadris Kimia UIN SATU Tulungagung. Screenshot (75)

Dengan mengundang dosen yang luar biasa dalam bidang Kimia Material dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya, Prof. Didik Prasetyoko, S.Si., M.Sc. sebagai Narasumber pertama. Acara ini diikuti oleh lebih dari 250 peserta, baik dari kalangan dosen, mahasiswa maupun umum.

Pembukaan secara resmi disampaikan oleh Dekan FTIK UIN SATU Tulungagung, Prof. Dr. Hj. Binti Maunah, M.Pd.I. Dalam sambutannya, beliau memberikan apresiasi kepada Jurusan Tadris Kimia atas penyelenggaraan webinar dengan tema yang sangat menarik ini. Beliau berharap wawasan  tentang studi kimia material dapat memotivasi dosen maupun mahasiswa dalam mengembangkan ide-ide penelitian  ke depan.

IMG-20211117-WA0006

Sesi berikutnya dilanjutkan dengan pemaparan materi dari narasumber. Prof. Didik mengawali penjelasannya tentang  definisi kimia material dan cakupan atau ruang lingkup yang dibahas dalam studi kimia material. Beliau juga memaparkan tentang topik-topik penelitian kimia material berbasis potensi lokal hasil penelitian yang telah dipublikasikan baik di tingkat nasional maupun internasional. “Bayak sekali sumber daya alam di sekitar kita yang menarik diteliti. Saya juga pernah mendengar informasi bahwa di Tulungagung  merupakan penghasil marmer terbaik. Potensi alam ini juga dapat diteliti lebih lanjut, baik itu tentang jenis mineral dan karakteristik materialnya, serta inovasi pemanfaatan material yang lebih luas.” Tutur Prof. Didik.

Pada sesi kedua, panitia webinar menghadirkan Dr. Woro Sumarni, M.Si dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) sebagai narasumber yang menyampaikanmateri tentang “Pengembangan Instrumen Penelitian dan Publikasi Artikel Ilmiah”. Beliau menjelaskan tentang jenis-jenis penelitian, jenis instrumen penelitian, dan bagaimana cara mengembangkan instrumen penelitian. Beliau juga membagikan kiat-kiat mempublikasikan artikel ilmiah. IMG-20211117-WA0064Dalam presentasinya, beliau juga memotivasi agar dosen berkolaborasi dengan mahasiswa dalam hal publikasi artikel ilmiah. Artikel ilmiah itu sendiri dapat berupa artikel hasil penelitian maupun artikel hasil pemikiran berdasarkan kajian literatur. Usai pemaparan materi, Bapak Ivan Ashif Ardhana, M.Pd. selaku moderator kemudian memandu jalannya sesi tanya jawab.

Di akhir sesi webinar, ketua jurusan Tadris Kimia, Ibu Dra. Hj. Umy Zahroh, M.Kes., Ph.D memberikan ucapan terima kasih dan piagam penghargaan kepada kedua narasumber webinar TKIM 2021. Semoga bermanfaat dan Tadris Kimia semakin Jaya!


Leave a comment

Your email address will not be published.

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Archives

May 2022
M T W T F S S
« Feb    
 1
2345678
9101112131415
16171819202122
23242526272829
3031